Belajar English Creative Writing Bersama TBI Bandung



Saat Teh Ani Berta founder dari Komunitas Indonesian Social Blogpreuner (ISB) menginfokan jika akan ada kelas English creative writing lagi dari TBI (The British Institute) di grup WhatsApp, saya tidak berpikir panjang untuk langsung mendaftarkan diri. 

Kenapa begitu? Saya sendiri memang ingin sekali punya partner untuk berlatih berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan. Selain itu, anggota yang join juga tidak terlalu banyak yaitu 10 orang maksimal. Dengan jumlah kecil seperti itu memudahkan peserta untuk tetap bisa aktif berbicara dan menangkap materi. 

Sebagai bloger saya juga merasa english creative writing harus skill itu sangat penting untuk menunjang karier dan isi konten. Di sini kita difasilitasi selama 3 hari berturut-turut yaitu dari tanggal 13-15 Mei 2024 tiap jam 10 -12 siang untuk mengikuti kelas bersama pendamping dari TBI Bandung yang profesional. 

Yuk Kenalan dengan TBI (The British Institute) 

The British Institute, yang juga dikenal sebagai TBI, berdiri sejak 18 Februari 1984. 40 tahun berdiri TBI sudah memberikan layanan pengajaran dan pembelajaran yang baik bagi siswanya di seluruh Indonesia.

Program-program TBI

TBI Bandung sendiri memiliki banyak sekali program untuk berbagai jenjang usia. Kamu tinggal pilih saja nih sesuai kebutuhanmu. 

Core Programmes

• Corporate Training

• Global English

• Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)

• Professional English

• Pre - Teenager English

• Teenager English

• Young Learner English

Customised Programmes

• International Exam Prediction Test

• Short Course

• Workshop for Professionals

• Private Classes

Powered by UTC

• CELTA
• Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
• Digital Learning
• ICAS
• Teacher Training

Apa Saja Kelebihan Lain dari Kursus Bahasa Inggris di TBI Bandung?

Setelah mencoba 3 hari berturut-turut, kira-kira inilah beberapa kelebihan dari TBI Bandung yang saya rasakan!

1. Kursus Bahasa Inggris yang Berkualitas



Gimana nggak berkualitas, TBI Bandung  dilengkapi dengan metode pengajaran eklektik  yaitu menitikberatkan pelajaran di kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Jadinya modul atau panduan yang digunakan dan cara penyampaiannya sangat relevan dan praktikal.  

Dari sisi tenaga pendidik juga nggak kaleng-kaleng. TBI memiliki tenaga pengajar bukan hanya guru lokal tapi juga asing (native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional.

TBI juga rutin memberikan pelatihan berkualitas secara berkala pada pengajar internal untuk meningkatkan keterampilan dan pengembangan profesional mereka. 

Atmosfer kelasnya sudah pasti interaktif dong. Nggak cuma satu arah aja. Selama 3 hari saya belajar, ada dua pendamping yang menemani yaitu Ms Intan Hartianti (di hari pertama & kedua) dan Mrs. Tati Haryatin (dihari ketiga).   

Hal lainnya yang membedakan TBI dengan institusi pendidikan pelatihan bahasa Inggris lainnya yaitu TBI didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) yang merupakan satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment. Artinya TBI menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Sistem Pembelajaran Beragam

Nggak usah khawatir dengan sistem pembelajaran di TBI. Mereka menyediakan pilihan offline maupun online learning. Saya sendiri tinggal di Tangerang, ikutnya TBI cabang Bandung. Jadi, jarak bukan alasan untuk tidak belajar bahasa inggris di TBI. 

Kalau kamu lebih nyaman belajar secara offline, tenang saja, semua cabang TBI berlokasi di tempat strategis karena dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan sebagainya. 

Banyak Pilihan Jadwal Kelas

Mau anak sekolah, kuliah, pekerja kantoran, atau ibu rumah tangga nggak usah pusing sama jadwal kursus di TBI. Jadwal belajar peserta dibuat cukup variatif sehingga memudahkan peserta untuk memilih sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih jadwal dari Senin hingga Sabtu mulai pukul 09.00 – 20.30 WIB. 

Ada Trial Class

Masih pengen coba-coba belajar di TBI? Nah, menariknya mereka menyediakan trial class untuk calon peserta kelas usia 4-9 Tahun, Pre-Teen 10-11 Tahun. 

Kelas ini tentu memudahkan para calon siswa yang ingin mencoba kelas terlebih dahulu sebelum join kelasnya. Dengan begitu orang tua bisa tahu apakah kelasnya sesuai dengan level dan anak bisa mengikutinya atau tidak.

Ada Program Kursus untuk Perusahaan maupun Institusi 

TBI tahu banget kalau bahasa inggris udah jadi basic skill yang harus dipunya sama semua pekerja. Makanya mereka bikin program pelatihan khusus profesional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. 

