Beberapa bulan lalu saya membeli buku resep masak yang berjudul Together: Our Community Cookbook di Periplus.com dengan harga Rp241,000. Ini merupakan buku hasil kolaborasi antara Meghan Markle dan sejumlah juru masak.  Buku ini dibuat sebagai tanda dukungan untuk program donasi bagi keluarga yang menjadi korban Inferno Menara Grenfell. Kasus kebakaran apartemen Grenfell yang terjadi di Juni 2017 dan menimbulkan korban 72 orang meninggal serta ratusan orang jadi tidak memiliki rumah. Dapur umum ini khusus membantu keluarga korban akibat insiden kebakaran di Grenfell Tower, London, Inggris.

Di dalam buku hard cover ini terdapat 50 resep makanan yang terbagi dari berbagai jenis makanan, yakni makanan untuk Breakfast, Snacks, Sharing plates and dips, lunches and dinners, salads and sides, serta Desserts and Drinks. Makanan-makanan tersebut berasal dari berbagai negara seperti India, Iran, Moroko, Uganda, dan Rusia. Di buku ini, Meghan juga memberikan kata pengantar untuk membantu pengumpulan dana demi operasional dapur umum yang diproduksi oleh para koki dari Hubb Community Kitchen yang lokasinya ada di dekat lokasi menara di London Barat.

Sebagai langkah awal, saya mencoba resep yang paling mudah dulu, yakni Green Omelette. Ini merupakan masakan yang masuk dalam jenis makanan breakfast dengan bahan utama telur, jamur, dan pitterseli. 

Bahan: 


1. 2 sendok makan unsalted butter
2. 200g jamur kancing lalu iris tipis
3. Telur 2-4 butir 
4. Dua siung bawang putih lalu dicincang 
5. Daun Peterseli sesuai selera 
6. 75g keju cheddar parut
7. Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

1. Panaskan satu sendok makan mentega dengan suhu sedang hingga meleleh 
2. Tambahkan jamur dan masak selama 4-5 menit hingga warna jamur keemasan, lalu angkat.
3. Campur hingga rata telur, peterseli, bawang putih, merica dan garam secukupnya pada mangkuk
4. Panaskan kembali satu sendok makan mentega dengan suhu sedang hingga meleleh
5. Tuang campuran telur ke penggorengan dan masak hingga setengah matang 
6. Tambahkan jamur yang sudah dimasak tadi dan juga parutan keju di atas telur lalu tunggu sampai sekitar 3 menit. 
7. Tiriskan

Sebenarnya dalam resep dituliskan memakai 1/4 cangkir krim. Hanya saja saya tidak menemukan krimnya saat berbelanja bahan-bahannya. 

Keseluruhan bahan. yang ketinggalan difoto cuma daun peterseli




Semua bahan kecuali telur, daun peterseli, garam, dan merica saya beli di Transmart. Untuk unsalted butter Anchor itu memang hanya tersedia di supermarket besar saja ya. 

Rasanya?

Enak dan gurih. Meski percobaan kali ini kurang sedikit asin tapi lumayanlah kalau dijadikan menu sarapan. Apalagi ada keju di dalamnya, makin menambah rasa nikmat. Dicocol pakai saus pasti lebih mantap. Menu Green Omelette ini bisa juga dijadikan sebagai menu bekal sekolah si Kecil juga lho. 

Selamat mencoba!


Kalau ada yang nanya, salah satu makanan favorit saya apa? Pasti salah satu yang akan saya sebut diurutan atas selain pempek adalah bubur ayam. Nah, di postingan kali ini saya mau share pengalaman makan bubur yang enaaaaak banget. 

Jumat (30/08/2019) saya dan teman kantor sekaligus yang selalu menemani saya kulineran, namanya Vice (baca: vice bukan vais hehehehe) pergi ke tempat makan Bubur Cap Tiger yang lokasinya tidak jauh dari kantor kami di Blok M, Jakarta Selatan. 

Sebenarnya awal mula saya tahu tempat makan ini dari postingan insta story Kak Teppy (Stephany Josephine) yang merupakan seorang blogger beberapa waktu lalu. Terus pas lihat postingan tersebut, saya tergugah untuk mencobanya.

Sejarah Bubur Cap Tiger 

Seperti gambar yang ada di atas bertuliskan "Cap Tiger Bubur Ayam Mangga Besar " jadi memang tempat ini adalah cabang dari tempat makan Bubur Cap Tiger yang sudah ada di daerah Mangga Besar, Jakarta Barat. Saya belum pernah sih datang ke tempat tersebut,  mungkin next-nya bakal ke sana.

Dari informasi yang saya peroleh dari Republika Restoran Bubur Ayam Cap Tiger adalah bisnis yang dibangun dari seorang dokter kulit bernama Dr Jhon Darmawan yang awal mulanya membuka restoran bubur ala kawasan Mangga Dua, Jakarta Barat. 

 Tempat 

Saya dan Vice naik Go-Car ke tempat makan ini. Kalau tidak jeli, bisa-bisa kamu terlewat, karena posisinya yang nyempil antara klinik C(E)K.dan tempat makan Cut The Crab . Di antara dua tempat tersebut nanti ada lorong kecil di samping klinik menuju ke tangga lantai 2, nah di situlah tempatnya. Sebenarnya dengan tempat yang diapit oleh dua tempat besar tadi, untuk mencari parkiran agak susah ya. Mungkin kalau mau numpang parkir sama tempat lain, bisa juga.

Kesan pertama saya ketika sampai di sana, kok agak seram ya, karena lampu luar-nya agak redup ke-merah-merahan. Saat pertama kali tiba pengunjung disambut dengan lukisan tradisional bertema chinese.  Pokoknya kita bisa langsung terasa nuansa chinesee-nya namun minimalis pas ada di area luar maupun masuk ke dalam tempat makan yang beralamat di jalan Cikajang ini. 

