[Review] COSRX Salicylic Acid Gentle Cleanser. Bisa Hilangkan Jerawat di Kulit Saya?



Di postingan kali ini saya mau share pengalaman memakai face wash dari Korea COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. Sebenarnya cleanser ini sudah ada lama di pasaran dan biasanya orang membandingkan dengan pembersih dari COSRX yang lainnya juga yaitu Low pH Good Morning Gel Cleanser

Nah, dari namanya saja kita udah tahu kalo pembersih wajah ini terbuat dari bahan salicylic acid. 
Maka dari itu, saya mau bahas dulu soal kandungan dari face wash ini. 

Komposisi

Water, Glycerin, Myristic Acid, Stearic Acid, Potassium Hydroxide, Lauric Acid, Butylene Glycol, Glycol Distearate, Polysorbate 80, Sodium Methyl Cocoyl Taurate, Salicylic Acid, Cocamidopropyl Betaine, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, Fragrance, Sodium Chloride, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Caprylyl Glycol, Ethylhexylglycerin, Salix Alba (Willow) Bark Water, Saccharomyces Ferment, Cryptomeria Japonica Leaf Extract, Nelumbo Nucifera Leaf Extract, Pinus Palustris Leaf Extract, Ulmus Davidiana Root Extract, Oenothera Biennis (Evening Primrose) Flower Extract, Pueraria Lobata Root Extract, 1,2-Hexanediol, Ethyl Hexanediol, Citric Acid, Disodium EDTA

Formula

Sebenarnya apa sih salicylic acid? Salicylic acid merupakan zat yang dipercaya bisa bantu hilangkan jerawat. Menurut video Youtube Funskincare (Claudia Christin) kandungan salicylic acid ini bisa kita temukan di produk-produk  over the counter dengan konsentrasinya 0,05%-5%. Tapi untuk produk-produk dari Korea Selatan biasanya cuma diperbolehkan sampai 0,5% saja. 

Salicylic acid yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan asam salisilat  ini bisa diambil dari daun winter atau willow bark atau dibuat secara sintetis. 

Fungsi dari salicylic acid adalah mengangkat sel kulit mati. Salicylic acid ini juga bisa larut dalam minyak (oil - soluble) sehingga bisa menembus ke kulit lebih dalam. Jadi bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat lebih maksimal.

Di dalam salicylic acid juga terdapat kandungan ukuran molekul yang cenderung lebih besar, sehingga membuatnya lembut ketika dioleskan ke kulit dan tidak memicu munculnya iritasi.

Kandungan ini bagus untuk mengatasi jerawat, karena salicylic acid memiliki peran sebagai anti bacterial yang mengontrol jerawat. Anti-inflamatory yang bisa meminimalisir iritasi atau kemerahan yang ada pada kulit.  Selain itu, bisa bantu mengontrol produksi minyak pada wajah. Makanya kebanyakan poduk yang mengandung salicylic acid cocok digunakan oleh orang yang memiliki kulit berminyak dan acne prone

Selain  ada kandungan si  salicylic acid, produk ini juga mengandung Glycerin yang bisa bantu bikin kulit jadi lembap dan halus. Myristic Acid di dalamnya juga mampu bekerja menyerap minyak dan kotoran berlebih pada wajah. 

Aroma & Tekstur

Dari segi aroma, terasa ada bau lemon yang lembut dan segar. Mungkin ini diperoleh dari kandungan Citrus Medica Limonum (Lemon) yang tertera di bagian akhir komposisinya ya. 

Terus untuk teksturnya, cleanser ini seperti krim tapi juga agak sedikit cair  dan berwarna putih. Ini juga tidak ada butiran scrubnya kok.

Cara Pemakaiannya 

Biasanya face wash ini saya gunakan sebagai second cleanser. Soalnya biasanya saya kalau membersihkan wajah pertama kali pasti pakai cleansing balm dulu untuk bantu membuat wajah lebih bersih. Setelah pakai cleansing balm, baru pakai COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser.

