Akhirnya Salah Satu Wishlist Terwujud: Bikin Podcast!

podcast-cari-inspirasi-bareng-eka


Ya, nggak salah baca kok. Akhirnya saya bikin podcast setelah rencana ini hanya berkumpul di kepala saja sejak pertengahan tahun 2022. Proses pembuatannya dimulai dari Desember 2022 saya  mencari mic eksternal. Sebab, saya merasa kalau hanya pakai headset dan mengandalkan speaker laptop rasanya kurang nampol. Akhirnya saya putuskan untuk membeli mic eksternal yang bisa disambung ke laptop. 

Cukup makan waktu juga mencari mic eksternal yang cocok dan sesuai dengan kantong. Butuh dua hari saya membandingkan beberapa mic yang sesuai dengan keinginan saya. Alhamdulillah, mic pilihan saya yaitu DA Stream 002 sangat mengakomodir kebutuhan dan suara yang dihasilkan bagus polll (versi saya :))

Alasan Membuat Podcast

Podcast ini saya beri nama Cari Inspirasi Bareng Eka. Sudah bisa didengarkan di Spotify. Hingga tulisan ini dibuat sudah ada 2 episode yang sudah saya upload. Episode satu dan dua saya mengundang teman kuliah saya yaitu Netya Agustina Putri untuk membagikan pengalamannya membersamai anak laki-lakinya berusia 2,5 tahun. 

Episode pertama, saya dan Netya membahas kebiasaan unik keluarga kecil Netya dan suaminya yang sering mengajak anak mereka untuk main di alam seperti berkemah, trekking, main di curug/sungai. Saya cukup penasaran sama kebiasaan keluarga ini, di mana biasanya orang tua lain lebih memilih untuk mengajaknya ke mall/taman hiburan. 

Episode dua, Netya membagikan pengalamannya dalam mengenalkan dan mengikutsertakan anaknya dalam kompetisi balance bike, di mana topik ini belum banyak orang tua yang tahu soal balance bike. Saya juga merasa belum banyak orang tua yang mencoba mengenalkan anaknya untuk ikut kompetisi sesuai usianya ya yang pasti. 

Jika membuka podcast saya, di episode PILOT kamu bisa dengar 3 alasan kenapa saya ingin membuat podcast. Untuk 3 alasan ini saya nggak bakal share di sini ya :)

Setelah dipikir-pikir lebih jauh ternyata masih ada 1 alasan lagi kenapa saya ingin sekali punya podcast. Alasannya yaitu saya ingin 'mewariskan' sesuatu ke anak saya kelak ketika nanti saya sudah punya anak dan ia sudah besar. 

Mungkin saat anak saya sudah sekolah dan bisa meng-googling berbagai informasi sendiri, dia iseng mencari nama ibunya atau nama media sosial saya 'rahmawatieka' (kalau nama Eka Rahmawati sudah pasti ada banyaaak sekali dan bisa jadi dia akan kesulitan mencarinya :p). Dia penasaran saat ibu muda apa yang sudah ibu lakukan/buat. 

Setidaknya selain blog saya ini, saya berharap dia bisa belajar dari karya ibunya yang lain, salah satunya adalah podcast Cari Inspirasi Bareng Eka.

Apakah Sulit Membuat Podcast? 

Mungkin ada yang penasaran, kalau buat podcast itu sulit atau gampang? Jawabannya, kalau bikin akun saja di Anchor dan Spotify tentu mudah. Namun, yang agak sulit adalah saat mengedit audionya ya. Saya kebetulan menggunakan aplikasi yang bisa didownload di laptop bernama Audacity. 

Sebenarnya kalau mau langsung upload tanpa edit bisa-bisa saja dilakukan di Anchor. Bahkan di Anchor kita bisa lakukan editing juga, tapi setelah diulik, saya lebih nyaman menggunakan Audacity. 

So far, saya cukup enjoy membuat podcast ini. Goal jangka pendek saya adalah ingin mewujudkan 7 sisa rencana tema episode yang sudah saya tuliskan di notes. Dua sudah di-upload, satu sedang dalam proses editing. 

Goal jangka panjang saya, saya ingin  bisa mengupload podcast full 1 minggu sekali selama 52 minggu (1 tahun).  Jadi harapannya di 2023 ini akan ada 52 episode yang nantinya akan dibuat. 

Jika teman-teman yang membaca tulisan saya mendengar podcast saya, bila berkenan bisa berikan saran dan kritik tentang podcast ini. Jujur saya masih belajar bagaimana cara meng-interview orang, bernegosiasi, menyusun pertanyaan yang baik, dan lain-lain. Mungkin ada dari teman pembaca yang sudah lebih ahli di bidang-bidang tersebut dan bersedia memberikan ilmunya. Saya sangat berterima kasih. 

Saya juga berharap podcast ini bukan cuma menjadi media saya untuk bertumbuh dan belajar dari para narasumber yang saya ajak ngobrol. Namun, semoga ada beberapa orang yang bisa mengambil ilmu darinya juga. 

 




You Might Also Like

8 comments

  1. Podcast jadi tren komunikasi verbal yg menyenangkan. Jadi kalo mau cari akunnya di Spotify, namanya apa? Selamat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama podcastnya, Cari Inspirasi Bareng Eka Bu :)

      Delete
  2. keren banget kak!
    iya nih, aku pengen denger episode yang ke 1, nama spotify nya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama podcastnya Cari Inspirasi Bareng Eka Mas :)

      Delete
  3. Waaah selamat Kak akhirnya terwujud. Pengen dengerin yang pembahasan kegiatan keluarga.

    Saya juga punya podcas sudah sejak lama tapi jarang banget dijenguk.

    ReplyDelete
  4. Semangat mengwujudkan podcast dalam tahun ini 52 Minggu dalam setahun dengan tema yang ok dan menginspirasi

    ReplyDelete
  5. Keren kak Eka, daku mendukungmu.
    Soalnya daku pengen bikin podcast eh beluman juga kepegang hehe.
    Semoga kontennya menginspirasi dan bermanfaat untuk yang mendengarkan

    ReplyDelete
  6. Kereeennn kak Eka, selalu upgrade skill nih, apalagi merupakan salah satu wishlist juga. Jadi penasaran dengan podcast kak Eka.

    ReplyDelete