Sering Dilupakan, Leher Juga Perlu Dirawat agar Nggak Hitam dan Cepat Mengendur

Source: Unsplash.com

Buat perempuan yang punya rambut pendek, misalnya kayak Ria SW (saya ngefan sama dia btw hahahha) atau yang suka dikuncir apalagi dicepol pasti tampilan leher jadi salah satu yang sering diperhatikan. Karena langsung terlihat gitu sama orang. Terus kita juga ngga bisa lihat tiap saat tampilan leher kan kecuali di foto atau pakai kaca. 

Nah, saya sebelum pakai hijab suka banget cepol rambut, karena paling nggak betah kalau udah gerah terus rambut nempel-nempel di kulit. Risih. Makanya cepol sering jadi andalan. Mau dipotong pendek, nggak boleh sama ibu saya. Hahaha.

Kalau dicepol gitu kan otomatis leher jadi mudah terpapar sinar matahari dong. Kulit berisiko jadi hitam, gampang keringatan, dan daki banyak nempel. Saya nggak mau nanti teman atau keluarga saya bilang "ih Ka, kulit leher lu hitam banget" Malu dong!

Sekarang saya memang sudah pakai hijab. Namun, bukan berarti saya mengabaikan perawatan leher. Meskipun tertutup dan nggak terkena paparan sinar matahari, tapi leher juga jadi gampang berkeringat apalagi kalau pakai bahan hijab yang bahannya agak panas. 

Tapi yang jadi masalah di leher bukan cuma bikin kulit hitam aja. Risiko kulit jadi mengendur pun perlu diwaspadai. Memang sih orang juga nggak bakal langsung memperhatikan tampilan leher kita, tapi pasti lama kelamaan bakal terlihat jelas kalau kita nggak merawat dengan baik. Kita pasti nggak mau kan kulit  mengendur sebelum waktunya?

Lalu untuk urusan mengendur, Alhamdulillah saya belum mengalaminya. Tapi, walaupun kayak gitu, saya berusaha biar si kulit kendur ini nggak cepat-cepat muncul di saya. 

Penyebab Leher Hitam dan Mengendur

Kalau penyebab dari kulit leher hitam, selain karena paparan sinar matahari, ada juga sebab lainnya, yaitu kurang menjaga kebersihan kulit leher. Misalnya lupa menggosok leher pas mandi. 

Untuk penyebab leher mengendur juga disebabkan paparan dari sinar matahari berlebihan, regenerasi kulit yang melambat, dan kebiasaan merokok. Di dalam rokok sendiri kan ada kandungan berbahaya seperti nikotin yang bisa bikin pembuluh darah di kulit jadi kurang lancar. Makanya bisa bikin kulit mengendur. 


Cara Merawat Kulit Leher yang Biasa Saya Terapkan

Eksfoliasi Tubuh 1-2 Kali Seminggu

Source: Pexels.com


Siapa sih yang suka lupa buat menggosok bagian leher kalau pas mandi? Saya ngacung deh. Tapi itu dulu. Paling saya sabunin doang area leher. Namun, ternyata itu belum cukup untuk menghilangkan daki-daki yang ada di kulit leher. 

Nah, sekarang cara merawat leher yang biasa saya lakukan itu dengan eksfoliasi tubuh termasuk leher 1-2 kali seminggu. Saya biasa pakai scrub badan dari Scarlett yang varian Romansa. Pakai produk ini membantu banget angkat sel kulit mati dan daki yang ada di tubuh dan leher. 

Buat review lengkapnya saya sudah pernah bikin postingan lengkap soal scrub Scarlett.

Lihat juga: Rawat Kulit Tubuh Agar Makin Sehat, Halus, dan Cerah Bersama Scarlett Whitening Body Care {Review}

Pakai Skincare Juga di Leher

Ada sih sekarang tuh krim khusus untuk leher dari brand lokal maupun luar negeri. Tapi jujur saya belum pernah coba sih, karena udah ngerasa works aja dengan kebiasaan yang saya lakukan, salah satunya juga mengoleskan skincare untuk wajah ke bagian leher. 