Cara makainya juga seperti pakai face wash pada umumnya. Tinggal dikeluarkan sedikit ke telapak tangan, beri sedikit  air untuk membuat busanya. Kemudian diusap secara lembut  ke kulit wajah dan leher secara merata dan jangan sampai terkena area mata. Terus bilas pakai air hangat (anjuran dari kemasannya begitu). Tapi saya biasanya pakai air dengan suhu ruang biasa saja. 


Oh ya, produk COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser ini dipakai sedikit saja bisa menghasilkan busa yang lumayan banyak dan merata lho.

Notes: Mungkin kebanyakan orang kalau cuci muka itu menjadi hal yang pertama dilakukan sebelum mandi apalagi keramas. Tapi tahu enggak, sebenarnya membersihkan wajah itu baiknya dilakukan di step terakhir setelah kita mandi, apalagi setelah keramas, lho.

Jadi gini, kalau kamu berencana mau keramas, pake kondisioner, atau masker rambut, baiknya lakukan itu dulu semua. Setelah sudah selesai mandi, baru deh cuci muka pakai face wash. Soalnya, kalau kita membersihkan wajah sebelum keramas dan lain-lainnya itu, malah buat sisa-sisa dari sampo, kondisioner, atau masker rambut masih suka nempel di wajah.  

Ya jadinya wajah kita kayak kotor lagi aja gitu. Terus kalau misalnya nih kita lagi enggak ada rencana buat keramas, baiknya tetap lakukan pembersihan wajah setelah mandi ya. Karena sebenarnya pemakaian skincare yang benar itu saat kondisi wajah masih setengah basah. Jadi belum benar-benar kering. 

Makanya kalau saya sih sebelum pakai baju dan kondisi wajah setengah kering, langsung deh pake skincare. Biar bisa optimal kerja skincare selanjutnya.

Klaim

Di kemasannya tertulis diformulasikan dengan bahan botani dan 0,5% Salicylic Acid. Pembersih ini dengan lembut bisa menghilangkan kotoran dan sebum berlebih.

Hasilnya di Kulit Saya 

COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser. cukup gentle saat bersentuhan dengan kulit. Membersihkannya juga mudah sekali dan tidak bikin kulit jadi keset. Setelah memakai produk ini lebih dari dua bulan, enggak ada rasa kering atau ketarik gitu di kulit saya sehabis mencuci muka. Kulit juga jadi halus setelahnya dan minyak di daerah t-zone saya hilang.

Enggak ada rasa gatal, kemerahan, atau cekat-cekit juga. Overall aman enggak meninggalkan reaksi aneh apa pun. Kalau misalnya ada jerawat baru juga sebenarnya bisa bantu mengempeskannya. Hanya saja tidak menghilangkannya ya. 

Kemasan 

Dari sisi kemasannya COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser terbuat dari plastik yang memiliki simbol segitiga PP 5 (Polypropylene) yang ada di belakang kemasannya. Ini artinya jenis plastik yang satu ini cenderung aman, lebih kuat, tahan panas, minyak, dan bahan kimia, dan ringan serta memiliki daya tembus uap yang rendah. 

Lalu bentuknya  tube putih ada kotak warna merah di depannya yang bertuliskan nama produk. Sementara dari tutupnya yang berwarna hitam juga rapat banget. Jadi enggak perlu takut tumpah.  Untuk mengeluarkan isinya juga gampang. Tinggal pencet sedikit udah langsung keluar isinya dan enggak mudah beleber. 


Dengan berat sebanyak 150ml bisa lho dipake sampai tiga bulan. Soalnya saya sudah pakai dua bulan saja masih lumayan banyak. Ada juga kemasan travel size-nya dengan berat 20ml. Lumayan tuh kalau misalnya kita berpergian bisa bawa itu saja. 

Harga dan Beli Dimana

Saya beli COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser di Sociolla   dengan harga Rp.149.000. Tapi kamu juga bisa kok beli produk ini di e-commerce lainnya dan mungkin harganya berbeda ya. Saya bilang sih harganya cukup terjangkau ya. Toh juga bisa dipakai sampai tiga bulan kan.