Saya dan Vice ditanya oleh salah seorang pelayan di sana apakah ingin makan di area no smoking atau smoking area. Karena saya dan Vice tidak merokok, kami pilih yang di area dalam atau no smoking area. Di area dalam, kita bisa melihat dapur yang dibuat terbuka. Jadi pengunjung yang makan bisa juga melihat proses memasaknya.

Tempatnya sendiri kecil, panjang, tapi ngga sumpek. Kursi dan meja yang disediakan berderet dan cukup dekat satu sama lain. Kami duduk di tengah-tengah antara dua pasangan berpacaran. Huhuhuhu. 



Bubur Merah Ayam 


Wahhh bubur ini sangat lezat. Dari segi tekstur, cukup lembut, kental, dan padat meski masih sedikit terasa bentuk nasinya namun itu tidak mengganggu sama sekali bahkan, membuat rasanya unik di lidah. Bagi kamu yang suka sama bubur yang teksturnya agak kasar, ini bisa jadi pilihan.

Toppingnya ada ayam yang disuir dan taburan daun seledri. Saat memakannya, rasa jahe sangat terasa dan gurih. Adanya rasa jahe inilah bikin bubur makin terasa hangat. Terus ya, kalau kita makan buburnya saja rasanya enggak tawar seperti kita makan nasi merah. Harga satu porsi bubur merah ayam dikenakan Rp45.000.

Bubur Ikan Putih 


Kalau bubur yang satu ini juga ngga kalah nikmat. Ikan yang dipakai di sini adalah ikan dori lho dan sangat terasa sekali ikannya. Yang membedakan dari bubur merah ayam adalah jahe di sini lebih terasa atau lebih banyak. Mungkin hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan rasa amis dari ikan-nya kali ya. Dari sisi teksturnya lebih lembut dari bubur merah. Satu porsi bubur putih ikan dihargai Rp45.000.

Telur Pitan 


Saya baru dengar nih makanan yang satu ini. Kalau Vice ngga inisiatif pesan, mungkin makanan yang satu ini ngga bakal saya lirik. Hehehe. Telur pitan sendiri merupakan telur hitam, atau yang juga sering disebut telur seribu tahun. Ini adalah makanan khas Tionghoa yang berasal dari telur ayam atau itik yang dibuat dengan cara diawetkan di dalam campuran abu, garam, kapur tohor, lempung, dan sekam padi selama beberapa waktu. 

Saat proses pengawetan, biasanya kuning telur akan berubah menjadi hijau gelap dan menjadi seperti krim yang memiliki bau belerang. Untuk bagian putih telurnya akan mengalami perubahan warna  menjadi kecokelatan atau hitam dan sedikit transparan.

Rasanya menurut saya sangat amis, teksturnya tidak lembek sih hanya sedikit aneh di lidah saya. Mungkin karena baru pertama kali juga nyobain ini. Telur pitan yang dikasih ada 6-8 buah. Ini dikenakan harga Rp22.000.

Oh iya, kalau kita pesan bubur di sini, itu pasti akan dikasih satu mangkuk berisi cakwe yang garingnya pas yang sudah dipotong-potong. Selain itu, dikasih juga sambal dari kecap asin yang dicampur potongan cabai hijau.

Baca juga: Pertama Kali! Nyobain Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Awing

Pelayanan 

Soal pelayanan, tempat makan yang satu ini juara sih. Pelayanannya cepat, pelayannya juga banyak dan responsif. Mereka juga ramah-ramah. Kalau dari segi penampilan mereka juga rapi-rapi.

Harga

Total harga pesanan kami bubur ayam putih dan bubur merah ikan, telur pitan, dan dua gelas liang teh adalah Rp152.000. Total ini sudah termasuk pajak ya. Memang sih kalau dilihat sepertinya agak mahal untuk makanan bubur, tapi jangan salah. Kalau sudah coba bubur di sini, dijamin kamu ngga bakal menyesal. 

Kamu ingin mencoba bubur Cap Tiger ini? Datang saja di hari Selasa - Kamis, Minggu pada pukul 17.00-01.00. Sementara Jumat-Sabtu 17.00-03.00. Senin libur.



Kalau saya disuruh milih mana bubur yang saya suka, saya pilih dua-duanya karena emang beneran enak. Beda sama bubur ayam lainnya. Sementara Vice, lebih suka bubur merah ayamnya. Saya puas banget makan di sini. Meskipun hanya bubur saja, tapi kenyang makannya apa lagi banyak juga makanan pelengkap yang ditawarkan.

Kalau saya ada kesempatan makan di sini lagi, saya bakal pesan menu pelengkapnya lebih banyak, seperti ayam rebus atau panggangnya sama sayur asinnya. Mungkin ada dari kamu yang baca postingan saya ini, bakal penasaran makanan di sini halal atau ngga? Nah kabar gembiranya, di sini HALAL ya.

Kamu yang mau nyobain bubur ayam dengan rasa yang beda, bisa banget nih cobain Bubur Cap Tiger yang ada di Jl. Cikajang, RT.6/RW.6, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170.



Saya baru sempat menuliskan pengalaman outing kantor tahun ini ke Hong Kong, padahal sudah berlangsung dari tanggal 4 April -7 April 2019 lalu. Ini merupakan perjalanan kedua saya ke luar negeri, setelah sebelumnya kantor saya mengadakan outing ke Bangkok, Thailand pada 2018 lalu. 


Awalnya saya tidak mengira jika kantor akhirnya memutuskan untuk melancong ke Hong Kong tahun ini. Karena perkiraan saya adalah, Singapore sebagai negara tujuan. 

Namun, Tuhan memang sangat baik, kami bisa pergi outing empat hari tiga malam ke negara yang sedikit jauh dari Indonesia. Dari Jakarta Menuju Hong Kong sendiri memakan waktu sekitar lima jam. Ada beberapa hal yang saya pelajari saat berkunjung ke negara bekas jajahan Inggris ini.

