Mengembangkan UMKM dengan Teknologi AI Credit Scoring Amartha




Sejak tahun 2022, dunia heboh dengan kehadiran Artificial Intelligence yang dikabarkan banyak menyaingi kemampuan kognitif manusia, bahkan bisa menggantikan pekerjaan manusia. Kamu setuju dengan hal ini? 


AI sendiri adalah teknologi berbasis komputer yang dirancang khusus untuk membantu memecahkan masalah di berbagai sektor, salah satunya di bidang marketing untuk UMKM. 


Cara Kerja Artificial Intelligence Marketing (AIM)

Operasionalnya sangat memanfaatkan algoritma dari data raksasa (big data) pelanggan yang diolah dan nantinya bisa menghasilkan informasi kondisi pasar. AIM bisa membuat  biaya operasional jadi lebih efisien.


Manfaat Artificial Intelligence Marketing (AIM) untuk UMKM


  1. AI mempermudah pemasaran dalam berbagai hal seperti mendesain gambar jualan agar lebih eye catching, menulis caption atau deskripsi produk yang jauh lebih persuasif dan menarik. 

  2. AI juga bisa membantu UMKM mendongkrak berbagai hal seperti efisiensi bisnis, pemasaran yang berujung pada meningkatnya pendapatan.serta profit..

  3. Menggunakan AI juga bisa mendeteksi feedback terhadap produk maupun layanan seperti komplain atau  komentar lainnya sehingga para UMKM bisa segera melakukan perbaikan terhadap kualitas produk atau layanan yang selama ini diberikan ke customer.

  4. Aneka jawaban kalimat ringkas hingga komprehensif bisa AI siapkan jawabannya beserta spesifikasi teknis yang berasal dari sebuah produk. 

  5. Menurut riset McKinsey dengan memanfaatkan Generative AI tools bisa mendongkrak produktivitas suatu divisi yang ada di perusahaan setidaknya 35-55%." 


  1. Teknologi AI juga mempermudah pelaku bisnis saat ingin menentukan sebuah keputusan bisnis dan merencanakan strategi bisnis yang jauh lebih baik.

  2. Mempermudah melakukan pengawasan perilaku pengusaha UMKM di sektor keuangan agar pendataan dan informasi berjalan optimal, misalnya menggunakan teknologi AI Credit Scoring.


Dengan banyaknya manfaat AI untuk UMKM maka akan bisa menghemat waktu, tenaga, dan sumber daya bisa gunakan untuk berbagai aktivitas lain yang lebih strategis. 



Apa itu Teknologi AI Credit Scoring?




Kali ini saya mencoba untuk memfokuskan untuk membahas salah satu manfaat AI untuk UMKM yaitu Credit scoring. Ini adalah penilaian terhadap peminjam dengan menggunakan metode tertentu apakah mereka bisa atau tidak mendapatkan pinjaman sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh yang memiliki modal.Seringnya yang menerapkan ini adalah perbankan. 


Credit scoring terdiri dari data-data peminjam dan bagaimana riwayat pembayaran kredit yang dilakukan peminjam pada sebuah bank. 


Tentu dengan adanya Credit Scoring bisa membantu memudahkan pihak yang memiliki dana untuk memastikan jika pihak yang menerima dana dari mereka bisa bertanggung jawab dan memang layak diberikan kucuran dana.


Ascore.ai dari Amartha 

Amartha sebagai startup fintech adalah platform teknologi keuangan mikro yang dibentuk untuk menciptakan kesejahteraan melalui keuangan digital bagi ekonomi akar rumput.

Kini Amartha berinovasi dengan menciptakan Ascore.ai yaitu layanan credit scoring yang menggunakan teknologi machine learning dan artificial intelligence untuk membantu menilai profil risiko dengan lebih akurat dan holistik. 

Dengan Ascore.ai bisa menghasilkan keputusan-keputusan yang berpengaruh pada bisnis, output nilai risiko, berapa besar penghitungan bunga pinjaman, dan cara pengolahan data. Harapannya bisa semakin banyak bisnis yang memahami pangsa pasarnya, memperluas jangkauan pasar, terutama sektor ekonomi informal, dan pengambilan keputusan yang lebih win-win solution. 

Apa saja layanan yang tersedia di Ascore.ai? Beberapa di antaranya  agrikultur, advance credit analysis, koperasi,credit underwriting, pengecekan kredit nasabah, dan verifikasi risiko. Bagi per orangan dapat menggunakan Ascore.ai untuk menghitung berapa kemungkinan profil risiko dan melakukan simulasi skor kredit, sebelum mengajukan pinjaman ke pemilik modal atau lembaga keuangan.

Nantinya, siapapun yang menggunakan situs Ascore.ai akan mengenal profilnya dan skor kredit sebelum mengajukan pinjaman ke berbagai lembaga keuangan formal.

Untuk mengembangkan Ascore.ai, Amartha memanfaatkan lebih dari satu juta database mitra pengusaha ultra mikro untuk membantu mengukur risiko sebelum menyalurkan pinjaman ke orang-orang yang tidak terlayani.

Siapa saja pihak yang bisa menggunakan Ascore.ai? Ada banyak! Beberapa di antaranya marketplace, BPR dan BPD, fintech, dan lembaga pembiayaan dapat memanfaatkan teknologi Ascore.ai.

Ascore.ai sudah diregulasi OJK sehingga bisa lebih aman. Dengan adanya Ascore.ai bisa membantu menjangkau segmen pasar yang jauh lebih luas, dan bukan hanya diikuti oleh institusi saja tetapi juga UMKM yang dimiliki oleh individu yang memerlukan pinjaman keuangan.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba.Ascore.ai?


You Might Also Like

0 comments