Review Control Zero Illipe Shampoo Bar




Ada yang udah nyobain Control Zero Illipe Shampoo Bar belum? Nah, gue udah sebulanan nih nyobain produk shampo bar dari Control Zero. Gue bakal share pengalaman mencoba shampo ini, ya. 

Kalau gue nggak nerapin zero waste, kayaknya nggak bakal tahu deh kalau shampo ada yang bentuknya bar. Iya, jadi shampo bentuknya kayak sabun batang. Awalnya pas mau nyobain tuh gue sempet mikir kira-kira bakal sebersih dan sewangi kayak shampo cair biasa nggak ya? 


Kenalan dengan Control Zero

Brand asal Depok ini resmi dilaunching pada April 2021. Dalam produksinya menggunakan bahan vegan dan kemasan ramah lingkungan. Produk yang coba dihadirkan ada banyak, selain shampoo bar, mereka juga ada sabun batang alami dan skincare. Coba deh kulik-kulik instagram mereka di controlzero_id buat tahu lengkapnya yaaa. 

Manfaat Beralih ke Shampoo Batang Alami bagi Lingkungan

Mungkin buat kamu yang belum beralih ke produk shampoo batang bakal bertanya-tanya, kenapa sih pake produk ini? Kira-kira ada beberapa alasan nih 
  • Biasanya sabun maupun shampo berbentuk batang tidak memerlukan banyak air dalam pembuatannya, sehingga bisa menghemat penggunaan air hingga 30%.
  • Berbeda dengan shampo cair, shampo batang biasanya penggunaannya lebih awet atau tidak cepat habis.  
  • Terbuat dari ingredients yang ramah lingkungan.
  • Mengurangi limbah botol yang terbuat dari plastik. 

Packaging Control Zero Illipe Shampoo Bar 

Seperti yang ada di foto, kemasan terbuat dari kertas cokelat yang bisa dikompos atau dikirim ke bank sampah. Untuk pelindung Control Zero Illipe Shampoo Bar juga ada potongan kertas dan kardus yang bisa dikompos juga. Jadi nggak ada plastik sama sekali. Buat gue yang lagi mencoba membeli produk non plastik, gue sih luv banget sama packagingnya. 

Tinggal nanti gue kletek aja stikernya, terus kertasnya bisa deh didaur ulang di bank sampah langganan gue. 

Ingredients Shampo Batang Control Zero Illipe Shampoo Bar 

Terbuat dari bahan utama Illipe butter, lavender, keratin, panthenol, minyak habbatusauda, dan peppermint. 






Sodium cocoyl isethionate, cocamidopropyl betaine, cetyl alcohol, glyceryl stearate se, stearic acid, Illipe butter, Panthenol, isoamyl laurate, Nigella Sativa seed oil, hydrolyzed keratin, Lavandula angustifolia oil, glyceryl caprylate, glyceryl undecylenate, cyamopsis tetragonoloba gum, Peppermint (mentha piperita) oil, Pelargonium graveolens oil, sodium benzoate, potassium sorbate, lactic acid, sodium gluconate, CI77288


Benefit dari Control Zero Illipe Shampoo Bar 



Ada beberapa manfaat dari Control Zero Illipe Shampoo Bar yang memiliki berat 50 gram ini.

  1. Membersihkan kulit kepala dan rambut.
  2. Mengurangi lepek pada rambut.
  3. Bikin rambut jadi lebih halus.
  4. Mengatasi dan menghindari rambut rontok. 
  5. Tidak mengurangi kelembaban alami kulit kepala dan rambut.
  6. Kemasannya yang compostable dan mudah didaur ulang 
  7. Sudah mendapatkan izin edar dari BPOM dan halal Certified

Cara Menggunakan dan Menyimpan Control Zero Illipe Shampoo Bar 

Sebenarnya cara menggunakannya sama aja kayak shampoo cair alias nggak ribet. Yang membedakan cuma dicara penyimpanannya aja nanti. 
  • Pastikan rambut sudah basah secara menyeluruh.
  • Basahi shampoo bar untuk membantu menghasilkan busa pada tangan.
  • Ratakan secara perlahan ke seluruh area kulit kepala dan bisa juga berikan pijatan ringan.
  • Kemudian bilas hingga bersih.
Saran gue, kalau suka dengan busa yang agak banyak, keramas pake jaring atau net shampoonya ya. Soalnya ngebantu banget buat menghasilkan busa. 





Cara Simpan Control Zero Illipe Shampoo Bar 




  • Setelah digunakan shampoo bar harus dibilas dengan air.
  • Setelah itu, jangan lupa untuk simpan shampoo pada alas berongga, untuk mencegah munculnya genangan air yang membuat shampoo menjadi  lebih cepat lunak. 

Pengalaman Menggunakan Shampo Batang Control Zero 

Surprisingly ternyata busa yang dihasilkan juga lumayan banyak kok kalau terus digosok ya. Untuk aromanya lebih ke mint ya. 

Setelah rambut kering, rambut terasa lebih halus. Untuk rontoknya ada progres berkurangnya. Cuma perlu dicatat nih, meskipun kita menggunakan produk yang punya manfaat untuk mengurangi kerontokan rambut, tetap harus didukung dengan kebiasaan merawat rambut yang benar ya. 

Misalnya, gue pake hijab kan. Jadi, gue selalu biasakan untuk memastikan rambut udah kering sebelum pakai hijab. Jangan pernah kalo rambut masih basah terus langsung pakai hijab ya, soalnya itu bikin rambut jadi rontok. 

Terus rajin sisiran setelah mandi, sebelum pakai hijab, dan mau tidur malam. Jangan juga mengikat rambut terlalu kencang ya. 

Jadi, kita jangan hanya mengandalkan produk saja untuk mengatasi masalah rambut. Tapi harus didukung sama kebiasaan merawat rambut juga. Karena percuma kalau pake produk rambut yang mahal sekalipun, tapi kebiasaan merawat rambut masih salah ya sama aja bohong. hehe. 

Program Pengembalian Botol Kosong dan Donasi Sampah

Menariknya, di Control Zero mereka juga menyediakan program pengembalian botol kosong, kertas, dan banyak packaging atau sampah kemasan lainnya. Cara setornya juga gampang, tinggal kumpulin dan bersihkan kemasan anorganik yang mau didaur ulang, lalu kirim DM ke mereka buat dikirim alamat lengkap setornya. 

Bukan cuma itu, mereka juga bekerjasama dengan Lindungi Hutan untuk menanam pohon, lho. 

Harga dan Beli di Mana? 

Berapa sih harga Control Zero Illipe Shampoo Bar? Harganya Rp98.000 dan bisa dipake 2-3 bulan ya. Nah, di waktu-waktu tertentu mereka juga suka kasih diskon. Sering-sering aja ya cek di e-commerce berapa harganya. Lumayan kalau lagi diskon hehe. Kamu bisa beli Control Zero Illipe Shampoo Bar di Shopee dan Tokopedia.

You Might Also Like

0 comments