HaloNiko! Tempat Makan di Jakarta Selatan Bercita Rasa Yunani & Jawa



Saya sedang menyelesaikan pekerjaan di kantor saat ada pesan masuk di WhatsApp saya dari Ricka teman kuliah S1 dulu. Isi pesannya begini " liburan akhir tahu jalan-jalan yuk ke museum atau pameran gitu". Ya, saya dan Ricka memang doyan jalan-jalan ke museum hehehe. 

Saya balas "Oke, gue coba carikan referensinya ya". Singkat cerita karena sedang tidak ada pameran yang oke dan Ricka sudah banyak mengunjungi museum, saya merekomendasikan untuk berkunjung saja ke tempat makan di Jakarta Selatan yang kelihatannya unik karena perpaduan makanan Yunani dan Jawa, bernama HaloNiko!

Saya tahu HaloNiko secara tidak sengaja. Jadi saya sedang menulis artikel tentang tempat makan unik di Jakarta untuk kepentingan salah satu klien, terus saat lagi mencari referensi dari berbagai situs, ada yang membahas soal HaloNiko ini. 

Yang menarik perhatian saya adalah makanan yang disajikan di HaloNiko dituliskan perpaduan antara makanan Yunani dan Jawa. Saya belum pernah nih makan makanan Yunani, makanya penasaran banget dan menurut saya bagus angle-nya buat tulisan di blog hehehe. Jadi saya dan Ricka akhirnya berkunjung ke HaloNiko, Jumat 27/12/2019 sekitar jam 10.15 pagi. 

Kenalan dengan HaloNiko!

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari internet, HaloNiko ini dibuka sejak tahun 2011 oleh pasangan suami istri bernama Nikolaos Avgoustinos yang merupakan orang Yunani dan berprofesi sebagai chef  dan Rika Hardjosuwarno yang merupakan keturunan Jawa. Jadi bukan hanya dua insan beda negara saja yang menikah, tapi makanan dari dua budaya yang berbeda juga bisa dipadukan. Ciyeee.

HaloNiko sendiri berlokasi di dua tempat, yang satu ada di Lippo Plaza Mampang dan yang satu lagi dinamakan HaloNiko Mini yang letaknya ada di daerah Pejaten Barat, Pasar Minggu. 

Tempat HaloNiko Mini









Kalau kamu lihat di foto-foto di postingan ini, pasti bakalan setuju sama saya kalau HaloNiko Mini ini memiliki desain interior yang dirancang layaknya sebuah hunian. Tempatnya banyak dikelilingi pohon-pohon dan tanaman yang memberikan kesan sejuk. Belum lagi dengan adanya kolam renang yang berada di tengah, ayunan berwarna kuning, dan kebun yang cukup luas membuat kesan homey dan teduh kian terasa. Di bagian tengah tempat ini dindingnya didominasi oleh kaca jadi sangat bagus untuk dijadikan sebagai spot foto.






Hal yang unik lagi dari tempat ini adalah adanya hiasan dinding bertema Jawa dan lampu minyak. Saat pramusaji membawa minuman kami pun, nampan yang digunakan cukup unik.

Sejenis nampan untuk membawa minuman di HaloNiko Mini. Lucu ya :)

Oh ya, saat saya dan Ricka datang, Halo Niko masih sepi dan baru ada kami pengunjung yang datang. Tapi saat sudah siang hari sekitar pukul 12 siang, ada beberapa pengunjung anak-anak dan orang tuanya yang berdatangan. Rupanya di sana mereka bukan hanya mau makan dan minum saja tapi juga berenang. Jadi, saya juga baru tahu kalau kolam renang yang ada di HaloNiko ternyata bisa disewa juga.  Wah sungguh teknik marketing yang sangat baik hehehe. 

Makanan di HaloNiko Mini

Saya dan Ricka memesan menu yang berbeda agar bisa saling cicip makanan satu sama lain. Ricka memesan Souvlaki beef, sementara saya memesan Skepasti chicken. Sekilas dua makanan ini memang mirip tapi sebenarnya tidak 100% sama. 

