Serba-Serbi Basic Perawatan Wajah yang Wajib Kamu Lakukan di Rumah Setiap Hari



Kita sudah hampir delapan bulan melakukan kegiatan di rumah aja, karena himbauan untuk menjaga jarak agar nggak terkena virus corona. 

Secara nggak langsung kebijakan untuk tinggal di rumah bikin hampir semua orang merasakan perubahan bukan hanya di psikis tapi juga penampilan fisiknya. 

Contoh, saya nih. Semenjak di rumah aja, saya ngerasa kulit wajah kok jadi kusam, kelihatan lelah, dan sekarang lebih gampang berjerawat.

Ternyata saat dicari tahu, efek sering begadang karena keseruan mengikuti drakor, lupa reapply sunscreen disiang hari, dan memakai skincare yang tidak telaten, karena saya pikir, 'toh cuma di rumah, enggak perlu pakai skincare'. Ternyata saya salah! 

Meski di rumah aja, kita tetap perlu pakai skincare lho. Ya, karena kulit perlu dirawat juga. Selain itu, meski di rumah aja, wajah kita juga pasti bakalan kotor. Kotorannya bisa muncul dari mana aja, misalnya sprei di tempat tidur, handuk yang kita pakai, menyentuh wajah dengan tangan, atau jalan ke luar sebentar, dan lain-lain. 

Sebenarnya kita bisa kok tetap merawat kulit wajah tanpa harus menggunakan banyak produk. Bahkan terkadang step skincare yang berlayer-layer membuat kita jadi malas memakainya. Alhasil sering bolong-bolong pakainya. Duh! 

Dalam perawatan wajah yang paling penting adalah kembali ke basic. Langkah-langkah yang perlu dilakukan juga sederhana banget. Esensial perawatan wajah yang paling penting adalah membersihkan, melembapkan, dan melindungi. Enggak percaya? Coba deh simak informasi di bawah ini sampai habis ya. 

Membersihkan Wajah dengan Maksimal


Pada poin ini ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan. 

1. Membersihkan Wajah Setiap Hari Secara Rutin

Membersihkan wajah wajib dua kali sehari, pagi dan malam. Bila diperlukan bisa dilakukan maksimal  tiga kali sehari, yakni mencuci wajah saat siang hari atau selesai beraktivitas yang menghasilkan banyak keringat, misalnya setelah melakukan olahraga.

2. Double Cleansing di Malam Hari

"Repot amat sih membersihkan wajah aja harus dua kali segala buat malam hari? Emang nggak bisa cukup sekali aja? kan capek tahu, maunya yang ringkas aja".  Eits, jangan keburu ngambek dulu Sis. Ada alasan lho kenapa kita perlu melakukan minimal dua kali pembersihan wajah atau double cleansing. 

Sebelumnya perlu dipahami dulu nih, double cleansing diartikan sebagai proses membersihkan wajah dilakukan dengan dua tahap, pertama  menggunakan cleansing oil, atau cleansing balm, atau micellar water (pilih salah satu). Lalu menggunakan pembersih wajah yang lembut seperti facial wash atau sabun muka. 

Terus kenapa double cleansing itu penting banget? karena debu, makeup, polusi yang menempel di wajah terkadang sulit dibersihkan dengan menggunakan satu produk pembersih aja. Makanya, perlu dibersihkan dua kali dengan produk yang berbeda agar bisa membersihkan secara menyeluruh. Double cleansing selain membuat wajah jadi lebih bersih, juga membuat kulit lebih halus dan kenyal, dan  pemakaian skincare lainnya bisa bekerja optimal

3. Membersihkan Wajah dengan Benar

Sekilas membersihkan wajah itu gampang ya. Padahal dalam membersihkan wajah tidak boleh asal dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar wajah benar-benar bersih. 



Memilih produk sabun wajah juga pastikan yang lembut dan tidak membuat kulit wajah jadi terasa kering, kesat, dan tertarik. Justru sabun muka yang bagus harus membuat wajah terasa kenyal dan lembap setelah dibersihkan.

