Yuk Buruan Unjuk Gigi di Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 dari IDN Media!

sundance-film-festival-asia-2021-short-movie-competition


Jika kamu salah satu pencinta dan suka membuat film, ada kabar gembira nih. Soalnya, Sundance Film Festival: Asia balik lagi.  Yang menarik, kali ini penyelenggaraannya didukung oleh IDN Media dalam rangka mewujudkan komitmen mereka untuk mendukung industri film tanah air. 

IDN Media merupakan perusahaan yang bergerak di media platform khusus bagi para milenial dan gen Z di tanah air yang mengedepankan visi untuk mendemokratisasi informasi serta  selalu ingin memberikan kontribusi positif untuk masyarakat.

Hal yang berbeda pada penyelenggaraan Sundance Film Festival kali ini yaitu karena diadakan kompetisi film pendek juga, lho. IDN Media tidak sendiri, tapi berkolaborasi dengan XRM Media dalam mengadakan kompetisi untuk kategori film pendek pada Sundance Film Festival: Asia sebagai salah satu rangkaian acaranya. 

XRM Media sendiri merupakan perusahaan teknologi serta hiburan yang fokus untuk mendukung, memproduksi, dan membiayai konten multikultural yang bekerjasama dengan mitra globalnya.

Kompetisi film pendek ini diperuntukkan bagi para insan perfilman Indonesia dengan tujuan untuk  mendorong industri perfilman tanah air agar semakin maju di platform global, mempromosikan komunitas film independen di Asia, dan menampilkan beberapa film independen dari Sundance Film Festival 2021 yang sudah dikurasi oleh Sundance Institute. 

Winston Utomo, CEO IDN Media, menyatakan, “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya industri film di Indonesia.”

Hal menarik lainnya, kompetisi Sundance Film Festival: Asia ini disponsori oleh Argo yang merupakan sebuah kurator global dan platform streaming  film pendek. Kita bisa lho menonton film pendek di aplikasi Argo dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau  iTunes App Store  .

Ngomong-ngomong Kamu Sudah Tahu Belum Apa itu Sundance Film Festival: Asia?

sundance-film-festival-asia-2021


Jadi, Sundance Film Festival: Asia merupakan bagian dari program Sundance Institute yang dibentuk dengan tujuan untuk mengenalkan dan mendukung komunitas pembuat film-film independen, dari berbagai negara Asia termasuk Indonesia, kepada dunia internasional. 

Sundance Film Festival ini merupakan event film independen terbesar di Amerika Serikat yang mulai diadakan pada 1981 dan terus diadakan tiap tahun hingga sekarang.

Bagi filmmaker tentu Sundance Film Festival menjadi agenda yang nggak boleh terlewat dong. Karena ini menjadi kesempatan besar untuk unjuk gigi kemampuan kamu dalam industri film dan makin memperluas film Indonesia di ajang festival yang lebih komersil.

Harapannya ada Sundance Film Festival: Asia 2021 bisa jadi motivasi bagi filmmaker Asia khususnya Indonesia, agar bisa berkarya lebih baik dan makin percaya diri bersaing dengan filmmaker mancanegara.

Persyaratan dan Waktu Pendaftaran Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021

Beberapa persyaratan dari kompetisi ini di antaranya Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah berusia  di atas 18 tahun baik yang tinggal di dalam maupun luar negeri. Selain itu, kompetisi film pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 ini tidak memiliki batasan genre atau tema film yang bisa diikutsertakan. 

Namun, perlu diperhatikan,  proses pengerjaan film harus selesai pada atau setelah 1 Januari 2019 dan durasi film dari 3 hingga 20 menit saja. Kamu yang tertarik untuk ikut kompetisi ini, masih bisa ikut mendaftarkan karya sampai 9 Juli 2021 mendatang. 

Para Juri  Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021

Siapa saja sih juri yang akan menilai dan mengkurasi karya film pendek para peserta pada kompetisi kali ini? Nantinya bakal ada enam juri yang bakal menentukan siapa pemenangnya. Para juri tersebut yaitu:

  • Kim Yutani, Director of Programming, Sundance Film Festival
  • Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  • Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  • Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo
  • Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  • Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival

Hadiah Bagi para Pemenang

Nantinya pemenang akan menerima hadiah uang tunai USD 2,000 yang disponsori oleh Argo. Tak hanya itu, Juara film pendek ini bakal ditayangkan di Sundance Film Festival: Asia 2021 di bulan September mendatang. Menariknya lagi, pemenang akan dinominasikan untuk ditayangkan di Sundance Film Festival 2022 dan memperoleh penawaran distribusi secara global lewat platform streaming Argo.

Jika ingin tahu lebih lanjut terkait informasi kompetisi film pendek Sundance Film Festival: Asia 2021, kamu bisa mengunjungi halaman Film Freeway https://filmfreeway.com/SundanceAsia.

Ayo, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk menunjukkan karya film pendek terbaik kamu di Sundance Film Festival: Asia 2021 ya. Good luck!


You Might Also Like

0 comments