Souvlaki itu bentuknya mirip sekali kebab. Di dalamnya bungkusan roti tortila ada isian sayur seperti tomat, bawang bombay, dan seledri. Tak lupa juga ada isian daging sapi panggang kering yang dipotong memanjang. Ada juga olesan mayonaise yang membuat makanan ini makin sedap. Untuk roti tortila-nya sendiri tidak terlalu tebal dan tidak tipis. Sedikit crunchy. 


Untuk Skepasti HaloNiko juga enggak kalah nikmat. Di dalamnya ada potongan daging ayam panggang kering yang dipotong dadu dan keju mozarella. Roti pitanya juga garing dan cukup pas tidak terlalu tipis dan tebal. Rasa yang lebih menonjol adalah asin, gurih, dan sedikit asam. Asin dan asam ini sepertinya beradal dari keju mozarella dan adam serta bauran saus tomat. Oh ya, bentuk dari Skepasti ini semacam piza yang dipotong jadi dua bagian.



Kedua makanan ini sama-sama memiliki roti maupun daging yang tidak sulit di potong dan dagingnya cukup empuk. 

Di Yunani, Souvlaki dan Skepasti dihidangkan dengan menambahkan irisan kentang. Tapi di HaloNiko, kentang diganti dengan irisan ubi cilembu yang manis dan garing. Ubi ini sebagai tanda adanya unsur Jawa dari makanan Yunani tersebut. Isian dari Souvlaki dan Skepasti bisa kita pilih apakah mau isi daging sapi, ayam atau, daging kambing. Yang pasti ketiganya memiliki harga yang berbeda-beda ya. 

Paling enak kalau makan Souvlaki dan Skepasti HaloNiko dicocol atau diolesi sama saus tzatziki khas Yunani yang mirip seperti krim yang kental. Saya sempat bertanya sama pramusaji yang ada di sana soal bahan apa saja yang ada di saus berwarna putih ini. Ternyata terdiri dari yogurt, timun, olive oil, daun dill. Rasanya? Walaupun ini namanya saus, tapi enggak pedas. Rasanya lebih dominan asam dan segar kayaknya pengaruh dari ada potongan timunnya ya. 

Saya dan Ricka juga mencicipi dessert bernama Bugatsa. Tampilannya mirip seperti martabak yang telah dipotong-potong.  Dipercantik dengan taburan gula halus dan kayu manis. lalu Aroma kayu manisnya begitu kuat, kulitnya garing di dalamnya terdapat isian cream susu yang rasanya tidak terlalu manis. Teksturnya lembut. Nikmat deh dimakan selagi hangat.
Bugatsa HaloNiko Mini

Terakhir, untuk urusan porsi makanan gimana? Menurut saya Souvlaki dan Skepastinya berukuran lumayan besar, jadi sudah bisa dipastikan kamu bakalan kenyang sih makan satu porsi. Bugatsanya juga berukuran sedang. Kenyang juga sih kalo makan ini. 

Minuman HaloNiko Mini

Minuman di HaloNiko juga banyak macamnya. Ricka memesan Es Rindu Laki dan saya memesan Purple Monkey. Dari namanya Es Rindu Laki terdengar unik, ya? Ternyata saat saya cari tahu dari internet, ini merupakan hasil resep kreasi Mba Rika yang saat itu sedang rindu dengan Mas Niko yang sedang berada di Yunani. 

Isian dari Es Rindu Laki adalah agar-agar, nata de coco, cincau, kolang-kaling, susu dan sirup. Memang agak sedikit manis, tapi tetap segar. Kalau Purple Monkey rasanya agak berat, mungkin karena perpaduan antara pisang, blueberry, dan cranberry ya. Rasa yang dominan adalah asam dan manis.
Es Rindu Laki HaloNiko Mini


Purple Monkey HaloNiko Mini

Salah satu nilai plus dari HaloNiko, mereka sudah menggunakan sedotan karton. Jadi sudah tidak menggunakan sedotan plastik lagi. Wahh sungguh senang sekali menemukan tempat makan di Jakarta Selatan yang sadar akan lingkungan.

