Indonesia Millennial and Gen-Z Summit IDN Media Balik Lagi


Indonesia-Millennial-and-Gen-Z-Summit


Sekarang ini kita kayaknya sering ya mendengar atau membaca istilah tentang bonus demografi untuk negara kita. Sebenarnya apa sih arti dua kata itu? 

Bonus demografi adalah kondisi di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak daripada usia non produktif. Hal ini menandakan jika masyarakat Indonesia nantinya bakal didominasi oleh orang yang berusia produktif yaitu usia 15-64 tahun. Nah, untuk Indonesia sendiri di tahun 2030-2040 bonus demografi tersebut bakal terjadi. 

Itu artinya ditahun-tahun tersebut akan ada lebih banyak gen milennial dan gen Z daripada generasi-generasi lain. 

Mengutip data dari situs katadata.co.id, hasil Sensus Penduduk Indonesia di tahun 2020 menunjukkan jika penduduk di tanah air lebih banyak yang lahir pada 1981-1996 alias generasi milenial. Jumlahnya juga nggak main-main yaitu 69.38 juta atau 25,87%. Sedangkan untuk generasi z yang lahir tahun 1997-2012 jumlahnya lebih banyak lagi yakni 74,93 juta atau 27,94% dari total penduduk Indonesia. 

Kalau dipikir-pikir bagus ya, banyak anak muda Indonesia yang bisa membantu membangun atau berkontribusi untuk negara ini. Tapi ada banyak PR juga nih, di mana harus ada pemerataan pendidikan dan lapangan kerja yang seimbang. Gunanya agar generasi milenial dan generasi z tidak menjadi beban negara. 

Berbicara soal pendidikan atau mencari ilmu tentu nggak melulu harus dari institusi pendidikan. Sekarang banyak bentuk pembelajaran yang bermunculan seperti kursus online, workshop, seminar, diskusi panel dll. Kita bisa memilih sesuai dengan yang kita inginkan dan kapasitas kita. 

Mendapatkan Ilmu dari Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 

Siapa nih yang sudah kangen dengan acara tahunan dari IDN Media Indonesia Millennial Summit? Nah, di tahun 2022 ini IDN Media kembali menggelar acara serupa hanya saja mereka memperluas audience untuk acara ini. 

Jadi, acara Millennial Summit yang biasanya hanya diperuntukkan bagi generasi milenial saja, sekarang IDN Media juga mengajak Gen Z pada acara ini. Alasannya, Gen-Z juga menjadi salah satu kelompok demografi terbesar yang ada di Indonesia dan memiliki banyak potensi untuk berkreasi, berkembang, dan berkontribusi bagi tanah air.


IMGS-2022


Acara tersebut bernama Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022 dan akan diselenggarakan secara offline pada 29-30 September 2022 di  The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta. Tema yang diangkat di tahun ini yaitu ‘Indonesia Fast Forward’.

Tujuan dari IMGS 2022 yaitu menjadikan kegiatan ini platform bagi generasi milenial dan generasi z untuk bisa saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif untuk Indonesia. 

IMGS juga sebagai bentuk komitmen dari IDN Media untuk membentuk masa depan Indonesia dengan mempertemukan para pemimpin dari seluruh penjuru nusantara dan lintas disiplin ilmu dengan anak muda Indonesia, agar anak muda ini bisa mengambil ilmu dan inspirasi.

Winston Utomo - CEO IDN Media mengatakan “Di setiap perjalanan pergerakan dan perjuangan bangsa Indonesia, generasi muda selalu berperan di setiap peristiwa penting yang terjadi. IDN Media memiliki keyakinan jika generasi muda menjadi garda terdepan atau tulang punggung dan cerminan suatu bangsa. Melalui acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS), kami ingin memeratakan akses informasi dan mengangkat berbagai isu yang dapat menginspirasi generasi muda dengan pemikiran dan tindakan nyata yang positif. One step at a time, for a better Indonesia.” 


 Ada Apa Saja di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022?

Indonesia-Millennial-and-Gen-Z-Summit-2022

Beragam sesi panel yang diisi oleh lebih dari 50 pembicara inspiratif  akan ada di sesi ini. Terdapat tiga panggung yang disediakan yaitu Talent Trifecta, Visionary Leaders, dan Future is Female. Tak lupa, akan ada juga pertunjukan hiburan di Entertainment Stage yang disediakan untuk para pengunjung.

  • Visionary Leaders - akan diisi oleh para pemimpin dari sektor publik dan privat. Di sini topik yang akan dibahas yaitu isu politik, sosial, dan ekonomi di Indonesia. 
  • Future Is Female  - panggung yang dipersembahkan dari Popbela.com. Di panggung ini akan ada sharing session dari beberapa tokoh perempuan Indonesia yang inspiratif. Mereka akan membagikan pengalaman dan pemahaman tentang pentingnya peranan dan kepemimpinan perempuan saat ini. Narasumber juga akan membagikan kisah mereka tentang apa saja kontribusi yang sudah mereka berikan di bidang masing-masing untuk Indonesia.
  • Talent Trifecta - di panggung ini akan ada sejumlah public figure atau seniman dan anak muda yang telah sukses di berbagai bidang untuk sharing dan berdiskusi mengenai isu-isu terkini dan apa saja kontribusi yang sudah mereka lakukan untuk Indonesia.

Berbagai narasumber yang didatangkan berasal dari berbagai latar belakang, yaitu Akademisi, Artis, Atlet, Pemimpin Media, Pejabat Pemerintah, Pemimpin Agama, Pemimpin Bisnis, Pemimpin LSM, dan Pengusaha. 

Gimana sudah penasaran ingin datang dan mengambil banyak ilmu di Indonesia Millennial and Gen-Z Summit 2022? 

Aku juga sangat penasaran nih sama pembicara yang bakal dihadirkan. Kalau dari acara IMS sebelumnya sih, keren-keren semua ya!

Untuk terus update dengan penyelenggaraan IMGS 2022, kamu bisa cek informasinya di akun Instagram @Indonesia.Summit, ya! 

Baca juga: Fimela Fest 2019, Ajak Wanita untuk Mencintai Dirinya dan Grow Fearless

You Might Also Like

0 comments