Jadi semua skincare dari pembersih sampai sunscreen (kecuali eye cream) pun saya pakaikan juga ke leher biar ternutrsi. Cara ini juga membantu merawat kulit leher bisa ikutan halus, cerah, dan nggak gampang kendur. Kebetulan juga saya udah pakai skincare yang anti-aging. Maklum udah di atas 25 tahun :) Jadi pas kan buat bantu memperlambat tanda-tanda penuaan termasuk di leher.  

Skincare yang saya pakai untuk anti-aging yaitu vitamin c dan retinol. Tapi nggak saya gabung ya. Biasanya vitamin c dipakai pagi hari dan ditutup dengan sunscreen ya. Malamnya baru pakai skincare retinol. 

Memakai Skincare Sambil Memijat Wajah dan Leher ke Arah Atas

Kalau kata para beauty expert baik dari dalam negeri seperti Affi Assegaf maupun yang dari luar negeri, bilang saat mengoleskan skincare baiknya kita juga sambil memijat halus (jangan terlalu ditekan) wajah kita ke arah atas biar membantu aliran darah berjalan lancar dan nggak cepat kendur. Kegiatan memijat ini juga saya lakukan untuk leher.

Mengaplikasikan Masker Wajah ke Leher

Kalau kamu beli masker wajah yang jenisnya wash off atau masker bilas, kebanyakan tata cara penggunannya disarankan dioleskan sampai ke leher juga. Nah, cara itu beneran saya ikuti lho. Apalagi kalau saya pakai masker yang punya efek untuk mencerahkan kulit. Saya nggak terlalu memperhatikan sih apakah kulit leher saya beneran ikutan jadi cerah juga. Tapi seenggaknya ngebantulah buat angkat sel kulit mati yang ada di leher. 

Makan Buah dan Sayur

Jujur ini saya nggak tahu sih beneran ngaruh apa nggak buat kulit leher. Tapi seperti yang udah kita tahu, di artikel mana pun yang bahas soal cara menjaga kesehatan kulit dan pakar pun juga bilang, kalau mau punya kulit sehat dan nggak cepet menua ya perlu makan banyak buah dan sayur. 

Saya bersyukur banget sih termasuk orang yang doyan sayur dan buah. Kalau buah cuma nggak suka salak aja, selebihnya suka. Kalau sayuran, semua saya suka kecuali pare. 

Sebenarnya nggak sulit ya menerapkan cara merawat leher. Soalnya sama saja kayak kita merawat kulit wajah. Cuma kadang kita suka lupa aja buat memperhatikan area ini. Jadi cuma mindset "yang penting udah disabunin, leher pasti udah bersih" hahaha. Padahal belum tentu. 

Kalau kamu mungkin ada treatment khusus buat merawat kulit leher, misalnya pakai bahan alami tertentu? atau mungkin ada yang pakai cream leher khusus? Coba yuk, share di kolom komentar ya. Semoga cara merawat kulit leher dari saya membantu ya!




You Might Also Like

33 comments

  1. Gw juga termasuk yang perawatan buat leher paling pas mandi disabunin aja.. Oia, selama ini gw pake masker lumpur yang dari Jafra buat kl lagi mau maskeran seminggu sekali.. kl menurut lo, aman & bagus ga, kl masker lumpur Jafra itu gw pake juga buat di leher ?..

    Btw, good post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you kak! Aku belum pernah pakai masker lumpur Jafra kak hehehe. Nah di kemasannya ada keterangan bisa dipakai sampai leher juga gak kak? Kalo ada berarti aman. kalo gak ada keterangannya, mending pakai di wajah aja kak hehe. ikut saran pemakaian yang ada di kemasannya aja hehe

      Delete
  2. Nah ini, bagian yang sering diabaikan. Bahkan ketika cuci muka, bagian leher juga sering terlewatkan. Ketika pakai sunscreen kadang bagian ini sering terabaikan juga. Yaa akhirnya jadi belang dengan muka.