Harga Makanan dan Minuman di HaloNiko Mini

Nah sekarang kita bahas harga. Untuk Souvlaki beef dihargai Rp78.000. Skepasti Chicken Rp120.000. Bugatsa Rp45.000. Sementara minumannya, Es Rindu Laki dibanderol harga Rp40.000 dan Purple Monkey Rp45.000. Harga-harga tersebut belum termasuk pajak dan servis  ya. Sebenarnya sebelum datang ke HaloNiko, kamu bisa lho mencari tahu dulu menu apa yang akan dipesan nantinya dan memperkirakan berapa nominal yang bisa kamu habiskan untuk makan di sini. Kamu bisa mengeceknya di website resmi HaloNiko. 

Fasilitas dan Pelayanan HaloNiko Mini

Di HaloNiko Mini tersedia wifi yang lumayan kencang. Ya kalau buat sekadar posting IG Story, posting foto di Instagram cepet kok upload-nya. Pramusaji yang ada di HaloNiko juga ramah-ramah sejak kami pertama kali memasuki area HaloNiko mini hingga beranjak meninggalkan tempat tersebut. 

Alamat HaloNiko Mini

HaloNiko Mini berada di Jl. Pejaten Barat No.16A, RT.1/RW.10, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540. Tepatnya di belakang Griya Patriya Guest Host. Kamu tinggal jalan sepanjang 5 meter, HaloNiko terletak di sebelah kanan. Kalau kamu mau melakukan reservasi dulu juga bisa. HaloNiko Mini buka dari hari Selasa - Minggu pukul 10.00 hingga 20.00 malam. 

Sementara yang ada di Lippo Plaza Mampang, beralamat di Ground Floor, RT.2/RW.5, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan. Buat kamu yang mau tahu lebih banyak soal HaloNiko bisa juga kepo-in Instagramnya di @WarungHaloNiko.


Jujur saya cukup puas berkunjung ke tempat makan di Jakarta Selatan ini baik dari sisi hidangan, ambience, fasilitas, dan pelayanan maupun dari sisi harga. Kalau nanti saya kembali berkunjung ke tempat ini, saya sudah tahu ingin memesan apa, yakni Mama Moussaka, soalnya penasaran katanya terbuat dari isian daging cincang, terong, ubi, keju, dan saus krim.

Penasaran sama makanan yang ada di HaloNiko Mini? Buruan mampir ke sini, boleh lho ajak saya juga :)

Artikel lainnya: Icip Soto Betawi Afung Dan Jajanan Halal Lain Di Glodok


24 komentar:

  1. Ya ampuuun kecee banget ini sih HALONIKO.
    Tegel lantainya bagussss, ada kolam renang pulaakk, bisa buat renang bocah2 ini kayaknya ya.
    Makanannya juga tempting sangaaatt!

    BalasHapus
  2. Wkkk lucu banget nama es nya es rindu laki. Nama yang unik di Haloniko yang bisa merasakan sensasi makanan yunani dan jawa. Dengan konsep yang rumahan bikin betah.

    Perpaduan dua negara tapi di satukan oleh cinta pada makanan. Yummmy

    BalasHapus
  3. Waaah uniiik. Suka sama review-nya. Suka lihat foto-fotonya. Kelihatan nyaman, adem. Apalagi pas datangnya belum rame-rame amat begitu.

    BTW, saya bingung membayangkan ini: Purple Monkey rasanya agak berat ..... bagaimana itu, ya? :D

    BalasHapus
  4. Tempatnya cozy, sejuk dan artistik ya kelihatannya. Menu2nya juga nggak pasaran dan enak klihatannya

    BalasHapus
  5. tempatnyaaaa, cocok bnget buat foto2 ootd ini mah, atau foto produk, makasih bnget mba rekomendasinya, bisa mampir nih kapan2

    BalasHapus
  6. Aah, makanannya menggoda banget, jadi lapeeer.

