6 Makanan Khas Cirebon dan Oleh-oleh yang Gak Boleh Terlewat




"Yah masa kita ngga jadi jalan-jalan sih?" Tanya saya ke teman-teman saat sedang membicarakan rencana untuk liburan ke Singapore di bulan Oktober ini. 
"Iya nih, gue udah lama banget gak jalan-jalan. Bosen banget. Terakhir jalan-jalan pas kita ke Yogya April kemarin." timpal Vika. 
"Eh apa kita ke Cirebon aja? Yang deket-deket ajalah. Lagi mau musim hujan juga kan?" Tambah saya. 
Vika bilang "gue sih bebas yang penting jalan"


Jadi singkat cerita tanggal Jumat tanggal 18-20 Oktober 2019 saya dan Vika akhirnya pergi liburan ke Cirebon. 

Nah selama saya dan Vika di sana ada beberapa makanan yang sempat kami coba. Berbekal informasi dari Mbah Google, akhirnya inilah 6 makanan khas Cirebon yang berhasil kami lahap. 

Docang 


Kesan pertama saya saat pertama kali melihat makanan yang satu ini, seperti urap yang dikasih lontong dan disiram kuah santan. Isinya ada daun singkong, toge, lontong, parutan kelapa yang telah dibumbui, oncom, bawang goreng, ditaburi kerupuk putih dan disiram kuah santan. Jujur saja rasanya aneh di lidah saya hehehe. Docang yang saya makan itu, kuahnya agak sedikit asin. 

Vika sendiri kurang suka dengan makanan yang banyak sayurannya. Jadi dia hanya icip sedikit docang punya saya. Biasanya memang docang disantap saat sarapan pagi atau untuk menu makan siang. Per porsinya dihargai Rp6.000

Saat saya mau berangkat ke destinasi wisata lainnya, ada ibu dan bapak yang merekomendasikan untuk makan docang. Lalu saya jawab " Sudah coba Pak yang dekat Pasar Pagi" Lalu si bapak bilang, "Biasanya kalau orang dari luar Cirebon nyobain docang, akan terasa aneh, gak masuk ke lidah mereka." Dalam hati saya berkata "Emang kurang masuk ke lidah saya. Hehehe"

Tempat docang yang saya dan Vika kunjungi kebetulan dekat sekali dengan penginapan kami. Hanya jalan kaki dua menit dari penginapan, sudah bisa deh makan docang. 

Empal Gentong Cirebon

Makanan yang satu ini pasti sering dengar atau lihat kalau lagi diacara nikahan kan? Saya suka sih sama makanan yang satu ini. Kalau ke acara kondangan ini jadi menu wajib saya. heheheh. Nah pas ke Cirebon sendiri sempat nyobain empal gentong di restoran Batik Kitchen yang sampingan dengan toko Batik Trusmi. 

Dari segi penyaijiannya udah pasti disajikan di wadah yang mirip gentong gitu ya cuma ukuran mini. Rasa dagingnya empuk banget dan ngga pelit sih. Dagingnya banyak. Kuah kuningnya juga gurih, segar, pas deh ngga asin banget. Paling enak makan empal gentong saat kuahnya masih panas. Mantap deh! Tapi monmaap nih pembaca, saya ngga sempet fotoin empal gentongnya, karena udah keburu saya dan Vika lahap saking laparnya :D

Kupat Tahu 


Nah makanan Cirebon yang satu ini agak berbeda dengan kupat tahu yang pernah saya coba di Pacitan dulu. Kalau di Pacitan, kupat tahu-nya berisi potongan-potongan ketupat atau lontong dan juga tahu. Sebagai pelengkap, ada tambahan taburan kacang goreng, seledri dan toge serta disiram dengan kuah bumbu yang rasanya manis dan gurih. Makin nikmat ada kerupuk udangnya. 