Sangat Tertib dalam Menggunakan Eskalator

Baik saat di Bandara Hong Kong, stasiun MTR (MRT di Hong Kong), atau tempat yang menyediakan eskalator masyarakatnya sangat tertib dalam menggunakan  fasilitas umum ini. Di Hong Kong, berlaku aturan tidak tertulis jika tidak ingin mendahului antri-lah di sebelah kanan. Sementara bagi orang yang sedang terburu-buru terutama dijam-jam sibuk seperti pergi dan pulang kerja bisa jalan atau mendahului di sebelah kiri. 

Dilarang Buang Sampah dan Meludah Sembarangan 

Di Hong Kong aturan ini bukan cuma wacana saja. Ini terbukti dari adanya aturan denda HK$1500 atau sebesar Rp2.790.000 jika ada yang ketahuan buang sampah sembarangan. Saat itu, 1 dollar Hong Kong bernilai Rp1.860. Jujur saja, saat saya tiba di Hong Kong dan melihat kondisi jalanan-nya, yang ada di pikiran saya, "Kok bisa ya Hong Kong sebersih ini?" Karena selain peraturan denda yang sangat menguras kantong tadi, saya rasa alasan utamanya adalah karena wilayah dan penduduk dari mayarakat Hong Kong sendiri tidak sebanyak Indonesia. Jadi ya tidak terlalu sulit juga untuk menerapkan peraturan tersebut. 

Selain itu, di tempat-tempat umum disediakan tempat sampah. Jadi siapa pun tidak akan kesulitan untuk membuang sampah dan ngga perlu sampai menyimpan sampah dalam tas atau saku segala.

Sementara kalau meludah sembarangan info yang saya peroleh dari berbagai sumber, pengunjung bisa terkena denda  HK $1500 atau sebesar Rp2.790.000-.  Peraturan ini didasarkan pada kasus wabah SARS di tahun 2003 lalu yang sempat menyebar. Ya iyalah kalau pada buang ludah sembarangan kan jadinya bisa mengganggu kesehatan dan mencemari lingkungan. Saya juga paling sebel kalau ada orang yang meludah sembarangan. Apalagi kalau kita lagi makan di pinggir jalan.

Sumber: https://phinemo.com

Merokok Bukan pada Tempatnya, Uang Melayang 

Yang bikin saya makin kagum dengan kota ini adalah masyarakatnya juga diajarkan tertib untuk tidak merokok sembarangan. Saya bukan perokok dan tentunya sangat senang dengan peraturan ini. Hehehe. Akan ada banyak tanda larangan merokok yang bisa kamu temui, baik di  angkutan umum, MTR, bandara,  pusat berbelanjaan, dan tempat makan.

Di jalan-jalan biasanya akan disediakan tempat untuk merokok, yakni di lokasi-lokasi di pinggir jalan yang terdapat tempat sampah dengan asbak besar di atasnya. Hong Kong juga memberlakukan denda bagi siapa saja yang ketahuan merokok bukan pada tempat yang disediakan. 

Denda yang dikenakan, yakni bisa mencapai HK $5.000 atau sekitar Rp9.300.000. Pelancong asing yang mau masuk ke Hong Kong juga hanya diperbolehkan membawa rokok 19 batang.

Adanya peraturan ini tentu sangat baik buat para perokok biar ngga sembarangan merokok dan tidak mengganggu orang lain.



Hati-hati Kalau Menyebrang

Jangan coba-coba untuk menyebrang sembarangan kalau kamu lagi ada di Hong Kong, karena bisa-bisa kamu 'ditodong' denda sebesar HK$600 atau sekitar Rp1.116.000. Kalau mau menyebrang, kamu harus menunggu sampai lampu rambu untuk pejalan kaki menyala warna hijau, itu baru boleh menyebrang. Tapi, meski jalanan di Hong Kong sedang lengang, jangan coba-coba melanggar, karena jika ada petugas yang melihat itu, siapkan uang sebesar yang saya sebutkan di atas.

Saat di Hong Kong saya jarang sekali merasakan kemacetan. Jalanannya begitu lengang dan tertib. Transportasi di sana juga sudah cukup baik dari segi fasilitas dan ketepatan waktu.





Jangan Harap Bisa Berkali-kali Menawar 

Ini sebagai tambahan. Sempat diberitahu oleh teman saya, kalau saat melakukan pembelian di pasar tradisional di Hong Kong seperti Ladies Market, jangan menawar sampai berkali-kali. Maksudnya begini, biasanya kan kalau di Indonesia kita suka menawar dari harga A, ke harga B, bahkan ke harga C.

Terus kalau misalnya ngga jadi beli yaudah paling dijutekin sama penjualnya. Di sini, jangan harap kamu bisa melakukannya. Kalau kamu sampai menawar berkali-kali dan ujung-ujungnya ngga jadi beli, penjualnya bisa marah. Intinya, kalau kita menawar, si penjual akan menganggap kita ingin dan harus beli barang tersebut.

Salah satu tipsnya adalah jika penjual buka harga terlalu tinggi, baiknya langsung pergi saja. Namun kalau ditawarkan mulai dari dua kali harga wajar, bisa ditawar, 1/3 dari harga awal atau setengah harga awal.
Berbelanja di Ladies Market, Hong Kong


Kalau sampai melanggar aturan-aturan di atas (kecuali yang terakhir), siap-siap bakal ditagih sama petugas Imigrasi Hong Kong jika ingin keluar wilayah tersebut. 

Kalau baca pengalaman saya ke Hong Kong di atas, jadi makin tertarik ngga sih buat mengunjungi  Hong Kong? Jangan lihat aturannya yang begitu banyak, ya. Coba deh kalau aturan-aturan di atas itu diterapkan di Indonesia? Betapa rapi-nya negara kita tercinta ini kan?

Ya buat kamu yang mau berkunjung ke salah satu negara yang masih kental budaya Tiongkok-nya, Hong Kong bisa jadi salah satu alternatifnya. Kira-kira tahun depan kantor saya bakal ajak karyawannya ke mana lagi, ya? 



"Dan kasih rekomendasi dong makanan khas kampung lo, yang enak selain coto Makassar?" Tanya saya di hari Jumat sore (26/07/2019) kepada Ardan yang memang orang Makassar asli.