    Kalau aku sudah terbiasa basuh bagian leher ketika cuci muka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus mas Rivai hehe. Jangan lupa digosok perlahan biar lebih bersih hehehe

      Delete
  3. Nice! Kalo mandi sih gak ketinggalan ya buat gosok leher di seluruh bagian hehe...

    ReplyDelete
  4. Fix lah abis ini, pulang, mandi, gosok leher. Biar gak belang kaya cabe-cabean Jagakarsa. Hehehehe. Thanks kak udah diingetin >.<

    ReplyDelete
  5. Nice Post Mba, Mulai besok saya akan gosok semuanya, yang pasti jangan sampai lecet aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul jangan sampai lecet. Gosoknya perlahan aja yaa. Karena kalau cuma sabunan biasa aja, daki yang ada di kulit biasanya kurang keangkat.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Hahahaha...leher sering diabaikan banget gak sihh...akupun cuma sabunin doang...tp kalau pas make skinker atau masker suka sampe leher meski agak risih...tp ya cma bagian depan doang...bagian belakang selalu diabaikan. Untungnya rambut aku panjang jadi masih aman sihh....dulu aja pernah temen cewe komen "ih leher kamu putih banget..." aku sampe heran...karena memang leher bagian belakang gak pernah diperhatiin...hehee..tp sekarang mau coba lebih care dehh...

    ReplyDelete
  8. Wah keren kak tipsnya, kadang suka abai sama kulit leher. Walaupun rutin bersihin juga sama kaya bagian tubuh yang lain. Cuma ga kepikiran pakai pakai skincare sambil pijit juga leher. Ini aku ke skip nih, jadi bisa sekalian sebenernya. Walaupun aku juga berhijab, tapi kan gada salahnya klo perawatan juga. Thank you kak ulasannya

    ReplyDelete
  9. Betul juga ya, leher termasuk yang suka ketinggalan waktu mandi... perlu lebih digosok biar makin sip

    ReplyDelete
  10. Bener banget kak, leher bagian yang sering terlupakan. Aku pun tim yang cuma gosok pas mandi aja, tapi kalau aku suka kasih skincare sisaan dari muka juga sih

    ReplyDelete
  11. Reminder banget ini buat bersihin leher pas lagi mandi dan memamaparkan skincare yang dipake buat wajah ke leher. Nice info banget, Kak! Semoga inget terus buat dipraktekin hihi

    ReplyDelete
  12. Wahh aku juga baru terfikir bagian ini nih, mungkin karena aku berhijab ya jadi suka merasa tidak terlihat haha. Tapj sebenarnya penting untuk dirawat

    ReplyDelete
  13. Fans Ria SW hadirrr.. I yellow u so much! Hahahaha
    Untuk cewek yang hobi berambut pendek atau cepol, perawatan leher juga perlu diperhatikan. Jangan sampe leher item, dakian dan berlemak. Yg ada malah sakit mata yg liat. Duh

    ReplyDelete
  14. Ups! Baru sadar saya, selain melewatkan face care, saya juga melewatkan neck care. Parah banget ya saya. Padahal saya sering terpapar matahari dan faktor usia juga. DarI beberapa saran, yang moderat buat saya ya makan buah dan sayur. Many thanks mbak Eka sudah mengingatkan untuk merawat area leher. Nice post!

    ReplyDelete
  15. Wah, aku malah gak pernah ketinggalan buat bersihin leher.
    Karena serem juga sih, pernah lihat ada orang yang mukanya bersih tapi lehernya kayak gak diurus gitu. Hehehe

    ReplyDelete
  16. ada yang bilang, kalau mau lihat usia asli seseorang lihat lehernya. muka bisa di tarik , oplas atau, atau botox atau apa gitu...tidak dengan leher...katanyaaa...jadi satu satunya cara merawat kondisi kulit leher adalah dengan skincare yang rutin, biar ga belang aja gitu warna kulit muka dan leher, makasi udah diingetin bebbb