Salah satu rekomendasi sabun wajah yang bisa dipilih adalah SEBU Moist Glow yang bisa bantu melembapkan, membuat kulit jadi lebih kencang, memudarkan bekas jerawat, flek hitam, dan luka, membantu membuat kulit jadi lebih cerah karena bisa mengangkat sel kulit mati, mengatasi gatal, dan iritasi kulit, meminimalisir munculnya garis halus dan keriput, meremajakan, dan menyegarkan kulit.

SEBU Moist Glow cocok digunakan untuk kamu yang ingin memiliki kulit glowing alami, kulit kencang, lembap, kenyal, lembut, mulus, bebas noda, dan kulit putih sehat bercahaya.

Sumber: https://sabunsebu.com/sabun-sebu-moist-glow/

Sumber: https://sabunsebu.com/sabun-sebu-moist-glow/


Apa aja sih kandungan yang ada dalam SEBU Moist Glow? Di dalamnya ada 5 bahan aktif dan 3 minyak alami SEBU Moist Glow. Bahan-bahan tersebut, yakni:

Ekstrak Lemon. Terdapat vitamin C yang hilangkan sel kulit mati, anti-bakteri, & cegah jerawat

Glutathione yang terdiri 3 asam amino untuk tangkal radikal bebas, putihkan kulit, & tingkatkan elastisitas kulit 

Hidrolized Collagen. Bantu kulit jadi kencang, kurangi kerutan, & kulit lebih lembap 

Spirulina. Terdapat antioksidan agar mempercepat regenerasi sel & sebagai anti aging

Madu. Kandungan antioksidan tangkal radikal bebas & memberi efek rileks di kulit 

Minyak Sawit karena ada kandungan tokotrienol yang lindungi kulit dari matahari

Minyak Zaitun bisa melembapkan kulit karena kandungan vitamin E dan antioksidan 

Minyak VCO yang merupakan minyak kelapa asli untuk dorong pertumbuhan kolagen baru & bantu hilangkan bekas luka

Ada banyak sekali kan manfaat sabun Sebu Moist Glow. Bukan cuma itu, Sebu juga punya sabun antiseptik yang berguna memberikan perlindungan dari paparan bakteri, jamur, dan  virus. Di dalamnya ada kandungan PH balance dan bahan alami.

Enggak perlu ragu lagi deh buat memilih Sebu sebagai sabun andalan sehari-hari. Sabun Sebu juga halal dan sudah terdaftar di BPOM. Jadi Sangat aman digunakan dalam keseharian, lho. Kalau kamu mau membeli Sabun Sebu Moist Glow bisa akses situs resminya, ya. 

Jangan Lupakan Pelembap Wajah

Seperti namanya, pelembap wajah fungsi utamanya adalah untuk melembapkan wajah. Pelembap juga bisa memperbaiki skin barrier. Di pasaran ada banyak sekali produk pelembap yang bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit. 

Ada tips nih untuk memilih pelembap wajah. Pastikan memilih produk yang non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Bila memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat pilih pelembap yang mengandung bahan dasar air dan tidak memiliki kandungan minyak. Untuk teksturnya pun pilih yang jenisnya gel.

Sementara bagi kamu yang punya kulit kering baiknya pilih pelembap yang mengandung minyak dan tekturnya lotion atau krim. Pemilik kulit kombinasi pilih pelembap yang bahan dasarnya air dan tekturnya ringan ya. Sementara untuk kulit sensitif, pelembap yang dipilih harus mampu menenangkan kulit.

Lindungi Kulit dengan Sun Protection

Untuk kulit sendiri, sinar matahari memiliki manfaat mengatasi kulit berjerawat dan eksim. Tapi manfaat tersebut bisa diperoleh dengan porsi yang tepat dan cara yang benar. Sementara kalau kulit terlalu lama terpapar sinar matahari bisa memberikan efek negatif seperti kulit jadi kusam serta memicu noda hitam dan penuaan dini.

Dengan menggunakan sun protection seperti sunscreen atau sunblock bisa memberikan proteksi bagi  kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. 