Tanpa babibu Ardan langsung mengetik nama "Kedai Pelangi Menteng" di browser-nya. Terus dia bilang "Nih lu coba dateng deh ke Kedai Pelangi yang ada di Menteng. Di sini ada banyak makanan khas Makassar". 

"Lu harus coba mie titi-nya. Dia macam mie goreng kering yang ada kuahnya. Oh terus sama coba nasi goreng merah, sama es palu butung."  Katanya dia lagi antusias. 

"Oke udah gue catet. Besok gue mau ke sana sama Vice (teman kantor saya yang lain)."

Nah berbekal rekomendasi dari Ardan, berangkatlah saya dan Vice di hari Sabtu (27/07/2019) tengah panas yang terik ke Kedai Pelangi di daerah Menteng. 

Saya dan Vice memesan beberapa menu, di antaranya Mie goreng kering atau mie titi, nasi goreng  seafood merah, coto Makassar, dan es palu butung.  Ini dia masing-masing bentuknya. 

Mie Goreng Kering / Mie Titi



Apa yang ada di benak kamu kalau lihat mie kering di atas? Jadi ingat sama jajanan pas masih kecil kayak mie rames atau ciki Anak Mas cuma ini versi gede-nya. Hehehe. Kuahnya sendiri banyak isinya lho. Ada udang, bakso ikan, sawi, ayam, hati ayam, bakso goreng, jamur, dan telur yang hancurkan,  Kamu bisa milih nih mau makan dengan mie kering yang dicampur dengan kuah atau keduanya dipisah. 

Saya sama Vice memilih yang dipisah aja. Saya sendiri merasa kuahnya mirip seperti kwetiau siram, tapi ini kuahnya lebih kental. Dari sisi mie-nya sangat kering dan kalau digado begitu saja rasanya gurih dan ada rasa asin sedikit. Kalau digado tanpa kuah juga enak hehehe. 

Harganya juga worth it dengan rasanya. Seporsi mie titi di Kedai Pelangi cuma dihargai Rp42.000 saja. Dijamin kenyang deh makan ini. 

Nasi Goreng Seafood Merah


Menu kedua yang kami coba selanjutnya adalah nasi goreng seafood merah. Harganya Rp42.000. Isi di dalamnya macam-macam, ada bakso ikan, udang, ayam, daun bawang, telur mata sapi. Sebagai pelengkap juga ada acar-nya. Oh ya, warna merah dari makanan ini bukan berasal dari beras merah lho ya. Saya sempat bertanya sama pramusaji di sana, dari mana warna merahnya berasal. Ternyata dari saus tomat. Tapi bukan saus tomat botolan ya, benar-benar dibuat dari sari tomat asli. Rasanya enak dan gurih seperti nasi goreng rumahan. Pas pertama kali diantar ke meja saya juga wangi. Porsinya juga banyak, bahkan satu piring bisa dimakan berdua. 

Coto Makassar



Si Vice penasaran mau nyobain coto Makassar karena memang belum pernah coba. Pas pesan Mas-nya menawari apakah coto Makassarnya ingin isi yang campur (daging dan jeroan) atau daging semua. Karena saya dan Vice ngga suka jeroan, maka kami pilih yang isinya daging saja. Selain daging, isinya ada daun bawang.

Rasanya? Menurut saya, coto Makassar di sini cukup berasa bumbunya yang kaya akan rempah-rempah. Dagingnya empuk banget jadi gampang dikunyah. Dari sisi penyajian, coto Makassar-nya ditaruh di mangkuk kecil (mangkuk buat makan sekoteng). Satu porsi coto Makassar di sini di banderol Rp35.000. 

Baca juga: Pertama Kali! Nyobain Coto Makassar Senen Syamsul DaengAwing

Es Palu Butung


Menu terakhir kami pesan es palu butung. Dari penampilan luarnya saya kira putih-putih itu adalah kelapa. Tapi pas saya coba, ternyata bukan. Usut punya usut putih-putihnya tersebut adalah adalah bubur sumsum. Minuman dengan harga Rp22.000 ini di dalamnya juga ada potongan pisang raja dan es serut.  Rasanya segar tapi menurut saya dan Vice minuman ini terlalu manis.  

Ngomong-ngomong, secara sekilas, es palu butung itu mirip dengan es pisang ijo. Tapi ada beberapa perbedaannya. Salah satu perbedaannya yang pasti semua orang sudah tahu adalah kalau es pisang ijo dibalut 'kulit' yang terbuat dari adonan yang berasal dari tepung beras dan warna hijaunya berasal dari daun pandan. Sementara kalau Es Palu Butung tidak. Satu lagi perbedaannya, es pisang ijo bisa dtambah topping seperti susu kental manis, cokelat meses, serutan keju cheddar. Es pisang ijo biasanya menggunakan pisang kepok dan es palu butung menggunakan pisang raja.  

Kelebihan dari Makanan yang Ada di Kedai Pelangi 

Dari 3 makanan khas Makassar yang saya dan Vice coba, kami sepakat kalau Mie titi lah juara-nya. Saking enaknya, Vice sampai pesan lagi 1 porsi untuk dijadikan menu makan malam dengan Kakak-nya di kos-an. Sementara saya, karena faktor rumah jauh juga dari Menteng, ngga mau yang ribet. Saya akhirnya pesan satu porsi lagi nasi goreng merah seafood buat dibawa pulang. Saat orang rumah mencicipi nasi goreng seafood merah, ibu dan ayah saya bilang ini makanannya enak dan mereka suka. 

Makanan yang disajikan selain enak juga bersih. sementara dari segi tempat, saya suka karena semuanya bersih dan rapi, mulai dari meja, kursi, dan peralatan makannya. Kamar mandinya pun sangat bersih. 

Porsinya besar dan harganya yang terjangkau. Pajaknya 10%, yakni sebesar Rp23.000. Total harga makanan dan minuman yang kami pesan adalah Rp253.000. 


