Cara Gampang Merawat dan Tips Membeli Flahsdisk yang Perlu Kamu Tahu



Pertengahan bulan November 2018 lalu saya dapat hadiah berupa flashdisk yang saya peroleh dari kompetisi lomba blog. Jadi, ceritanya bulan Oktober 2018 saya iseng cari informasi soal lomba blog di internet. Motivasinya sebenarnya mau ‘nguji’ diri sendiri sejauh mana sih tulisan saya kalau misalnya enggak nulis buat kepentingan klien. wkwwkkw, sombong! :)

Terus dapatlah info, kalau salah satu perusahaan aplikasi pemesanan ruangan meeting, event, dan coworking space di Indonesia lagi ngadain lomba blog. Tanpa pikir panjang, setelah saya baca semua syarat dan ketentuan lomba, saya memutuskan untuk ikut lomba tersebut yang deadline-nya akhir Oktober 2018 lalu.

Pokoknya berbagai persiapan saya lakukan, mulai dari riset, minta pendapat teman sesama content writer  di kantor soal tulisan yang saya buat, hingga membuat video buat diposting di Instagram saya. Dipemberitahuan lewat posternya, 3 pemenang utama akan dapat voucher hadiah MAP senilai @Rp.1.500.000 dan flashdisk untuk 30 pendaftar terpilih (Lumayan banget kan!)

Alhamdulillah dari berbagai upaya tersebut, akhirnya saya menjadi salah satu penerima hadiah hiburan flashdisk dari pihak penyelenggara. Ini merupakan hadiah pertama dari lomba blog pertama saya. Hehehehe. Rasanya senang banget! Meskipun cuma dapat flashdisk, tapi ada rasa sedikit bangga karena tulisan saya diapresiasi sama panitia lomba hehehe
Source: https://tenor.com



Saya ingat betul, hadiah flashdisk tersebut tiba di rumah saya hari Kamis, tanggal 22 November 2018. (Ya, namanya hadiah pertama dari lomba blog, jadinya diingat-ingat terus hehehe). Pas saya buka, saya langsung cek kapasitas flashdisk-nya. Ternyata lumayan juga, 15.5 Gigabyte. Selain itu, ada tempat khususnya juga. Jadi memudahkan saya menyimpannya dan meminimalisir flashdisk saya jadi kotor.

Oh iya, tanggal 25 November 2018 lalu saya datang ke acara Blogger Gathering Bukalapak: Trik Membuat Blog yang Menarik& Disukai Pembaca, nah salah satu narasumbernya yakni Kak Teppy (Stephany Josephine) yang merupakan blogger bilang, kalau hadiah pertama yang ia peroleh dari lomba blog adalah USB. Wahhh senang banget ada temennya wkwkwk. 

Flashdisk



Ini bukan cuma menjadi hadiah pertama dari lomba blog pertama, tapi flashdisk dengan kapasitas terbesar pertama yang saya punya. Nah, saya enggak mau dong flashdisk ini rusak, karena buat dapetinnya aja saya harus menguras otak dan tenaga hehehe. Terus saya coba cari—cari informasi gimana sih caranya agar flashdisk kita itu tahan lama. Nah, mungkin dari kamu ada yang belum tahu nih. Yuk, sama-sama cari tahu cara merawat flashdisk agar tahan lama atau enggak cepat rusak di bawah ini:

Jangan lupa meng-eject flashdisk setelah digunakan

Cara merawat flashdisk agar tahan lama yang pertama adalah jangan lupa meng-eject flashdisk setelah selesai digunakan. Saya yakin banget, hampir semua dari kita pernah lupa atau malas melakukan eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB (kebanyakan alasannya karena buru-buru). Mulai sekarang sebisa mungkin jangan lakukan kebiasaan itu lagi ya. Alasannya, kalau flashdisk tidak di-eject, bisa berpotensi lebih cepat rusak. Sebenarnya, proses eject atau stop tersebut memiliki tujuan untuk mencegah corrupt-nya data kita. Enggak mau kan data yang ada di flashdisk kamu hilang gitu aja cuma karena alasan lupa atau malas meng-eject flashdisk? Buat meyakinkan kamu tentang betapa pentingnya meng-eject flashdisk, Bukalapak punya informasi lengkap di blognya di bawah ini.

