HP EliteBook 1040 G10 Bikin Meeting & Ngekonten Makin Asik

Laptop-HP EliteBook-1040 -G10-14

Saya lagi cari-cari laptop yang punya webcam bagus dan RAM gede. Pas cari-cari ketemulah sama  HP EliteBook 1040 G10. Emang kenapa sih kedua elemen itu penting banget? 

Soalnya untuk mendukung kegiatan ngepodcast dan pekerjaan saya sebagai freelance writer. Buat podcast sendiri saya biasanya lakukan via zoom untuk ngobrol bersama narasumber saya. Otomatis saya memerlukan webcam yang resolusinya besar agar bisa jernih video yang dihasilkan. 

Begitu pula kalau saya harus meeting online sama klien saya. Namanya juga freelancer, 100% kerjaan saya ya di rumah. Pernah sekali waktu ada salah satu klien saya bilang, "Mbak Eka kameranya burem ya? Wajah Mbak di laptop saya gelap dan seperti ada semutnya" Deg! Malu saya! padahal saya termasuk yang rutin lho membersihkan laptop termasuk bagian webcam-nya. 

Singkat cerita, laptop saya sempat "ngadat" saat saya lagi rajin-rajinnya membuat podcast di awal-awal. "Pokoknya tiap minggu harus ada episode baru di podcast!" Itu idealisme saya. 

Eh, tapi apa daya, kadang rencana tidak sesuai realita yang ada. Pas saya ke tukang service, katanya saya kebanyakan instal aplikasi, salah satunya aplikasi editing suara buat podcast! Apalagi saya juga kadang suka edit video buat Tiktok di laptop. 

Nah, sembari ngumpulin budget buat beli laptop yang lebih besar spec-nya, saya mau nggak mau harus declutter aplikasi apa saja yang memang harus ada di laptop dan untuk podcast, kayaknya jangan sering-sering edit juga deh. 

Kelebihan HP EliteBook 1040 G10 untuk Menunjang Pekerjaan dan Ngepodcast!

Review Laptop HP EliteBook 1040 G10 14
Pas saya ketemu sama artikel yang bilang kalo HP EliteBook 1040 G10 ini adalah komputer lipat yang zaman now banget, saya langsung kepoin. Laptop ini termasuk dalam laptop komersil HP yang bisa banget diandalkan untuk berbagai aktivitas buat bekerja seperti desain, menulis, editing video apalagi edit podcast. Pokoknya semua pekerjaan tukang ngonten bisa dengan aman dikerjakan di laptop satu ini. Emang apa saja sih kelebihannya? 

Prosesor yang Tinggi

Didesain dengan processor canggih Intel® Core™ i7-1355U (up to 5.0 GHz with Intel® Turbo Boost Technology, 12 MB L3 cache, 10 cores, 12 threads) bikin pekerjaan sehari-hari kreatif bisa jadi lebih cepat, hasil gambar, video, dan suara yang dihasilkan juga jadi lebih detail, tajam, dan hasil karya dengan file yang besar juga tidak bikin laptop lemot saat diakses. 

Laptop Ini Dilengkapi Kamera 5MP dengan HP Auto Frame

Wah ini sih gede banget resolusinya. Ditambah kemampuan perekaman 1080P @30 FPS dan Auto Frame yang bisa memposisikan wajah kita di tengah layar meskipun posisi kita lagi bergerak ke kanan dan ke kiri.

Ada juga fitur Lighting Correction yang bisa memperbaiki pencahayaan kalau dirasa terlihat gelap atau pencahayaannya kurang. Nah, kan pas banget nih sama kegiatan saya yang sering pake webcam. Nggak bakal ada lagi deh 'ditegur klien' karena muka saya burem dan gak jelas. 

Audio yang Powerful 

Kualitas suara yang dihasilkan juga penting buat saya. Soalnya kalau ngedit podcast saya biasanya selalu mendengarkan berulang-ulang untuk memastikan audionya jelas. Begitu juga dengan meeting, atau sekadar mendengarkan musik emang paling asik kalo kualitas audio yang dikeluarkan dari laptop itu jernih. 

Untungnya HP EliteBook 1040 G10 sangat support karena kualitas suaranya sudah dirancang dengan Audio by Bang & Olufsen dual strereo speakers dan dual microphones enhanced by AI noice reduction. Jadinya suara yang dihasilkan juga jernih dan minim noise. 

Desain Laptop 

Kagum saya sama kecanggihan teknologi yang bisa bikin laptop setipis mungkin jadi gampang dibawa kemana-mana. HP EliteBook 1040 G10 14  cuma 14 inci dengan bobot 1.18 kg. Tapi meskipun ringan tetap kuat dan tahan dari benturan karena terbuat dari magnesium daur ulang berkualitas. 

Pembuatnya juga sangat memikirkan kenyamanan tangan pengguna karena tepi depannya dibuat melengkung, sehingga pergelangan tangan kita jadi nggak gampang lecet terhadap logam. 

Software Dilindungi dengan HP Wolf Pro Security

HP Wolf Pro Security


Sekarang virus atau malware bisa datang dari mana saja dan berbagai cara, buat saya yang nggak terlalu paham sama dunia per gadget-an pasti bakal pusing tujuh keliling kalo sampai laptop kena virus dan membahayakan semua data di laptop saya. 

Kayaknya yang bikin HP EliteBook 1040 G10 14 tuh paham banyak masyarakat yang kaya saya, jadilah dibuat laptop yang udah dilengkapi dengan berbagai proteksi software yang diberi nama HP Wolf Pro Security. 

Dengan fitur ini HP EliteBook 1040 G10 14 sudah dilengkapi dengan Antivirus Generasi Baru
AI deep learning yang membantu mendeteksi ancaman baru yang muncul dan mampu menghentikan malware yang dikenal.

Bukan hanya itu, laptop ini juga mampu mencegah pencurian kredensial dengan mampu memblokir serangan phishing di mana biasanya meminta pengguna untuk meng-input  memasukkan kata sandi mereka.

HP EliteBook 1040 G10 Memiliki 16 GB memory; 512 GB SSD storage

Dengan RAM 16GB kita sudah bisa melakukan berbagai aktivitas dalam satu waktu seperti memutar musik atau video, menjalankan beberapa program kantor,  dan melakukan aktivitas multitasking lainnya tanpa ada kendala. 

Laptop ini sudah menggunakan Solid-State Drive (SSD) yang membuat laptop bisa bekerja lebih cepat dan tidak mudah panas. Saat transfer data besar pun SSD membuat prosesnya berjalan lancar dan cepat selesai. 

Sebagai freelancer + content creator, pastinya perlu juga dong laptop yang kapasitasnya besar. HP EliteBook 1040 G10 14 sendiri sudah dilengkapi dengan SSD 512 GB. Artinya dengan jumlah sebanyak itu gak perlu takut laptop bakal kepenuhan dan lemot kalau kita menyimpan banyak data di laptop. 

Kesimpulan

Kalau dilihat dari apa saja yang ada di dalam laptop komersial HP ini sih udah cukup banget buat menunjang kerjaan sehari-hari saya sebagai freelance writer, bikin konten video, dan ngepodcast juga pake HP EliteBook 1040 G10 14. Semua yang saya perlukan untuk bekerja dan bikin konten sudah mencakup dalam 1 benda ini, mulai dari webcam, audio, layar, hingga keamanan. 

Laptop HP EliteBook 1040 G10 14 dibanderol dengan harga $1,749.00 atau senilai Rp27,859,821.00. Memang mahal, tapi sangat sebanding dengan segala fitur yang tersedia. Gimana menarik kan?




You Might Also Like

0 comments