Kalau kamu penasaran dengan rasa dari masakan Makassar yang ada di Kedai Pelang, Menteng ini, yuk ajak keluarga, pasangan, atau teman kamu untuk jajal hidangan makanan khas Makassar di Kedai Pelangi, Menteng, Jakarta Pusat.





Sumber: https://www.chrichri.dk
Saya akui kalau memang menjadi salah satu penggemar dari Royal Family atau keluarga Kerajaan Inggris. Bukan hanya Kate Middleton yang saya kagumi, tapi juga Istri Pangeran Harry, yakni Meghan Markle.

Jujur saja saya kagum sekali dengan Meghan. Berbeda dengan kakak iparnya yang memang terlahir dari keluarga kalangan atas, Meghan dikenal sebagai sosok pekerja keras dalam mengejar kariernya di Hollywood yang cukup kompetitif.

Tentunya saya sebagai salah satu dari jutaan perempuan di dunia yang suka dengan Meghan, penasaran dengan cara menjaga kebugaran tubuh ala ibu satu anak ini apalagi sebelum dinikahi oleh Pangeran Harry.

Nah, salah satu rahasia Meghan untuk tampil sehat adalah dengan menerapkan kebiasaan mengonsumsi air lemon hangat setiap pagi. Informasi yang saya baca dari Republika.co.id yang dipublish  5 Desember 2018 dituliskan dalam sebuah wawancara dengan Delish, Meghan Markle mengatakan saat bangun pagi hari ia lebih suka minum air lemon hangat daripada kopi. Republika juga menulis jika secangkir air hangat dengan perasan lemon bisa membantu menyehatkan pencernaan. 

Minum air lemon hangat di pagi hari tentu cukup sederhana dan bisa ditiru oleh siapa saja. Tapi sebelum menirunya, yuk cari tahu lebih banyak soal air lemon dulu yang saya peroleh dari berbagai sumber. 

Kandungan Buah Lemon 

Di dalam buah lemon terdapat banyak sekali kandungan vitamin C maupun zat kimia alami, seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Flavonoid mampu membuat asam di perut memecah makanan, sehingga bisa membantu memperbaiki pencernaan. 

Flavonoid pada lemon juga mampu menghasilkan hormon insulin di mana akan menyeimbangkan gula darah, meningkatkan ketahanan tubuh, dan sebagai antialergenik, antikanker, dan antivirus. Karotenoid baik untuk kekebalan tubuh, dan polifenol dalam lemon berkhasiat untuk mengurangi nafsu makan. 

Di dalam juga terdapat kandungan asam sitrat yang fungsinya untuk merangsang produksi enzim hati dan menyerap racun dalam darah yang dibuang lewat urin. Kalium yang merupakan salah satu mineral alami yang memiliki peranan membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, kinerja otak. 

Bukan hanya isinya saja yang memilki khasiat. Manfaat lemon untuk kesehatan juga diperoleh dari kulitnya, karena mengandung kelenjar yang bisa menghasilkan citriaetheroleum (minyak esensial) yang bisa memberi aroma khas citrus. Rasa pada lemon juga berasal dari d-limonen yang menjadi salah satu antioksidan yang bagus untuk tubuh. 

Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari 

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang ada pada lemon, apa saja ya manfaatnya jika dicampur dengan air hangat dan dikonsumsi di pagi hari?




Bagus untuk Pencernaan

Disebut-sebut salah satu manfaat minum air lemon hangat bagus untuk pencernaan. Air lemon memudahkan tubuh mencerna makanan dan mencegah penumpukan racun. Air lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah sembelit dan kembung, penyakit dispepsia, cacingan, dan biliousness.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air lemon hangat di pagi hari juga berperan dalam menurunkan berat badan. Air lemon termasuk dalam rendah kalori, membantu meningkatkan metabolisme, dan membantu mengisi perut yang kosong, sehingga saat sarapan tidak makan berlebih. Di dalam lemon juga ada kandungan pektin yang bisa memberi efek kenyang lebih lama karena bisa mengurangi nafsu makan. 

Namun yang perlu ditekankan, manfaat ini hanya terjadi jika kamu mengganti segala minuman manis yang biasanya kamu konsumsi dengan air lemon. Tak hanya itu, perlu juga dibarengi dengan mengonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat dan seimbang untuk membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Kebugaran Tubuh Terjaga 

Air perasaan lemon dipercaya bisa membantu membuang racun yang ada di tubuh lewat urin . Ini berkat kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi pada lemon. Antioksidan sendiri dikenal baik untuk kekebalan tubuh yang bisa menangkal berbagai virus flu, sariawan, dan infeksi radang tenggorokan. Lemon juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol sehingga meminimalisir terjadinya penyakit diabetes dan jantung. 

Baik untuk Kulit

Manfaat minum air lemon hangat di pagi hari juga baik untuk tampilan kulit, seperti melembapkan, mengurangi pori-pori besar, flek hitam,  dan mengurangi kerutan atau keriput. Ini berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah lemon. Manfaat vitamin C untuk kulit sendiri, yakni menghilangkan efek kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Vitamin C juga bagus untuk pembentukan kolagen, yang bisa membantu membentuk jaringan ikat di bawah kulit. 

Saya sendiri sudah mempraktikkan kebiasaan minum air lemon hangat tiap pagi ini sejak satu bulan lalu dan ada manfaat yang saya rasakan di antaranya setiap hari buang air besar. Sebelum mengonsumsi air lemon hangat tiap pagi, jujur saja, saya sering BAB tiap dua hari sekali. Meski baru itu manfaat yang saya rasakan, tapi sepertinya saya akan terus melanjutkan kebiasaan ini. 

Cara Membuat Air Lemon Hangat 

Mana yang lebih baik mengonsumsi air perasan lemon dengan mencampurnya bersama air putih, atau lemon dimasukkan ke dalam air hangat bersama dengan kulitnya layaknya infused water? Dari sumber-sumber yang saya baca, tidak ada yang meng-klaim mana cara yang paling tepat. Namun, saya sendiri lebih suka memeras lemon dibandingkan memasukkan lemon beserta kulitnya untuk dijadikan sebagai infused water.