Kelas ini cocok nih buat kamu yang mau dapat promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Biaya yang Terjangkau

Jarang-jarang lho ada kursus bahasa inggris yang sering ngasih diskon! Nah, TBI Bandung nih beda. Tiap bulan pasti selalu ada promo program kursus yang menawarkan diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris.  Makanya, saya saranin kamu follow IG mereka di @tbibandung biar nggak ketinggalan informasi promonya. Bisa juga hubungi di nomor Whatsapp di 081314915970.

Bagaimana Rasanya Belajar 3 Hari Bersama TBI?

Ini saya coba jelaskan sedikit pengalamannya ya!

Hari Pertama



Bagi saya di sesi pertama ini, ibarat pemanasan lidah, karena sudah lama sekali tidak berbicara dalam bahasa inggris di durasi yang lama. Selain itu, menambah vocabulary baru seperti Sumptuous (Mewah), Ripped off (Dirobek), Mouthwatering (Menggugah selera), dan Scrumptious (Lezat).

Pada sesi ini kami didampingi oleh Mbak Intan Hartianti membahas tema tourism. Di awal kami diajak untuk berdiskusi menentukan apa pertimbangan dalam menentukan perjalanan, apakah berdasarkan price/cost, accomodation, activities to do, sites to see, cultural experiences, weather/climate, food/cuisine. 

Lalu membahas terkait negara Afrika Selatan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan di atas. Kami di minta untuk menonton video dan menyampaikan beberapa message yang kami peroleh dari video tersebut. 

Di sesi selanjutnya kami juga diminta untuk berdiskusi yang dibagi dalam kelompok kecil yaitu 3 orang dalam 1 grup untuk mendiskusikan satu negara pilihan kami dan apa yang paling menarik dari negara tersebut, apakah makanannya, tempat wisatanya, public transportation, dan lainnya. 

Hari Kedua



Di hari selanjutnya juga tidak kalah seru. Masih dengan Ms Intan, kami membahas terkait music festival. Selama 2 jam kami diajak bernostalgia ke beberapa festival musik yang pernah masing-masing anggota datangi. 

Namun, tidak semua orang menyukai konser atau festival musik. Ada juga yang lebih nyaman menyaksikan pertunjukan musik melalui media daring seperti YouTube.  

Di akhir sesi kami dibagi menjadi 2 grup untuk mengidentifikasi konser atau festival musik apa yang ingin didatangi. Kelompok saya, memilih 90's Festival. 

Hari Ketiga



Tidak kalah seru di hari terakhir. Kali ini kami ditemani oleh Mrs. Tati Haryatin. Kami membahas soal makanan dari negara Brazil yang ternyata ada beberapa makanan yang mirip dengan yang ada di Indonesia. Misalnya empanadas yang ternyata sekilas mirip pastel atau panada yang biasa ada di Manado. Setelah dicari tahu ternyata panada asal muasalnya dari Spanyol.

Lalu ada pao de queijo yang sekilas mirip dengan bakpia kukus Yogya dan bolinho de bacalhau yang sekilas seperti kroket. Dari makanan-makanan tersebut seluruh peserta perlu menebak makanan yang ditampilkan di dalam layar terbuat dari bahan-bahan utama apa saja. 

Buat Saya Belajar Bahasa Inggris dengan TBI Bandung Itu...


Seru banget! Ms. Intan dan Mrs Tati bisa memandu kelas dengan nyaman dan menyenangkan. Kami yang kadang masih suka salah dalam pronounciation dibantu agar pengucapannya benar dan memastikan semua orang kebagian berbicara. 

Tema-tema yang dipilih tak kalah asyik. Kami jadi bisa mengingat-ingat pengalaman nonton konser dulu dan menambah knowledge soal Afrika Selatan dan makanan Brazil. 

Di 3 hari belajar bareng TBI, ada banyak notes vocab yang saya pelajari untuk bisa digunakan saat ingin menulis artikel berbahasa inggris. Jadinya tulisan juga tidak monoton dengan vocab-vocab yang itu-itu saja dan bisa diperbaiki grammar yang salah. Pastinya juga lebih pede, dong!

Saya setuju dengan apa yang dikatakan Ms. Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI saat memberikan sambutan kelas: 

“Sama dengan profesi lainnya, terdapat serangkaian skill yang yang wajib dimiliki dan dikembangkan oleh para penulis pastinya. Memahami penggunaan grammar dalam bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar tidak memberikan struktur tulisan yang salah, karena kemampuan untuk mengkomunikasikan maksud tulisan merupakan hal yang cukup krusial.”

Nah, gimana tertarik mau nyobain kursus di TBI Bandung juga? Buat kamu yang berdomisili di kota kembang dan sedang ingin memperkaya skill berbahasa inggris, yuk ikutan kursus di TBI Bandung sekarang juga ya!

TBI Bandung
P:  +62 81314915970
E:  info.bandung@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
YouTube : The British Institute
Instagram : @tbibandung
Facebook : TBI Bandung

You Might Also Like

1 comments

  1. Yes! Yuk upgrade skill terus khususnya kemampuan bahasa Inggris agar menjadi investasi untuk kesuksesan kamu! TBI is the perfect solution for you. See you!

    ReplyDelete