Sementara kalau kupat tahu di Cirebon sama sih isi utamanya ketupat dan tahu. Tapi yang bikin beda dia ngga pake kuah, tapi bumbu kacang. Saya bilang sih mirip sama ketoprak atau somay jadinya, cuma kurang soun putih atau batagor aja hehehe. Kupat tahu yang saya makan saat itu dihargai Rp8.000 aja




Selain empal gentong, saya juga suka mie koclok. Sumpah ini enak dan rasanya unik banget. Uniknya gimana? perpaduan rasa antara bubur yang sedikit lebih encer dari bubur kebanyakan dicampur dengan mie telur yang lembut. Di dalamnya ada suiran ayam rebus, telur rebus, daun bawang, dan bawang goreng. Pokoknya ya, kalau kamu ke Cirebon, jangan sampai lupa icip makanan khas Cirebon yang satu ini ya.

Kemarin saya makan di Mie Koclok Cirebon Panjunan Jl. Pekarungan, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat. Satu porsi Rp17.000.

Nasi Jamblang




Ketika sampai di Cirebon, saya dan Vika bertemu dengan orang sewa motor yang sudah kami hubungi sebelumnya. Dia merekomendasikan untuk makan siang di nasi jamblang Ibu Nur. Kata mas yang saya tidak tahu namanya, bilang kalau nasi jamblang Ibu Nur itu termasuk makanan yang terkenal di Cirebon. 

Menu makanan yang ada di Nasi Jamblang Ibu Nur bermacam-macam kayak warteg cuma lebih rapi dan gede aja. Konsepnya prasmanan gitu. Jadi kita bisa milih sendiri makanan yang dimau. Terus langsung bayar sebelum makan. 

Kemarin saya pesan nasi setengah, sate udang satu tusuk (satu tusuk isi 3 udang gede), pepes kepiting, otak sapi,  perkedel udang kelapa, dan sambal. Makanan segitu banyak cuma dihargai Rp35.000. Ini tanpa minum ya, karena saya bawa minum sendiri. Murah banget kan!

Sementara Vika memesan satu nasi, sate telur puyuh, perkedel udang kelapa, dan pepes tahu serta es teh manis. Semua dihargai Rp22.000.

Lokasinya tidak terlalu jauh dari stasiun Prujakan. Kira-kira 10 menit kalau naik motor. Tempat makan di Cirebon ini posisinya ada di Jl. Cangkring 2 No.34, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. Coba saja kamu cari di Youtube, Nasi Jamblang Ibu Nur sudah banyak diulas oleh para vlogger Indonesia dan juga stasiun TV.

Nasi Lengko 



Kuliner Cirebon terakhir adalah nasi lengko. Di bayangan saya saat mendengar nama ini, "wah kayakknya nasinya beda nih. Unik namanya." Batin saya. Ternyata pas saya melihat dan merasakan sendiri, nasi lengko Cirebon mirip dengan gado-gado Jakarta atau nasi pecel. Cuma kalau gado-gado itu pakai lontong, sementara nasi lengko, lontongnya diganti nasi. 

Isi dari nasi lengko Cirebon ini ada potongan tahu, tempe, tauge, timun, daun bawang, dan bawang goreng. Kemudian disiram dengan bumbu kacang. Yang membedakan dengan gado-gado dan nasi pecel adalah adanya taburan daun kucai. Saya makan nasi lengko ini deket sama penginapan. Tinggal jalan kaki 5 menit juga sampai. 

Selain makanan khas Cirebon di atas, sebenarnya saya juga melewatkan beberapa makanan yang sebenarnya sudah ada di list saya seperti bubur toha, bubur sop ayam, gado-gado ayam. Tapi karena waktu yang sempit juga jadinya makanan yang dicicip juga terbatas hehe.

Nah bukan cuma kuliner Cirebon di atas yang menarik. Oleh-oleh  khas Cirebon juga perlu diulas nih. Tenang, saya ngga bakal ulas semua kok, tapi ada beberapa yang saya beli dan kira perlu kamu tahu nih.

Oleh-oleh Khas Cirebon

Bolu Banana







Dari namanya saja sudah jelas ini merupakan bolu pisang yang bisa kita jumpai di mana-mana. Jujur saja saya ngga tahu bedanya apa sama bolu banana lain tapi pas saya lihat makanan ini di jual di toko Butik Trusmi saya langsung kepincut aroma pisangnya yang harum banget. Ada 3 varian rasa, Authentic Banana, Chocky Banana, dan Cheezy Delight Banana. 