Apakah Akan Beli Lagi?

Sebenarnya hasilnya di kulit saya biasa saja. Enggak menimbulkan jerawat baru tapi juga enggak 100% menghilangkan jerawat juga. Saya paham, kalau mau menghilangkan jerawat kita nggak bisa cuma bergantung sama satu faktor saja, misalnya mengandalkan face wash saja.

Karena ada banyak banget alasan atau penyebab kenapa bisa timbul jerawat atau si jerawat kenapa tidak kunjung hilang. Makanya perlu didukung dengan kebiasaan lain seperti menjaga kebersihan kulit wajah, jangan sering-sering sentuh wajah, jangan pakai makeup yang berlebihan, batasi konsumsi makanan berlemak, pakai sikincare secara rutin dan sesuai jenis serta kondisi kulit, tidur cukup, dan jangan stres.

Jadi jangan buru-buru cepat menyalahkan si produknya. Coba ingat-ingat lagi, apakah kebiasaan-kebiasaan di atas sudah kamu lakukan atau belum. Kalau kasus jerawat di saya, lebih ke kurang tidur dan stres kerjaan hehehe. 

Balik lagi ke pertanyaan di sub judul di atas, apakah saya akan beli lagi produk COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser ini? Mungkin saya bakal beli lagi produk ini. Tapi saya juga penasaran mau coba   'saudara'nya yang Cosrx Low pH Good Morning Gel Cleanser.

Mungkin ada dari kamu yang udah cobain juga produk COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser  atau mungkin COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser, share di kolom komentar ya. 



You Might Also Like

35 comments

  1. Aku jarang jerawatan. Mungkin nanti bakal rekomendasiin ini ke yang lain. Btw, aku nyuci muka juga di bagian akhir pas mandi sih. Ternyata betul gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang sebaiknya di bagian akhir untuk cuci muka

      Hapus
  2. enakan cleansing balm atau milk sih mbak? aku belum pernah nyobain cleansing balm, eh maaf malahg oot padahal lagi bahas face wash ya. Bener banget mbak kalau soal jerawat gak bisa disalahkan dari 1 produk aja ya trus pemakaian produk lain juga saling menunjang. intinya sih kalau aku rutin pakainya kalau mau maksimal hasilnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya lebih prefer yang cleansing balm karena gak bikin wajah jadi keset Mba hehehe

      Hapus
  3. Saya belum pernah mencoba keduanya, Mbak. Saya jarang jerawatan juga. Ini produk khusus kulir berjerawat aja, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau COSRX Salicylic Acid Gentle Cleanser iya mba untuk kulit berjerawat dan berminyak

      Hapus
  4. Aku pake COSRX cleanser ini jg Mba. Baru nyobain pake, alhamdulillah belum ada masalah dengan wajah :)

    BalasHapus
  5. namanya unik ya..ujungnya komsonan semua. selain cleanser ada krim2nya juga gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo untuk produk krimnya saya kurang tahu Mba. Ini produk COSRX yang pertama kali saya coba

      Hapus
  6. Wah jadi selama ini kebiasaan saya cuci muka di awal mandi itu salah ya...hehe.. Trims mba, jadai ada wawasan baru nih..

    BalasHapus
  7. Mpo setuju dengan pendapat mba. Bukan hanya faktor cuci muka jerawat akan hilang akan tetapi pola makan dan kebiasaan perlu diperhatikan.paling tidak pakai COSRX Salicylic Acid Daily Gentle Cleanser bisa mengurangi minyak ataupun numpuk makeup akibat malas membersihkan sehingga wajah tidak timbul jerawat

    BalasHapus
  8. Iyes mbaa
    Saya pun cuci mukany setelah semua step2 mandi dilakukan
    Alasanny lebih ke biar seger aja drpd dilakukan pas awal mandi efek sabunny smacam cepet hilang hehehe
    Btw, baca ulasan produk ini seketika ingat sodara yg jerawatan
    Mungkin produk ini cocok buat dia

    BalasHapus
  9. Lagi jerawat banget nih mbak wajah aku, sekarang sudah mulai lagi treatment dan aku senang dengan produk seperti cosrx salicylic ini mbak lembut di wajah.

