Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali - Senopati, Obat Kangen Makanan Pulau Dewata

ayam-betutu-kuah-gilimanuk-bali



Melihat postingan teman-teman dan para influencer yang sudah wara wiri ke luar kota bahkan ke luar negeri untuk sekadar refreshing atau bahkan ada yang memutuskan tinggal di sana untuk beberapa bulan. Tentu membuat aku jadi kepingin juga jalan-jalan. 

Tapi apa daya, aku baru mendapatkan vaksin pertama, belum berani juga untuk pergi jauh kalau vaksin belum lengkap. 


Salah satu destinasi yang ingin sekali aku kunjungi ketika keadaan sudah lebih baik yaitu Bali. Siapa sih yang tidak jatuh cinta dengan Pulau Dewata ini? 

Aku sendiri baru satu kali ke Bali, tepatnya September 2017 bersama dengan teman-teman SD ku dulu. Tentunya kami hanya mengunjungi beberapa tempat saja di sana. Jadi belum puas untuk eksplor Bali lebih jauh. 

Hal yang paling dikangenin dari Bali selain suasananya, makanan khasnya yaitu ayam betutu pun juga bikin kangen.  Bahkan saking penginnya aku sempat minta Mama buat bantuin bikin ayam betutu dengan ‘nyontek’ bahan dan cara membuatnya dari YouTube. 

Namun, sayang rasa malas dan setelah melihat tutorialnya yang ternyata ribet mengalahkan niatku dan Mama. Akhirnya kami menyerah. "Ma, mending order GoFood aja kali ya." Kataku dan Mama pun setuju. 

Jadilah untuk memenuhi ke BM-an aku, cara paling praktis yaitu dengan memesan saja di GoFood. Setelah memilih-milih, akhirnya pilihanku jatuh ke restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk Senopati.


Baca juga: Pengalaman Berharga, Pertama Pakai Jasa Travel dan Pergi ke Bali

Ayam Betutu Kuah Khas Gilimanuk

Aku pesan yang Ayam Betutu Kuah 1 Ekor. Dilihat di gambar yang ada di aplikasi Gojek, sungguh menggiurkan. Menu ini juga jadi salah satu yang paling laku. Jadi di satu bungkus ayam betutu kuah isinya tuh satu ekor ayam kampung rebus, kuah betutu, kangkung plecing, kacang goreng, dan sambal matah. 

ayam-betutu-khas-gilimanuk-bali-senopati


ayam-betutu-gilimanuk-bali-senopati

Ayam dari menu ini merupakan ayam kampung yang dimasak dengan berbagai rempah yang segar. Untuk tekstur ayamnya sendiri cukup empuk, dagingnya lembut , dan ada sedikit rasa pedasnya.  Ukuran ayamnya juga lumayan besar kok. Terus untuk kuahnya seger cuy. Pas sampai rumah, masih hangat. Rasa kuahnya sendiri asam, asin, gurih, dan seger.

Makan ayam betutu tentu nggak nikmat tanpa makanan pelengkap seperti sambal matah, kangkung plecing, dan kacang goreng.  

Untuk sambal matahnya rasanya lumayan pedas, tapi rasa asam dan asinnya dominan sekali. Sebagai pencinta sambal yang pedas, jujur kurang nampol kalau di lidahku. Tapi tetap enak kok. Mungkin buat kamu yang nggak terlalu suka pedas, bakal cocok sama sambal matahnya.  Porsinya juga banyak.

Selain ayam betutu kuah, di sini juga tersedia ayam dan bebek betutu bakar dan goreng.  Porsinya juga macam-macam, selain varian satu ekor, kamu bisa pilih varian ukuran 1/4 ekor maupun 1/2 ekor.

Aku juga memesan menu lainnya yaitu sate lilit (4 buah) dan udang bumbu bali. Mama dan aku sepakat sate lilitnya juara sih. Rasanya tuh ada pedasnya, gurih, dagingnya empuk, terus ada sedikit kriuknya di bagian gosongnya. 


sate-lilit-ayam-betutu-khas-gilimanuk-bali
Udah dimakan satu gaes sebelum difoto. Aslinya 4 sate lilit.



Udang bumbu balinya juga bikin lidah senang. Rasanya tuh paduan manis-pedas, sedikit rasa asin. Satu porsi udang bumbu bali ukurannya bervariasi ada yang gede dan ada yang kecil juga. 

Oh ya, sekadar informasi tambahan. Ayam betutu kuah ini kan cara masaknya direbus, jadi kalau misalnya nggak langsung dihabisin jadi cepat basi. Tapi kalau mau disimpan untuk menu akan malam juga bisa kok. Jadi ayam+kuah, kangkung plecingnya dipanasin aja kalau mau makan. 

Berbagai Pilihan Menu

Selain menu di atas, ada juga menu lain seperti ayam sisit, telur bumbu bali, ayam bumbu rajang, nasi campur bali, ikan goreng/bakar, aneka jus, dan lainnya. 

Harga dan Beli Di mana

Semua rasanya baik si Ayam betutu kuah, udang bumbu bali, dan sate lilitnya nggak ada yang failed. Semuanya masuk ke lidah aku. Tapi aku dan Mama paling suka sama sate lilitnya dan udangnya. 

Ayam Betutu Kuah 1 Ekor + makanan pelengkapnya dihargai Rp110.000. Sedangkan udang bumbu bali Rp45.000 dan sate lilit satu tusuknya Rp4000. Total seluruh makanan yang aku order yaitu  Rp261.200.  Ini sudah termasuk ongkos driver dan jasa aplikasi.

Ya menurutku harganya worth it lah. Soalnya satu ekor ayam betutu kuahnya bisa dijadikan lauk untuk 3x makan sehari, karena ukurannya yang besar. 

Waktu buka: Setiap hari 10 pagi - 20.30 malam

Alamat Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali, Senopati: Jl. Wolter Monginsidi No. 63A Senopati, Jakarta. 

Telepon: 0812-1317-1289, 021 7233245

Selain di Jakarta dan Denpasar, Ayam Betutu Khas Gilimanuk juga punya cabang di Bogor dana Surabaya. 


Baca juga: Review Minang in Wrap: Cara Unik Makan Nasi Padang DIbalut Tortila. Gimana Rasanya Ya?


 


You Might Also Like

0 comments