Menggunakan sun protection juga tidak boleh asal.  Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan juga seperti: 

  • Pilihlah produk yang mengandung minimal SPF 30 dan miliki label broad spectrum atau yang mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus
  • Gunakan 1/4 sendok teh untuk wajah aja atau setengah sendok teh untuk wajah dan leher
  • Gunakan 15-20 menit sebelum keluar rumah
  • Sun protection juga perlu digunakan setiap hari baik saat cuaca sedang panas atau tidak. Saat sedang di rumah pun juga perlu menggunakan sun protection karena paparan sinar matahari bisa menembus kaca juga, lho
  • Jangan lupa reapply sunscreen setiap 2 jam sekali
  • Sebisa mungkin jauhi paparan sinar matahari langsung tiap jam 10 pagi hingga 4 sore

Perawatan Wajah Mingguan

Nah, biar makin maksimal dan kalau kamu punya waktu lebih, cara sederhana merawat kulit wajah ini juga perlu dibarengi dengan treatment mingguan. Tenang, enggak ribet kok. Kamu cuma tinggal luangkan waktu 30 menit tiap dua kali seminggu untuk melakukan perawatan mingguan ini. 

Dua perawatan mingguan wajah yang dimaksud adalah melakukan masker wajah dan eksfoliasi. Masker wajah biasa digunakan untuk membantu menutrisi kulit, membersihkan pori-pori kulit, dan membantu mengatasi masalah kulit. Sementara kalau eksfoliasi, fungsi utamanya untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit bisa lebih cerah.

Perawatan wajah mingguan juga bisa jadi kegiatan kamu untuk 'me time' lho. Apalagi sekarang kita dihimbau untuk lebih banyak melakukan aktivitas di rumah aja. Tingkat kebosanan kayaknya udah sampai ubun-ubun ya :) 

Aktivitas-aktivitas ini bisa dilakukan dengan membuat masker atau eksfoliasi sendiri dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Atau kalau kamu nggak mau ribet, beli produk masker dan eksfoliasi yang bisa langsung dipakai. 

Perlu Merawat Kulit dari Dalam Tubuh

Cara sederhana merawat kulit wajah juga tidak bisa hanya mengandalkan dari luar tubuh dengan pemakaian skincare aja. Perlu juga didukung dari penerapan gaya hidup sehat. Gimana dong caranya?


Cara merawat kulit dari dalam tubuh



Bagaimana cukup mudah bukan melakukan cara sederhana merawat kulit wajah? Tentu, agar maksimal kamu harus melakukannya secara rutin dan konsisten agar hasil yang dicapai lebih maksimal.


Selamat mencoba, ya. 


Sumber bacaan:

https://www.alodokter.com/cara-merawat-kulit-wajah-yang-baik-dan-benar

https://wolipop.detik.com/makeup-and-skincare/d-4820963/11-cara-merawat-wajah-sehari-hari-agar-selalu-sehat

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/perawatan-wajah-dasar-rutin/#gref



You Might Also Like

36 comments

  1. Lengkap banget cara merawat kulit dari A hingga z. Terima kasih atas tipsnya.

    BalasHapus
  2. Sangat deatil penjelasannya, terimakasih atas infonya

    BalasHapus
  3. Kandungannya alami dan aman untuk kulit ya mbak. Aku tertarik nih karena bentuk sabunnya yang lucu

    BalasHapus
  4. Nah yang masih susah tuh menyentuh wajah dengan tangan saya kak..jadinya sering jerawatan deh nih wajah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang tanpa sadar suka lupa megang2 wajah padahal tangan habis menyentuh berbagai benda ya mba

      Hapus
  5. Aku juga tim double cleansing nih mba, rasanya bersih banget sampe ke akaar istilahnya hihi, walo dirumah aja, perawatan wajah harus tetep jalan sih aku mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba. Saya juga tim double cleansing nih

      Hapus
  6. Iya banget, bisa kelihatan di lingkaran mukena
    Walau di rumah aja dan gak pakai make up, tetap aja berwarna kecoklatan
    Kabita pingin pakai SEBU Moist Glow, hasilnya lebih bagus dibanding yang beredar di pasaran ya?