    BalasHapus
  10. Penasaran ingin nyoba untuk wajah anak remaja yang sedang berjerawat. Mudah-mudahan bakal cocok juga dengan produk Cosrx Salicyclic acid gentle cleanser ini. Meredakan jerawat tapi wajah ga keringkan ya.

    BalasHapus
  11. Rata-rata pakai cosrx pada cocok ya jadi pengen pakai juga.

    BalasHapus
  12. Aku belum kesampaian pake cosxr ini. Pengen nyoba serumnya juga nih

    BalasHapus
  13. Aku pernah pakai dari brand ini tapi untuk produk yang beda mba. Oke jugaa

    BalasHapus
  14. Iya,
    Aku juga facial wash selalu yang pertama. Pantes jadi kering kulitnya yaa, kak...?
    Sebaiknya pakai cleansing balm dulu.

    BalasHapus
  15. Aku mau pake juga ah
    Siapa tahu bisa beli lagi kalau memanv cocok di kulit

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah aku tidak pernah memiliki masalah jerawat Mbak. Sesekali aja muncul jerawat kecil tapi cepat sekali hilang. Memang mengganggu sih, ngilu-ngilu gimana gitu rasanya

    Dan ahya untuk mandi aku selalu bersihin mukanya pada bagian akhir. Dan ternyata sebaiknya seperti itu, hehe. Tapi memang beda aja rasanya kalau mandi bersihin muka dulu. Seperti ada yang janggal

    BalasHapus
  17. Noted Mbak, berarti produk ini cocok ya untuk kulit yang berjerawat

    Terima kasih tips nya. Selama ini saya juga membersihkan muka dulu baru mandi. Nanti akan saya balik ah

    BalasHapus
  18. Jerawat juga demen banget nih mba timbuk tenggelan di muka ku. Kandungan Salicylic Acid ini juga yang menjadi patokan aku setiap kali mau membeli produk face wash. Penasaran pengen coba produk nya euy ;)

    BalasHapus
  19. Walah selama ini aku cuci muka malah sebelum mandi. Ternyata kurang tepat ya rupanya.

    Aku kalau dengar kata salicylic yang keinget pertama malah bedak salicyl yang biasa dipakai untuk ruam atau gatal di kulit. Duuh maafin.

    BalasHapus
  20. Terimakasih sharing nya, rekomendasi nih buat wajah biar tidak jerawatan ya.

    BalasHapus
  21. Cocok buat keponakan ku yang jerawatnya alaihim nih
    Apalagi selama pandemi, mentang mentang di rumah dia malas cuci muka

    BalasHapus
  22. Wah aku baru tau nih kak, aku biasanya cuci muka sambil keramas hehe. Tapi emang ada benernya juga yah, kalo baiknya cuci muka itu diakhir aja biar bener-bener bersih ehehe

    BalasHapus
  23. wah aku baru tau produk ini.. tapikayanya bisa aku rekomendasikan untuk adekku yang lagi jerawatan nih

    BalasHapus
  24. Saya baru tahu Mba tips mencuci wajah itu harus di step terakhir.
    Dan produk ini sangat rekomen ada di rumah buat persediaan sepertinya udah banyak di toko manapun ya Mba?

    BalasHapus
  25. Salah nih ternyata saya. Selama ini biasanya ga apa ga mandi duku yg penting cuci muka alias berwudhu. Soalnya bagi saya, utamakan cuci muka alias berwudhu, setiap kali sesering mungkin supaya keadaan diri tidak sedang batal maksimal

    BalasHapus
  26. Waaa aku biasanya cuci muka dulu trus mandi. Makasih tipsnya mbak. btw ini glycerinnya halal?

    BalasHapus
  27. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus