Perluas Wawasanmu dalam Perfilman Lewat Serangkaian Acara di Sundance Film Festival: Asia 2021



sundance-film-festival-asia-2021


Di postingan sebelumnya aku sudah pernah membahas soal Short Film Jury Award for the Short Film Competition yang diadakan oleh Sundance Film Festival: Asia 2021. Kamu sudah ada yang ikutan serta belum? Nah, di bulan September ini akan ada pengumuman para pemenangnya. Tapi  bukan hanya itu saja. 

Sundance Institute yang diselenggarakan bersama dan XRM Media dan didukung oleh IDN Media, juga akan mengadakan program film dan diskusi panel ditanggal 23–26 September 2021 mendatang.

Yang spesial,  Sundance Film Festival: Asia 2021 bakal mempersembahkan delapan film yang terbagi dalam dua kategori  yaitu  empat film naratif dan empat film dokumenter yang sudah pilih oleh tim program Sundance Film Festival,  XRM Media, dan IDN Media. 

Delapan film tersebut yaitu: 

  • Amy Tan: Unintended Memoir/U.S.A. (Producer: Karen Pritzker, Cassandra Jabola, Sutradara: James Redford ) 
  • The Dog Who Wouldn't Be Quiet/Argentina (Penulis Naskah: Gonzalo Delgado, Sutradara: Ana Katz, Ana Katz, Produser: Laura Huberman, Ana Katz) — 
  • Try Harder!/U.S.A. (Produser: Debbie Lum, Nico Opper, Lou Nakasako, Sutradara: Debbie Lum) 
  • John and the Hole/U.S.A. (Produser: Alex Orlovsky, Elika Portnoy, Mike Bowes, Sutradara: Pascual Sisto, Penulis Naskah: Nicolás Giacobone, ) 
  • Luzzu/Malta (Produser: Alex Camilleri, Oliver Mallia, Rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Sutradara dan Penulis Naskah: Alex Camilleri) 
  • Passing/U.S.A. (Produser: Margot Hand, Nina Yang Bongiovi, Forest Whitaker,  Rebecca Hall, Sutradara dan Penulis Skenario: Rebecca Hall) 
  • Users/U.S.A., Mexico (Produser: Elizabeth Lodge Stepp, Josh Penn, Sutradara: Natalia Almada) 
  • Writing With Fire/India ( Produser dan Sutradara: Rintu Thomas, Sushmit Ghosh) 


Baca juga: Yuk Buruan Unjuk Gigi di Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 dari IDN Media!

Bukan cuma itu, kamu juga dapat menyaksikan program diskusi panel dengan narasumber komunitas film lokal maupun internasional di TikTok (@SundanceFFAsia) serta Sundance Collab. 

Dengan adanya diskusi ini semoga bisa jadi insight terkait topik di industri perfilman yang semakin ke sini terus berkembang.  Ada juga intensive workshop untuk membina para talenta perfilman di Asia Tenggara. 

“Dengan  perkembangan yang begitu pesat tehadap  film-film fiksi dan dokumenter yang ada di Indonesia, kami sangat bersemangat terhadap penyelenggaraan Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami,” kata Kim Yutani yang merupakan Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival. 

Ia juga menambahkan “Menjadi kehormatan bagi kami untuk  membagi semangat festival Sundance ke komunitas film di Indonesia. Semoga, kami dapat memberikan insight bagi penonton lokal dan mendukung seniman Indonesia melalui berbagai acara panel discussion  dan intensive workshop pada festival Sundance Asia ini.” 

Selain itu, ada juga COO IDN William Utomo yang menyampaikan pendapatnya, “Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menyajikan berbagai serangkaian program menarik yang intensif dan secara menyeluruh. Kami berharap, para senias Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru tentang industri perfilman lewat program-program di Sundance Film Festival: Asia 2021. 

Penyelenggaraan acara ini sejalan dengan visi IDN Media yaitu berkomitmen memberi #PositiveImpact bagi masyarakat. Lewat Sundance Film Festival: Asia 2021 berupaya mencari bakat-bakat baru di Asia Tenggara, lalu mengenalkan mereka ke para pakar  yang ada di industri perfilman.” 

Rangkaian Acara Sundance Film Festival: Asia 2021

Indonesian Short Filmmaking. Beberapa sutradara dan produser film pendek kontemporer Indonesia akan berbincang terkait film pendek, pengalaman mereka membawa karyanya ke dunia internasional, dan bagaimana cara menghasilkan karya sinematik yang futuristik.