Secara rutin melakukan scan virus

Kita pasti sering banget deh men-colok flashdisk yang kita punya dari gadget satu ke gadget yang lain. Jadi, terkadang ada saja virus dari salah satu komputer atau laptop yang merusak di flashdisk kita. Nah, salah satu cara merawat flashdisk agar tahan lama adalah dengan membiasakan scanning virus terhadap flashdisk yang sering kita gunakan. Dengan begitu, kita bisa terus ‘memantau kesehatan’ dari flashdisk yang kita miliki.

Hati-hati dalam menyimpan data

Ternyata menyimpan file dengan jumlah kapasitas yang terlalu besar enggak baik lho buat flashdisk. Jadi, disarankan untuk file yang size-nya besar disimpan dengan menggunakan zip untuk mengompresnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Jangan juga terlalu sering untuk melakukan format terhadap flashdisk ya. Selain itu, usahakan untuk enggak mengedit data langsung dari flashdisk. Sebaiknya, kamu copy dulu data yang ingin diedit di gadget, kemudian diedit.

Setelah selesai, baru deh di-copy lagi ke flashdisk. Bisa juga dengan memindahkan file yang besar ke hard disk laptop/komputer untuk mengurangi beban kerja flashdisk dengan daya dari power USB yang sangat minim.

Oh Iya, sebisa mungkin jangan hanya menyimpan file disatu tempat aja. Perlu juga punya backup-an data. Biasanya kalau saya, selain menyimpan data di flashdisk, saya simpan juga di hard disk eksternal atau email. Contoh data yang penting tuh kayak data skripsi, portfolio, cv, tugas kantor, dan lain-lain.  Jadi, kalau misalnya ada apa-apa sama tempat penyimpanan kita itu, kita enggak perlu pusing nyari data-nya.

Tutup socket USB ketika tidak digunakan

Hampir semua flashdisk yang ada di pasaran pasti dilengkapi pelindung pada bagian USB-nya. Bila kamu tidak sedang menggunakannya, tutup socket USB tersebut dengan pelindung yang tersedia untuk mencegah debu masuk ke bagian dalam flashdisk.

Hindari terkena air

Katanya sih, sekarang sudah ada flashdisk yang memiliki kemampuan waterproof (what? kayak alat makeup aja waterproof :p). Meskipun begitu, sebisa mungkin jangan sampai flashdisk kita terkena atau bahkan sampai terendam di dalam air ya. Seperti yang kita tahu selama ini, kalau barang elektronik itu rentan rusak kalau terkena air. Ini biasanya terjadi karena kita suka menyimpan flashdisk di saku kemeja atau celana dan lupa memindahkannya ketika pakaian ingin dicuci.

Hindari flashdisk terkena benturan keras atau terjatuh

Benda apapun bila terkena benturan keras atau terjatuh pasti akan mengalami kerusakan, begitu pula dengan flashdisk. Bila flashdisk terjatuh, bisa mengakibatkan komponen-komponen di dalamnya rusak atau pecah dan tidak bisa berfungsi lagi. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan tali pengikat flashdisk yang bisa diperoleh dengan mudah baik di toko komputer atau online seperti Bukalapak.

Perhatikan suhu tempat penyimpanan flashdisk

Cara merawat flashdisk agar tahan lama ini juga penting, lho. Suhu yang bagus adalah suhu ruangan normal. Logikanya, memang sih, kita tuh enggak mungkin juga kan nyimpen flashdisk di tempat yang dingin banget kayak kulkas atau panas kayak microwave.

Tapi, flashdisk itu ukuran kecil dan saking kecilnya bikin kita suka lupa naro sembarangan atau nyelipin di mana aja. Misalnya, naro flashdisk di meja yang ruangannya ber-AC yang dingin atau meletakkan flashdisk di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Nah, dengan menyimpan flashdisk di suhu yang tepat bisa menghindarkan flashdisk dari korosi (berkarat) pada colokannya. Kalau sudah berkarat terlalu parah maka flashdisk tentu tidak bisa digunakan lagi.

Simpan flashdisk di tempat yang benar

Cara merawat flashdisk agar tahan lama lainnya, yakni hindari menyimpan flashdisk di dekat peralatan elektronik, khususnya yang memiliki magnet yang besar seperti kulkas, ponsel, dan TV. Hal ini disebabkan karena medan magnet yang besar bisa berpengaruh pada kinerja dari flashdisk.

Gimana 8 cara merawat flashdisk agar tahan lama di atas? Semoga bisa membantu kamu ya. Meskipun terkadang dianggap sepele oleh kita pengguna flashdisk pada umumnya dan banyak yang berpikiran kalau flashdisk rusak bisa beli yang baru, tapi ingatlah kalau data yang hilang enggak bisa digantikan dengan uang. Hehehehe.
Masih kurang? Apa? kamu belum punya flashdisk dan bingung milihnya? Oke oke. Saya coba bantu jelaskan gimana caranya ya.

Perhatikan merek flashdisk

Jangan pilih flashdisk karena faktor harganya yang murah ya. Hal ini karena merek dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah brand flashdisk tersebut sudah teruji atau belum di masyarakat. Kamu bisa mengandalkan internet untuk melihat review dari orang-orang yang sudah menggunakan flashdisk tersebut.

Kapasitas penyimpanan

Belilah flashdisk yang sesuai kebutuhan dan jangan terlalu besar kapasitas penyimpanan-nya ya.

Beli yang asli

Sebaiknya, jangan deh beli flashdisk KW karena pasti enggak akan tahan lama. Cara membedakan flashdisk KW dan asli, di antaranya flashdisk asli memiliki tulisan berupa serial nomor dan ukurannya sedikit lebih panjang. Sedangkan flashdisk palsu tidak memiliki tulisan berupa serial nomor alias polos dan ukurannya lebih pendek. Selain itu, kapasitas di kemasan enggak sama dengan yang ada di komputer, dan harga flashdisk KW biasanya jauh lebih murah daripada dengan flashdisk asli. Biasanya, flashdisk yang asli memiliki jaminan garansi resmi dari perusahaan atau setidaknya distributor. Sementara untuk flashdisk palsu tidak memiliki garansi.

Kondisi fisik

Kondisi fisik juga menjadi salah satu pertimbangan nih ketika memilih flashdisk. Misal, beli flashdisk yang bentuknya kokoh untuk mengantisipasi terjadinya benturan atau terjatuh, sehingga tidak mudah rusak. Di pasaran ada 2 jenis bahan flashdisk yang beredar yaitu alumunium dan plastik. Memang yang paling bagus, pastilah yang terbuat dari bahan alumunium dan harganya juga relatif lebih mahal. Tapi, jangan salah, bahan alumanium ini cenderung kuat dan awet terutama jika terbanting atau terkena benturan benda keras. Flashdisk dari alumunium cocok bagi kamu yang tidak begitu pandai menjaga barang barang milik sendiri.

Harga flashdisk

Harga memang menjadi salah satu faktor penting dalam memilih flashdisk. Perlu diketahui,tingkat ekonomi pada setiap orang berbeda-beda. Siapa sih yang enggak mau beli barang dengan harga terjangkau dan kapasitas penyimpanan yang besar. Tapi, hal itu bisa menjadi salah satu kelemahan dalam membeli flashdisk.


Gimana, sudah lengkapkan penjelasan soal flashdisk? Kalau kamu enggak mau ribet beli flashdisk di toko komputer, kamu bisa nih beli flashdisk di Bukalapak. Ada berbagai flashdisk dengan kapasitas penyimpanan dan desain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dari berbagai brand dan harga yang terjangkau tentunya. Buat kamu yang masih bingung memilih flashdisk yang mana, kamu bisa baca dulu review-review tentang berbagai flashdisk di situs BukaReview. Semoga bermanfaat ya! 

Kalau kamu lagi ada rencana mau beli flashdisk dan enggak mau ribet beli  di toko komputer, kamu bisa nih beli flashdisk di Bukalapak. Ada berbagai flashdisk dengan kapasitas penyimpanan dan desain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dari berbagai brand dan harga yang terjangkau tentunya. Buat kamu yang masih bingung memilih flashdisk yang mana, kamu bisa baca dulu nih review-review tentang berbagai flashdisk di situs BukaReview. Semoga bermanfaat ya! 

Referensi:

http://www.walidin.net/2016/05/cara-merawat-flashdisk-agar-tidak-cepat-rusak-awet-dan-tahan-lama.html

http://mbahpc.com/7-tips-rahasia-memilih-flashdisk-yang-bagus-dan-tahan-lama/

https://satujam.com/cara-membedakan-flashdisk-asli-dengan-yang-palsu/

108 komentar:

  1. Oh, flashdisk nggak boleh jatuh dan terbanting ya? Duh pantesan kok nggak mau dibaca oleh PCku kemarin, lha habis dibanting anak ciwikku ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba enggak bolehh hehehe. Bukan cuma flashdisk, harddisk juga enggak boleh jatuh karena bisa rusak juga hehehe

      Hapus
    2. Iya hardisk juga ngeri banget kalau sampai jatuh. Cuma mikirku flashdisk kan kecil ya, mosok jatuh aja bisa error. Ternyata punyaku juga error habis dibanting baby gempil, hufft.

      Hapus
    3. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Wah, selamat ya mbak menjadi pemenang lomba blog. Makasih tipsnya seputar merawat flashdisk. Penting nih infonya buat aku yang sering menyimpan file di flashdisk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makasih ya Mba hehehe. Iya, gara-gara dapat hadiah flashdisk aku jadi kepikiran buat nulis soal flashdisk karena kapasitasnya lumayan besar dan pengin kuga baik-baik hadiah itu hehe

      Hapus
  3. Wah, selamat ya mbak menjadi pemenang lomba blog. Makasih tipsnya seputar merawat flashdisk. Penting nih infonya buat aku yang sering menyimpan file di flashdisk.

    BalasHapus
  4. Keren, selamat ya mba jadi pemenang lomba blog, tips oke banget, suka lupa ejject flashdisk sehabs dipakai apalagi kalau buru-buru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba aku juga suka lupa eject flashdisk. Apalagi pas kuliah dulu. Buru-buru ngerjain tugas terus mau ngeprint di tukang ngeprint kadang suka lupa eject. Makanya sering gonta-ganti flashdisk

      Hapus
  5. Tentang 'eject' itu selalu aku ingat, mba!
    Informasi berharga pertama aku itu.
    Sudah terpatri rapi di hati, cie, cie...
    Dan... aku juga menularkannya dengan yang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheh makasih Mba. Aku setelah cari tahu tentang betapa pentingnya meng-eject flashdisk, alhamdulillah sekarang enggak lupaan lagi wkwkwk

      Hapus
  6. Ini mah postingan peringatan bust bunds. Bunda tuh kebiasaan memang alasannya keburu-buru jd begitu lsptop mat langsung cabut tuh flashdisk. Mksh ya sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga awalnya suka lupa eject flashdisk. Terus gara-gara dapat hadiah flashdisk yang kapasitasnya besar dan enggak mau flashdisk itu cepat rusak makanya coba cari tahu gimana caranya merawat flashdisk hehehe

      Hapus
  7. Tutp socket flashdisk bila tidak digunakan nah ini yang suka lpa aku lakukan :) gak pernah beli flash disk masih numpuk dari goodiebag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh enak dong Mba banyak dapat flashdisk hehehhe. Aku juga pernah dapat flashdisk dari ikut-ikut event gitu, tapi gak tahan lama karena rusak atau bahkan ada yang hilang :(

      Hapus
  8. Nah, ternyata banyak yg luput alias nggak aku lakuin seperti yg mbk sebutin di atas. Pantes aja, baru beli bentar eee udah rusak. Besok beli lagi, rusak lagi. Hiks. Makasih tipnya ya mbk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba sama-sama ya. Akupun dulu juga sering teledor pakai flashdisk. Tapi pas tahu tipsnya, sebisa mungkin dijaga baik-baik benda kecil satu ini heheheh

      Hapus
  9. ciye yang menang blog hehehehe. Lengkap banget deh tipsnya. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya. Walaupun cuma dapat hadiah flashdisk, tapi senang banget. Seenggaknya tulisan gue dibaca dan diapresiasi sama panitia wkwkwkkw

      Hapus
  10. Ealah ternyata harus senantiasa ditutup ya? Saya baru tahu lo mbak, kalau flashdisk juga nggak boleh kebanting-banting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba. Saya kira enggak ngaruh kalau ke banting, karena bentuknya kecil wkwkw. eh ternyata flashdisk kalau ke banting rapuh juga kayak hati, eeehhhh :D

      Hapus
    2. Sama Mba. Saya kira enggak ngaruh kalau ke banting, karena bentuknya kecil wkwkw. eh ternyata flashdisk kalau ke banting rapuh juga kayak hati, eeehhhh :D

      Hapus
    3. Wkwkwkwk.... Sayangnya kalau hati nggak bisa diwadahin kaya Flashdisk ya Mbak.... :D dan kalau rusak nggak bisa beli lagi :P

      Hapus
  11. Aduh, baca ini kayak seolah kena teguran, sring banget simpan FD sana sini, cabut sejenak jidat kalau udah pake, ternyata... 😢 Makaish tips dan triknya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba hehehe. Sebelum saya tahu tips merawat flashdisk juga saya sering teledor hehehe

      Hapus
    2. Berkat tips dari kakak, teledor saya berkurang, FD disimpan baik-baik, trus gak langsung cabut lagi kalau dipsang di nb 😎