    Trus ku suka sama tempatnya yang asri di HAloNiko ini, asri keknya nyaman deh.

    BalasHapus
  7. Menarik mba yah namanya juga konsepnya apalagi sajian makanan perpaduan Yunani dan JAwa plusnya lagi ada kolam berenangnya makin asik nih buat tempat keluarga ya

    BalasHapus
  8. Kalau di cafe-cafe emang ciri khas list menu makanan menggunakan kapur ya dan black board dibandingkan dengan versi cetak. Well aku ngiler sama makanannya mbak.

    BalasHapus
  9. Es Rindu Laki.
    Hmm..
    Seperti apakah rasanya itu.
    Hahah

    Tempatnya kece dg harga yang rasional
    Sukak !

    BalasHapus
  10. Tempatnya bagus dan instagramable banget. Aku juga belum pernah makan makanan Yunani. Kalau campur Jawa, kayanya tetep bisa makan deh

    BalasHapus
  11. Kalau ini yang di Pejaten, ya. Suasananya nyaman, ya. Tapi, jadi pengen nyebur juga kalau lihat kolamnya hahaha

    BalasHapus
  12. Oh ternyata pemiliknya ya asal Yunani & Jawa pantas saja menghasilkan kuliner dari kolaborasi dua negara. Berarti daerah Kemang ya ini.
    Nama minumannya unik banget es rindu laki hehehe perpaduan tradisional dan modern ada cincaunya pula

    BalasHapus
  13. Nama tempatnya lucu banget, ya!
    Terus juga suasananya juga bikin betah gitu. Jadi penasaran juga sama rasa makannya. Pengen cobain ke sana ahh kalau ke Jakarta :)

    BalasHapus
  14. Bugatsa campur es rindu ini pasti enak banget mbak, btw tempatnya unik dan citarasa Yunani ini jarang banget ya. Jadi pengen melancong kemari pasti betah banget berlama2 nyaman pula ya mbak.

    BalasHapus
  15. Tempatnya kece banget ya mbak. Mana menunya banyak dan namanya menarik perhatian. Jadi pengen nyobain

    BalasHapus
  16. kak rahma itu harga makan dan minum ud termasuk free akses ke poolnya nggak? tumben saya lihat cafe ada poolnya gitu.

    BalasHapus
  17. Beneren cakeep ini tempat Mbak. Makanannya juga yummy ya. Mau donk kesana juga. Eh tapi kapan yak bisa ke Jakarta.

    BalasHapus
  18. Ya Allah indah sekali nih tempatnya jd pengen ada di sana kebayang ademnya..

    BalasHapus
  19. Tempatnya bagus banget, kok lebih cocok jadi penginapan ya ini mbaak. Suka sama lantainya deh, malah fokusnya ke situ. Instagramable juga ya, menunya beragam. Semoga bisa berkunjung ke sini kapan-kapan.

    BalasHapus
  20. tempat mkan yang bagus ya ang begiiniii ya mbak,, yang bs bikin puas pelangganna... aku penasasran pengen ke sana jadinya

    BalasHapus
  21. Baru nemu ada tempat andalan makan yang menyajikan makanan yunani, penasaran enak apa nggak
    Kalau liat dari tempatnya masyaAllah kece mba pengen juga ih. Main ke situ

    BalasHapus
  22. Pertama kali aku tau masakan Yunani itu ya Moussaka, gara-gara dikirimi oleh teman pena yang hobi tuker-tukeran kartu pos. Penasaran banget pengin makan Moussaka ini. Semoga aja kapan-kapan bisa ke Halo Niko Mini dan nyobain Moussaka ini.

    BalasHapus
  23. Wwiihhh mbakk... Aku klo ditempat secantik ini mah bsa berlama2 buat foto2 trus nulis2 mbakkk.. Cantik bgtt

    BalasHapus
  24. Pasti nyaman sekali nih kalau bisa datang ke kafe yang konsepnya kayak Halo Niko Mini ini. Mana menu-menunya juga menggoda banget.

    BalasHapus