Cara membuat air lemon hangat cukup dengan memeras setengah buah lemon yang dicampur dengan air hangat. Untuk kamu yang baru pertama kali mencobanya, mungkin merasa tidak kuat dengan rasa asam dan sedikit pahitnya. Bila baru memulai disarankan  mencoba perasan sebanyak  ¼ lemon saja.  Rasa air lemon hangat memang asam, ada sedikit rasa manis dan pahit. Tapi jika sudah terbiasa mengonsumsinya rasa-rasa tersebut tidak akan menjadi masalah.  

Dibalik Manfaat Minum Air Lemon Hangat, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Mengonsumsi air lemon hangat memang baik untuk kesehatan, tapi terdapat juga efek samping yang ditimbulkan dari kandungan di dalamnya. Asam sitrat yang ada pada lemon lama kelamaan bisa menghilangkan enamel gigi sehingga bisa menyebabkan gigi terlihat lebih kuning dan makin sensitif.

Maka dari itu, disarankan untuk minum air lemon hangat jangan dilakukan secara langsung tapi pakailah sedotan dan berkumur dengan air putih setelah mengonsumsinya. Hal ini berguna untuk menghilangkan asam yang terdapat pada permukaan gigi. (sejujurnya saya juga baru tahu ini. Hehehe. Oke, besok-besok pakai sedotan deh kalau mau minum air lemon. Untung saya udah punya straw stainless hehehe). 

Selain itu, setelah mengonsumsi air lemon baiknya jangan langsung menyikat gigi karena bisa makin mengikis enamel gigi. Sikatlah gigi satu jam setelah mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari. Untuk sebagian orang, kandungan asam sitrat di dalam lemon bisa memunculkan nyeri ulu hati  dan gangguan kesehatan lainnya. Jika terdapat reaksi yang tidak mengenakkan di tubuh, baiknya hentikan kebiasaan ini. 


Semoga informasi terkait manfaat air lemon hangat di atas bisa membantu memahami kebiasaan baik ini. Tentunya kebiasaan baik ini bukan semata-mata hanya yntuk mengikuti gaya hidup dari yang Duchess of Sussex, tapi sebagai alternatif untuk hidup lebih sehat. 

Oh iya, buat kamu yang punya tips kesehatan karena terinpirasi baik dari keluarga, teman, pasangan, atau idola bisa juga share di kolom komentar, ya. 







Diolah dari berbagai sumber:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/318662.php
Hindah Muaris. Buku: Khasiat Lemon: untuk Kestabilan Kesehatan. 2013. Gramedia Pustaka Utama



Pentingnya Menjaga Hidrasi Tubuh Bagi Anak Agensi


Siapa di antara kamu yang pengin banget kerja di agensi? Dan siapa yang sudah sering dengar soal kehidupan agensi yang 'kejam'? Nih ya, tak kasih tahu. Kerja di agensi tuh enggak melulu enak. Tapi enggak melulu kejam juga. 

Jam masuk kantor yang fleksibel, kerja santai, anaknya keren-keren, networking-nya luas, banyak duit, dan hidup hedon adalah beberapa kesan yang biasanya dilontarkan orang-orang ketika menilai anak agensi. 

Sebenarnya anggapan-anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar tapi juga tidak sepenuhnya salah. Semua itu balik lagi dari gaya hidup dan kebutuhan masing-masing orang. Dibalik semua kenikmatan dan embel-embel yang dilekatkan pada anak yang bekerja di agensi, kalian perlu tahu kalau kami bekerja cukup keras untuk menyenangi 'raja' kami, yakni klien dan pastinya bos kami. 

Meskipun jam kantor itu fleksibel, tapi saking fleksibelnya, kerja kadang sampai enggak tahu waktu. Masuk siang, kerja bisa sampai begadang, bahkan bisa sampai keesokan paginya. Saya tahu sih itu sudah risiko kerja. Tapi ya kalau kerja kayak gitu terus kan bisa berpengaruh pada kesehatan dan jiwa para pekerjanya, toh? 


Boro-boro mau makan teratur 3 kali sehari dengan menu sehat. Kadang minum air cukup saja sudah bersyukur. Saya sendiri untuk membiasakan diri minum air putih yang cukup, saya menyediakan botol minum yang berkisar 1500 ml di meja saya. Kenapa? Biar enggak lupa minum. 

Kamu pasti pernah deh lupa atau malas minum air putih kalau kerjaan lagi banyak. Apalagi kalau air minumnya jauh untuk dijangkau. Maksudnya kamu harus mengambil dulu di dispenser yang jaraknya dari bangku kamu bikin kamu malas berdiri dan berjalan ke tempat dispenser. 

Kalau sudah begini, ujung-ujungnya kamu baru bakal minum kalau sudah benar-benar haus bahkan sampai tenggorokan kering, pusing, dan sulit konsentrasi. Apalagi kalau bekerja di ruangan ber-AC yang pastinya nyaman, tidak berkeringat, dan tidak mudah memunculkan rasa haus sehingga jarang minum tidak bisa dihindari. 

Memang seberapa pentingnya sih minum air putih buat para pekerja agensi?  Gini, sebenarnya air putih itu bukan hanya penting bagi pekerja agensi tapi semua orang. Namun, seperti yang saya ceritakan diawal, jika bekerja di agensi itu bagai kuda yang tidak tahu waktu. Sama saja kayak orang yang bekerja di media yang katanya kerja dengan tenaga yang sangat diforsir. 

Saya kasih contoh, saya sendiri bekerja di digital agensi sebagai content writer. Itu kerjaannya lebih banyak duduk terus kurang gerak. Kalau tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup, dampak ringannya bisa mengurangi konsentrasi. 
Bayangkan, saya itu kerjaannya bikin 3-4 artikel dalam sehari dan macam-macam tulisan yang saya buat mulai dari kesehatan, kecantikan, asuransi, makanan, dan lain-lain yang bakal di muat di website klien. Makanya saya harus menjaga konsentrasi agar kerjaan saya minim kesalahan. Bukan cuma itu, tentu lama kelamaan kalau kebiasaan kurang cairan dalam tubuh bisa membuat punggung pegal bahkan sakit. 