Saya sudah nyobain yang rasa Chocky Banana dan Cheezy Delight Banana. Pisangnya terasa banget, aromanya juga nendang banget, ada taburan kacangnya. Terus baik taburan cokelat dan kejunya juga banyak. Dari sisi bolunya ngga terlalu lembut. Pas dimakan masih kerasa ada ada sediikit serat pisangnya. Pokoknya yummy deh. 

Cirebon Kelana 




Kue ini punya Ussy Sulistyawati dan Andika Pratama. Cirebon Kelana itu bolu berlapis pastry rasa dengan topping. Ada tujuh varian rasa yang bisa dipilih, di antaranya cheese lovers, choco vanilla,  double choco crunchy, duren puff, gedong kaya, hazelnut oreo, green tea redbean, red velvet, dan salty caramel. Saya sendiri memesan yang rasa vanila dengan Rp55.000.

Yang saya suka kejunya gede-gede dan terasa banget. Terus ada pastry-nya di tengahnya. woooww enak banget sih. Bolunya lebih lembut dari si bolu banana.

Sultana Cirebon






Jujur saya baru tahu kalau kue kekinian ini milik Indra Bekti. Saya dikasih tahu Vika dan dia bilang, dia mau beli buat oleh-oleh. Lokasinya cukup strategis ada di Jl. Kartini No.5, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon. Tepatnya dekat Masjid At-Taqwa. 

Ada berbagai varian rasa yang bisa dicoba, yakni banana cheese, cheese, mangga gedong gincu, double chocolate, dan banana chocochip. Masing-masing varian berbeda harganya. Tapi dibanderol dari harga Rp55.000. Saya beli yang rasa Mangga karena kata mas-nya itu salah satu yang best seller. Sultana Cirebon Mangga sendiri dibanderol dengan harga Rp.60.000. Manis cake-nya pas, bau mangga-nya jangan ditanya, pas dibuka kotaknya, semerbak harum mewangi cuyyyy. Pastry-nya juga renyah.

Kira-kira dari list makanan khas Cirebon dan oleh-oleh dari Cirebon di atas mana yang pengin banget kamu coba? Atau setelah baca tulisan ini kamu jadi makin penasaran sama Cirebon? 

You Might Also Like

25 comments

  1. Kangen deh sama Cirebon. Kulinernya enak-enak jadi pengen makan melulu. Apalagi tahu gejrot. Anak-anak saya bisa berkali-kali makan tahu gejrot :D

    ReplyDelete
  2. Aku paling suka sama Empal dan Mie Kocok duh ini favorit deh udah lama juga ga Ke Cirebon jadi pengen :D

    ReplyDelete
  3. Satu kali business trip ke Cirebon, dan aku terpukau dgn nasi jamblang yang MASYA ALLAH endeussss buanget! Efek daun jati itu kali yaaa
    Mauuuuk ke Cirebon lagi buat kulineraaaannn
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Dari makanan ,khas Cirebon hanya mie koclok yang belum saya coba.
    Tapi kalau oleh oleh khas Cirebon, semuanya bolu bolu itu belum pernah saya coba hahaha... Semoga saja ada yg pulang dari Cirebon dan ngasih oleh oleh bolu ke saya. Ngarepppp...

    ReplyDelete
  5. Tergiur mie koclok, nasi jamblang, sama nasi lengko! Keknya bisa dimampirin nih ya, sekalian perjalanan mudik :)

    ReplyDelete
  6. Duh bikin ngiler semuaaa. Makanannya jenis nasi sama kue-kue an ya. Gak ada yang kering kah buat dibawa pulang dg jarak tempuh yang lumayan. Kan sayang kalau basi di jalan

    ReplyDelete
  7. Saya jarang mengabadikan menu makanan saat traveling di blog saya, padahal bisa jadi ide bagus tuh. Makanan cirebon enak enak yaa 😍 itu jajanan kue artisnya jadi pengen mbak hehe

    ReplyDelete
  8. Yaaa ampun bikin mupeng semua, nampak enak lezat... saya belum pernah nyicipin satupun loh mbak hahaha