Sesi ini akan dilakukan bersama dengan alumni Sundance Film Festival Aditya Ahmad (Kado), Wregas Bhanuteja (Tak Ada yang Gila di Kota Ini) dan produser Meiske Taurisia (Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas). Jangan sampai lewatkan acara langsungnya di Sundance Collab pada hari Jumat 17 September, pukul 10:00 WIB. 

Pada program panel diskusi tersebut akan terdapat beberapa acara seperti  Film Outlook persembahan IDN Media yang akan bercerita terkait industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemik, hingga peluang yang bisa saja terjadi pasca pandemik. 

Perlu diketahui juga nih, pada 2016 hingga awal tahun 2020, penonton film Indonesia cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun, ketika muncul COVID-19 bioskop berhenti beroperasi untuk sementara hinga kondisi membaik. 

Selain itu akan ada Angga Sasongko (Pendiri Visinema Pictures), Chand Parwez Servia (Presiden Direktur Starvision), dan Mira Lesmana (Pendiri Miles Films) yang akan bercerita tentang pengalaman dan bagaimana mereka dapat bertahan hingga sekarang. 

Untuk acara diskusi ini dapat disaksikan di hari Kamis 23 September secara langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) jam 11:00 WIB. 

Women in Film Industry. Pada sesi ini kamu dapat menyimak cerita perjalanan industri perfilman di Indonesia dari pandangan para kaum perempuan yang terjun langsun di dunia perfiman. Narasumber yang akan terlibat yaitu penulis naskah Gina S. Noer (Habibie & Ainun),  Pembuat film Nia Dinata (Berbagi Suami), dan produser Susanti Dewi (Moammar Emka's Jakarta Undercover). Ada juga pakar industri yang berasal dari luar Indonesia seperti  Amanda Salazar (Head of Programming and Acquisitions of Argo) dan Sue Turley (SVP of XRM Media) yang akan memberikan pandangan dan pengetahuan mereka terkait  isu tersebut di industri perfilman. Kamu dapat menyaksikan diskusi ini secara langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) di hari Kamis 23 September jam 15:00 WIB. 

The Directors - Festivals and the Pathway to Success. Pada sesi ini, para filmmaker seperti Edwin (pemenang penghargaan Golden Leopard: Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas), Joko Anwar (Perempuan Tanah Jahanam),  dan Yosep Anggi Noen (Hiruk Pikuk Si Alkisah) akan bercerita pengalaman mereka tentang bagaimana festival membantu mengenalkan  karya mereka ke dunia. Bahkan lewat festival, mereka juga berhasil bertemu dengan mitra kerja yang dinilai potensial. 

Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers.  Sesi ini juga disertai  dengan sesi tanya jawab bersama Kim Yutani & Heidi Zwicker yang merupakan Programmer Sundance Festival, Natalia Almada (Users), Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh (Writing With Fire),  dan Debbie Lum (Try Harder!), Programmer Senior Sundance Heidi Zwicker akan membagikan pengalamannya dalam pembuatan film dokumenter, apa saja keuntungan yang dapat diperoleh dari meluncurkan karya mereka di festival online, dan akan membagikan saran bagi para calon filmmaker yang berfokus pada film bergenre non-fiksi. Saksikan sesi ini secara langsung di Sundance Collab pada Sabtu, 25 September, pukul 11:00 WIB. 

Informasi Tiket Sundance Film Festival: Asia 2021 

Untuk dapat menyaksikan seluruh rangkaian seluruh acara Sundance Film Festival: Asia 2021 secara virtual, bisa dengan membeli tiket digital yang mulai tersedia sejak Rabu, 15 September 2021, lewat  http://sundancefilmfestivalasia.org/.

Harga tiket sebesar Rp30.000 untuk Tiket Single Screening  dan Rp85.000 untuk Tiket Explorer yang dapat digunakan untuk akses ke semua screening 

Untuk tahu informasi lebih lanjut terkait Sundance Film Festival: Asia 2021 dapat mengunjungi https://www.instagram.com/sundanceffasia/ dan SundanceFilmFestivalAsia.org. Kamu juga dapat ikut berpartisipasi dengan meramaikan Sundance Film Festival: Asia 2021 di media sosial dengan menggunakan tagar #SundanceAsia. 


You Might Also Like

0 comments