    ReplyDelete
  17. Aku ga apake krim khusus buat leher Kak...Tapi hampir semua skincare yang kupakai di wajah aku aplikasikan ke leher juga
    Karena pengalaman teman, wajah doang ya terawat lehernya lupa
    Meski jadi agak boros tapi gapapa, toh lihatnya sepaket ya wajah sama leher masak kita anak tirikan sih ya

    ReplyDelete
  18. Wah, nice info kak..aku jadi dapet pengetahuan tentang merawat kulit leher. Jadi tahu kalau leher perlu dapet skin care juga, sama eksfoliasi atau luluran ya..mau nyoba dan lebih memperhatikan lagi jadinya..makasih untuk info bermanfaatnya ya kak����

    ReplyDelete
  19. aku punya pengalaman nih, temenku yang emang obesitas ternyata kulit lehernya menebal dan menghitam, pernah baca juga kelebihan lemak gitu jg bisa jadi penyebab kesehatan kulit leher ya. Aku sejauh ini paling pake in lotion sama moisturizer ke bagian leher juga sih.

    ReplyDelete
  20. Wuuuu, aku bantu tambahin. Aku suka banget ngescrub pake bali Ratih yang rasa Strawberry itu.

    Setiap hari minggu siang aku suka scrubbing sendirian. Alhasil mulus dari atas sampai bawah hahahaha

    ReplyDelete
  21. Clara terbiasa dengan mengutamakan perawatan wajah dan tubuh bagian tangan dan kaki saja. Suatu hari menemukan banyak bintik-bintik kutil kecil-kecil di daerah leher. Duh nyesel banget nggak dari awal seneng skincare-an itu, harusnya rawat leher juga. Tapi alhamdulillah, sekarang dah nggak ada lagi bintik-bintik kecil-kecil itu. Dokter menyarankan untuk sering-sering keringkan leher jika berkeringat. Karena itu yang menimbulkan adanya bintik-bintik kecil-kecil.
    Artikel bermanfat banget ngingetin pembaca untuk merawat leher juga, yang kadang terlewat dari perawatan kita. Nice post, kak.

    ReplyDelete
  22. Aku baru tahu kak kalo lagi pake skincare di area leher hrus dipijet2 gitu, karena biasanya langsung aku ratakan saja dari muka sampai leher

    ReplyDelete
  23. Duh, aku bahkan belum pernah perawatan leher. Kalau mandi juga leher bagaikan bagian yang cuma dibersihin sekilaas. Udah waktu nya dapat perhatian lebih kayaknya ya.

    ReplyDelete
  24. Aku setuju sih leher emang sering bangeet lupa buat di rawat, dulu aku pun gitu tapi sekarang mendingan kalau lagi skinkeran suka sekalian ke leher atau kalau pake sheetmask pasti di taro leher juga.

    ReplyDelete
  25. bnr bgt mbak, leher emang seringkali gak terkontrol ya, jangankan wanita yg rambutnya panjang, cowok juga terkadang gak memperhatikan kesehatan leher terutama bagian belakang tuh karna susah utk melihatnya langsung. Kira2 skincare buat cowok ada gak ya?

    ReplyDelete
  26. Kalo merawat leher paling aku pakai skincare muka aja di pakai sampai leher. Jadi boros sih tapi biar muka sama leher nggak beda. Haha. Exfoliasi nya juga aku cuma pake exfo toner aja.

    ReplyDelete
  27. Kalo aku lebih k nutrikosmetik jd bersih merata dibagian lekuk2 tubuh hihi. Tp nice share bisa ku inpo k temen2 yang punya masalah di bagian leher belakang

    ReplyDelete
  28. Aku juga sukaaa sama Ria SW Kak, hehe... Dia itu humble banget, lucu, nyenengin. Apalagi kalau udah bilang ngueng... Ngueng... Ngueeeng... Haha

    Btw, aku kalau pakai skincare juga pasti sampe leher, malah kalau micellar water leher yang paling kotor ketimbang wajah, jadi perlu pembersihan ekstra.

    ReplyDelete