    ReplyDelete
  9. aku pernah dibawain sama kaka ipar bolu banana mbak,, ternyata edunnnnnnnn enak banget,, pengen lagi tapi kaka blum kesana lagi, hahaaha

    ReplyDelete
  10. Oh itu toh docang. Di sini mah adanya doclang. Ketupat juga, tapi kuahnya kari daging sapi. Gak ada sayurnya. Mie Koclok juga belom pernah nyicip. Kayak gimana ya itu bubur encer dicampur mie. Deuh... jadi kepengen ke Cirebon. Banyak oleh-olehnya juga ternyata. :D

    ReplyDelete
  11. Empal gentong pasti aku cari kalau ke Cirebon oadahalbanyak makanan khas lainnya ya yg ga kalah enaknya

    ReplyDelete
  12. Duh jd laper liat penampakan gempal gentong dan nasi jamblang..kangen makanan itu... Dah lama banget ga ke Cirebon nih..

    ReplyDelete
  13. aku penasaran sama docang kayaknya enak, kalau mie kocok aku sering makan dan memang enak

    ReplyDelete
  14. Semuanya pengen saya coba Mbak, hehe. Noted dulu nih nama-nama menunya dan oleh-oleh khas Cirebon. Kali aja ada kesempatan berkunjung ke sana bisa langsung saya incar menud-menu di atas.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah ada yang dicoba, muahahaha.
    Semoga ada kesempatan berkunjung dan bisa icip-icip beberapa menu di atas

    ReplyDelete
  16. Aku ke Cirebon cukup sering dulu, dan paling yang jadi pilihan makan itu nasi jamblang, nasi lengko, tahu gejrot, sama sate kambing. Eh sate mah bukan khas nya Cirebon ya. Nah, waktu ke Cirebon tuh terakhir awal 2019, enggak tahu kalo ada Sultana. Enak kayaknya kalo lihat fotonya

    ReplyDelete
  17. Aku kalo ke Cirebon tuh paling sering makan nasi jamblang, lengko, sama empal gentong. Trus tahu gejrot juga, seger deh dinikmati sampai kepedesan. Aku juga baru tahu kalo ada sultana, sayang sih enggak mampir pas awal tahun kesana

    ReplyDelete
  18. Aku seneng loh nyobain oleh-oleh kekinian walau rata-rata ya mirip-mirip aja rasanya. Tapi yang ada pastrynya yang paling aku suka. Sayang sekali yang di Semarang itu ada Wifecake punya Chelsea tak bertahan lama. Padahal lapisan pastry puffnya itu enak bangeeett...

    ReplyDelete
  19. Tuh kan baca ini jadi keingetan lagi, sudah lama pengen makan empal gentong. Berasa udah di lidah aja baru lihat di postingan ini padahal.

    ReplyDelete
  20. Enak-enak kuliner cirebonan. Aku ngelist docang,kupat tahu sama nasi jamblang ya mba hehe

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen ke Cirebon lagi, duh kangen empal gentong, oleh-olehnya juga bikin ngeces, pengen banget cobain sulthana kayaknya enak

    ReplyDelete
  22. Empal gentongnya ini nih yang juara. Di Jogja agak susah nyari empal gentoong yang enak

    ReplyDelete
  23. Ternyata kuliner dan makanan khas Cirebon itu banyak ragamnya ya. Aku baru nyobain nasi jamblang. Itu pun udah lama, waktu perjalanan mudik naik motor ke Semarang, lewat Cirebon dan mampir makan di sana. Next kalau touring motoran lagi trus lewat Cirebon, mau ah mampir-mampir dan cobain kuliner Cirebon lainnya

    ReplyDelete
  24. Kalau Bandung punya mie kocok, Cirebon punya mie koclok yaa..
    Hihi...mirip namanya, tapi sungguh berbeda penyajiannya.
    Di makan saat hujan, ehhm~ endolittaa...eymmm!

    ReplyDelete
  25. karena kau tim asin,mungkin yang pertama diembat itu nasi jamblang deh menggoda skali, smoga sempet ke cirebon dan langsung bawa pulang ini

    ReplyDelete