Informasi yang saya dapatkan dari postingan Mba Murtiyarini di Kompasiana yang diposting pada 6 Desember 2017 dengan judul Kantor Peduli Hidrasi, Karyawan Sehat dan Produktif kalau tubuh kekurangan air putih tentu memberikan dampak yang tidak baik, di antaranya cepat lelah, kurang fokus, kepala terasa pusing, memori jangka pendek berkurang, mengantuk, dan tenggorokan kering. Kondisi-kondisi tersebut berpengaruh pada produktivitas kerja.

Agar lebih jelas,  berikut sedikit infografis soal pentingnya minum air putih bagi tubuh.



Nah setelah tahu apa saja manfaat air putih untuk tubuh. Saya juga sempat menanyakan ke beberapa teman kantor saya kebiasaan mereka minum air putih.

Ibnu (SEO Senior Manager)

Ada Ibnu yang merupakan SEO Senior Manager yang sehari-harinya bekerja bukan hanya mencari keyword, tapi juga membuat report dan meeting bersama klien serta pitching. Saat sedang tidak terlalu sibuk, Ibnu biasanya minum 2,5 liter. 1 liter di kantor, 1.5 liternya di jalan dan di rumah. Ibnu biasanya memang minum saat merasa haus saja. Beberapa dampak yang dirasakan Ibnu bila kurang mengonsumsi air minum adalah merasa kurang fokus, bahkan hingga merasa pusing.

Kondisi ini tentu bisa membuat pekerjaannya bisa tidak terselesaikan dengan baik dan bisa terlambat men-deliver ke klien.

Makanya, untuk membiasakan diri mencukupi kebutuhan cairan biasanya, Ibnu selalu mengisi botol minumnya di rumah sebelum berangkat ke kantor dan sebelum pulang ke rumah mengisi botol minumnya atau beli minum di jalan.

Grace (Content Manager)

Grace, pekerjaannya sehari-hari adalah selain mengedit tulisan para content writer in house dan freelancer, ia juga membuat editorial plan,  menulis artikel, meeting dengan klien, dan mengatur strategi konten. Hal yang ia rasakan bila kurang minum adalah  kurang konsentrasi,  hingga membuat tulisan atau editannya mandek. Ketika ia buang air kecil juga jadi jarang dan warnanya bisa kuning sekali.

Herlina (Art Director)

Sementara ada lagi teman saya Herlina yang merupakan art director. Ia sehari-hari bekerja lebih banyak duduk karena kerja utamanya adalah  mendesain berbagai materi publikasi baik untuk kebutuhan klien maupun kantor.

Herlina mengaku jika ia kurang minum sering merasa cepat lelah. Makanya ia selalu letakkan botol minum/gelas dekat dengan dirinya agar tidak lupa minum air putih.

Nah, dari pemaparan teman-teman saya di atas, makin paham kan jika air putih yang cukup itu memang penting sekali dan terdapat dampak bagi produktivitas kerja?

Kebutuhan Hidrasi Manusia

Sekadar informasi, jika kebutuhan cairan tiap orang itu berbeda-beda. Berdasarkan informasi yang saya baca dari blog Kompasiana Mba Yayat yang berjudul "Memilih Air Minum, Kenapa Harus Air Mineral?" yang beliau posting pada Oktober 2018 dan sebagian informasinya ia peroleh Dr Diana Sunardi M.Gizi, Sp.GK, yang menjadi salah satu pemateri pada kelas Danone Blogger Academy 2018 lalu, ada beberapa faktor penentu kebutuhan air minum seseorang, yakni jenis kelamin dan usia, aktivitas, suhu dan kelembapan lingkungan, makanan yang dikonsumsi, dan kondisi kesehatan tubuh.

Menurut Dr Diana, untuk laki-laki dewasa, standar air minum yang perlu dicukupi adalah 2 liter per hari. Sementara untuk wanita dewasa, kebutuhan minumnya adalah 1,6 liter per hari. Untuk ibu hamil ada tambahan 300 ml per hari, dan ibu menyusui ada tambahan 700 ml per hari. Lain lagi bagi kamu yang pekerja ringan, baiknya penuhi 2,2 -- 3,5 liter per hari, pekerja sedang 3,6 liter -- 6,3 liter per hari.

Dipaparkan juga jika sebaiknya minum air putih jangan hanya ketika merasa haus saja, tapi saat berkeringat, minum sebelum-selama-setelah belajar, minum sebelum-selama-setelah bermain, minum sebelum dan setelah bangun tidur,  setelah makan, minum setiap 30-60 menit meskipun tidak  sedang merasa haus.

Dampak dari dehidrasi sendiri terbagi dua, yakni dehidrasi ringan yang ditandai dengan mulut dan kulit kering, urin yang keluar sedikit, mudah mengantuk dan lelah, mudah cemas dan tegang, konsentrasi menurun, dan daya ingat visual sesaat menurun. Sementara dampak dehidrasi jangka panjang bisa menyebabkan seseorang mengalami infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Apakah di kantor saya tersedia fasilitas air yang cukup memadai? Jawabannya, ya. Di kantor saya sendiri memang tersedia dispenser di pantry. Kalau dari meja saya sih untungnya tidak terlalu jauh. Ada beberapa dari teman-teman saya juga yang membawa botol minum sendiri dari rumah dan begitu sampai kantor diisi penuh agar tidak perlu mondar-mandir ambil air minum.



Kantor memang tidak menghimbau karyawannya untuk minum cukup air. Misalnya, di toilet tidak ada poster atau informasi soal warna urine. Yang ada hanya himbauan seperti ini:





Dulu di kantor saya yang lama, di tiap ruang meeting pasti tersedia air minum dalam kemasan untuk memudahkan peserta meeting yang hendak minum, jadi tidak perlu ke luar ruangan. Namun sejak saya pindah lokasi kantor, sekarang tiap di ruangan meeting tidak pernah ada Air Minum Dalam Kemasan (AMDK).