    BalasHapus
  7. wah aku baru nyoba yang sabun antiseptiknya nih, bener-bener suka banget sama hasilnya. Meski antiseptik tp gak bikin kulit kering, malah justru melembabkan :) jadi pensaran sama yang bikin glowing ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang SEBU Moist Glow juga melembapkan Mba. Semoga cocok juga ya :)

      Hapus
  8. Baru rajin lagi belakangan double cleansing. Mayan jg kerasa efeknya. Tp sun protection nih yg masih jarang2, hihi

    Tipsnya bagus bgt. Thank you for sharing Mba Ekam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai sunscreen itu penting sekali Mba. Aku udah merasakan dampak negatif karena jarang pake sunscreen hehe. Wajah jadi kusam dan bekas jerawat susah sekali hilang huhuhu

      Hapus
  9. Lemon, madu, zaitun.. wow lengkap banget kandungan Sebu ya.

    Soal skinker-an akupun baru setahun terakhir coba pakai Mbak hehe. Dibutuhkan konsistensi nyaa ternhata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus konsisten pakai skincare Mba. Soalnya efeknya jangka panjang hehehe

      Hapus
  10. Kalau saya lebih suka pakai sabun wajah karena praktis. Ngomong2 Sebu ini bentuknya unik ya ... Kemasannya juga cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget kemasan sama bentuk sabun Sebu unik ya Mba

      Hapus
  11. Aku terbiasa pakai cleansing gel atau foam. Unik juga ya ada sabun pencuci muka dalam bentuk bar gini :)

    BalasHapus
  12. Betul banget, kalau malam hari wajib double cleansing supaya wajah terhindar dari jerawat, terima kasih tipsnya , bermanfaat sekali .

    BalasHapus
  13. Kalau cowok kayanya lebih praktis pakai sabun wajah aja deh mbak. Kalau produk sebu ini apakah bisa dipakai buat cowok juga kah?

    BalasHapus
  14. Sepakat mba, walaupun dirumah aja tapi wajah justru harus tetap dirawat ya.. minimal cuci muka dengan sabun yang ngga bikin kulin kering ya.. lanjut deh sun screen.. walaupun dirumah aja wajib pakai ya.. well noted mbak

    BalasHapus
  15. kalau di dunia beauty itu disebutnya CTMP mba, cleansing toning moisturizing and protecting hehee basicnya tu double cleansing, pelembab sama sunblock itu wajib hehee

    BalasHapus
  16. Kalau baca efek yang dijanjikan, jadi pingin coba sabun sebu, nih. Coba cari, ah. Siapa tahu cocok.

    BalasHapus
  17. Trima kasih ya infonya. Sabunnya unik juga ya nama dan bentuknya. Double cleansing memang penting untuk bersih wajah maksimal

    BalasHapus
  18. ini cocok untuk segala jenis kulit kaah?

    BalasHapus
  19. Aku tuh selalu berupaaya double cleansing mba. Mnurutku kunci wajah sehat itu adalah memebrsihkan wajah dengan bersih :)
    Penasaran nyobain sabun ini mba

    BalasHapus
  20. Suka banget lihat kemasan Sebu (di foto dalam postingan ini). Elegan kemasannya. Kandungan sabunnya lebih mantap lagi .. 5 bahan aktif dan 3 minyak alami SEBU Moist Glow. Waah, apik buat jadi skin care pilihan.

    BalasHapus
  21. Bener banget nih harusnya malam itu double cleansing huhu seminggu terakhir aku ga double cleansing dan timbul jerawat deh, eh tp lagi PMS juga sih makanya nongol jerawat.

    BalasHapus
  22. Nah kalau double cleansing nih masih yg sering malas. Huhuhuhui

    BalasHapus
  23. Packangingnya manis sekali..
    Kalau beli satuan dulu, bisakah?
    Aku jadi ingat zaman SMA paling rajin bersihin wajah menggunakan sabun madu.

    BalasHapus
  24. love the packaging mba.. belum pernah cobain sih tapi sepertinya memang okee ya produk ini ya

    BalasHapus