Jadi, bagaimana? Masih mau anggap remeh soal pentingnya minum air putih? 
Review The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask Bahasa Indonesia

Ayo siapa yang punya kulit kombinasi seperti saya? Mungkin ada dari kamu yang belum tahu kalau kulit kombinasi merupakan gabungan antara kulit kering dan berminyak yang ditandai dengan bagian pipi kering, sementara di bagian t-zone (dahi, hidung, dan dagu cenderung berminyak).

Selain itu, pori-pori yang nampak besar di bagian t-zone juga menjadi salah satu masalah  yang sering dialami oleh pemilik kulit kombinasi. Saya sendiri sering mengalami pori-pori besar di daerah sekitar hidung dan di bawah mata.

Tentunya dalam merawat kulit, kita harus menggunakan produk sesuai jenis kulit, kan? Nah salah satu produk perawatan wajah khusus kulit kombinasi yang saya gunakan adalah  The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask. Saya sudah penasaran untuk nyobain produk ini sekitar beberapa bulan lalu, karena sebelumnya saya juga sudah menggunakan Seaweed Oil Balancing Toner, Seaweed Deep Cleansing Gel Wash, dan Seaweed Face Moisturiser Spf15 hingga sekarang. 

Nah, sekarang saya lagi pengin  review The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask berdasarkan pengalaman saya.

Kemasan, Tekstur, dan Aroma The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask


Seperti gambar di atas, kamu bisa lihatkan kalau kemasan dari masker ini cantik sekali. Dengan kemasan berbentuk jar warna biru muda dan tambahan warna putih serta hitam membuat tampilannya begitu bagus. Jarnya terbuat dari plastik Simbol 5 - PP (Polypropylene) yang bisa di daur ulang. Jadi enggak perlu takut pecah kalau jatuh. Isinya 100ml (143g) saya rasa kalau kamu rutin menggunakannya bisa sampai 3 bulan. Di kemasannya juga tertera jika masker The Body Shop ini bukan hanya untuk kulit kombinasi saja tapi juga kulit yang berminyak. 
Dari segi tekstur, masker ini berbentuk clay yang sangat creamy dan pekat berwarna abu-abu. Aromanya juga menyegarkan dan bisa bikin relaks. 

Kandungan The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask

Jika kamu membuka situs resmi The Body Shop dan mencari The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask, akan tertulis jika produk ini mengandung seaweed minerals. Salah satu manfaat dari seaweed atau rumput laut adalah bisa membersihkan pori-pori kulit berkat kandungan antioksidan dari rumput laut yang mampu membersihkan kulit dari kotoran dan racun. Selain itu, bisa merawat kulit berminyak sehingga membantu mengatur produksi sebum dan tidak membuat kulit terasa kering.

Saat Pemakaian The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask

Review The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask selanjutnya tentang pemakaian masker yang bertekstur clay  ini. Pertama kali saya pakai, terasa sedikit panas, tapi tidak sampai mengganggu. Cepat sekali kering dan mudah dioles di kulit. 

Saat pemakaian di hari berikutnya saya sudah tidak merasakan lagi rasa panas ketika dioleskan pada wajah saya. Mungkin saat pertama kali, kulit saya masih beradaptasi dengan produknya. Saat membersihkannya juga mudah sekali, tidak perlu sampai diusap terlalu keras, masker bisa dihilangkan dengan gerakan biasa saja. Oh ya,  kalau sudah kering, tekstur masker berubah menjadi keras dan membuat wajah menjadi kaku. Tapi, kamu enggak perlu kjawatir, saat dibersihkan, muka jadi lebih kenyal dan halus. 

Kalau di kemasannya tertulis cara pakainya adalah bersihkan wajah terlebih dulu dengan pembersih yang biasa dipakai (kalau saya pakai The Body Shop Seaweed Deep Cleansing Gel Wash). Kemudian usapkan masker pada wajah dan leher jika diperlukan. Lalu diamkan selama 5-10 menit. Setelah kering bilas dengan air hangat. Dianjurkan memakai The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask 1-2 kali seminggu. 

Kalau saya sendiri sebenarnya setelah membersihkan wajah dengan gel wash, saya juga melakukan scrubbing dengan Drops of Light Brightening Liquid Peel untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan  kotoran. Setelah itu, baru deh pakai The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask. 

Manfaat The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask

Sesuai namanya masker wajah yang satu ini mengandung seaweed minerals yang berguna untuk membersihkan kulit dari kotoran dan bisa membuat kulit jadi nampak segar dan cerah. Saya sendiri sudah memakai masker ini sekitar 1 bulan dan saya merasakan beberapa hal pada wajah saya. 
  1. Pori-pori di wajah yang tadinya besar, sekarang sudah lebih mengecil
  2. Mampu menyerap minyak di wajah dengan baik dan tidak membuat kulit kering
  3. Kulit menjadi terasa segar, kenyal, dan halus setelah memakainya
Nah untuk manfaat The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask yang diklaim mampu membuat kulit menjadi cerah, itu tidak terjadi sama saya. Biasanya saya pakai 2 kali seminggu, sesuai saran dari kemasannya, tapi wajah saya nampak biasa-biasa saja, tidak cerah tapi tidak kusam juga. 

Jika ditanya, apakah saya akan membeli lagi masker The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask? Pastinya ya, karena berdasarkan manfaat yang saya rasakan di atas, tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menjadikannya sebagai skin care rutin saya. 

Bagaimana dengan harga? Rp.269.000. Meski agak sedikit pricey, tapi saya rasa sepadan dengan manfaat maskernya. 

Semoga review The Body Shop Seaweed Oil Balancing Clay Mask di atas bisa menjadi pencerahan buat kamu yang memiliki kulit kombinasi dan sedang mencari produk masker yang bisa dipakai untuk skin care harian. Buat kamu yang punya rekomendasi masker untuk kulit kombinasi lainnya, share yuk di kolom komentar.