      Hapus
  12. Nah penyakit aku nih suka main cabut aja sbelum di eject 😖

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos dong Mba, saya jugaaa wkwkwk. Tapi setelah cari tahu cara merawat flashdisk jadi enggak lupa lagi hehehe

      Hapus
    2. Tos dong Mba, saya jugaaa wkwkwk. Tapi setelah cari tahu cara merawat flashdisk jadi enggak lupa lagi hehehe

      Hapus
  13. Kadang-kadang saya masih suka jorok nih sama flash disk. Suka asal naro di mana aja gitu. Iya, ya, harus dirawat karena kan kita juga butuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba. Sebelum saya tahu tipsnya juga saya suka sembrono dengan flashdisk hehehe

      Hapus
    2. Yup! Sekarang saya juga mulai hati-hati deh menyimpan flash disk :)

      Hapus
  14. Kalo eject sih selalu aku lakukan. Yang suka lupa tuh menutup socket flashdisk. Makasih diingatkan soal merawat flashdisk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku sering lupa naro socket flashdisk di mana. Makanya sering banget flashdisk kepunyaanku tidak ada tutpnya. hehe

      Hapus
    2. Aku pun jugak, ada dua flashdisk yang gak pakai tutup. Ya gitu suka lupa nutup kalo udah dicabut dari laptop. Harus lebih perhatian lagi nih dengan hal sepele tapi penting

      Hapus
  15. Flashdisk itu barang kecil yang kegunaannya besar ya...
    Sayang sekali saya juga suka lupa nge-ejek hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba, saya juga suka lupa awalnya hehehe

      Hapus
  16. I was sooo sad waktu hard disk Aku rusaaak. Sekarang Aku hati-hati banget dengan flask disk dan hard disk yang aku pakai, biar ngga jadi seselan nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, baik flashdisk maupun harddisk harus dijaga baik-baik. Meskipun sekarang ada gdrive atau Cloud, ya kalau internet bermasalah, dua benda ini sangat penting sekali. hehehe

      Hapus
  17. Aku banyak flashdisk tapi ga pernah jarang banget di pake soale ga punya laptop juga hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seenggaknya walaupun enggak punya flashdisk dan laptop nanti kalau ada rejeki beli flashdisk dan laptop udah tahu ya Mba gimana caranya bikin FD jadi awet hehehe

      Hapus
  18. Ternyata banyak juga kebiasaan yang harus dirubah mengenai merawat dan menggunakan flash disc yang baik dan benar.
    Sekarang,
    Aku pakai flashdisc hanya untuk nonton film di tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihh sama banget Mba. Aku juga banyak simpan file film di FD hehehe

      Hapus
  19. Saya suka lupa buat eject flashdisk setelah dipakai kak (ngaku hihi) ternyata bisa buat cepat rusak ya. Makasih infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba hehehe. Indahnya berbagi informasi yaa wkwkwk

      Hapus
  20. Pasti senang banget nih bisa dpt hadiah di lomba blog pertama. Selamat ya ....
    Btw, saya malah baru tahu kalau ciri2 flasdisk KW. Selama ini klo beli tinggal beli aja. Ga mikir asli atau KW.

    BalasHapus
  21. Aku paling sering ngilangin tutup fd, hampir semua fd ku tutupnya ga ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba akupun juga begitu. teledor banget naro tutupnya :(

      Hapus
  22. Duh, jadi keingetan diri sendiri yang jorok banget sama flashdisk. Udah gampang rusak, sering hilang pula. Jadinya tiap butuh pasti aja beli lagi. Ihiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga awalnya dulu gitu, flashdisk sering banget rusak, entah karena lupa eject atau kena virus gara-gara sering mencolok flashdisk di tukang printer

      Hapus
  23. Aku juga punya banyak flashdisk 16GB mbak dapat dari event, lumayan banget memang punya penyimpanan yang lumayan besar ya, foto-foto di hp yang sudah kelebihan muatan tinggal di pindahin ke flashdisk aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba hehe. Kalau punya flashdisk yang kapasitasnya besar tuh enak. enggak worry mau nyimpan data yang kapasitasnya besar juga heheh

      Hapus
  24. Baru tau kalo sebaiknya gak menyimpan file terlalu besar dan gak boleh edit langsung di FD. Banyak ilmu baru nih, thx mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun juga baru tahu Mba hehehe. gara-gara dapat flashdisk yg kapasitasnya besar makanya aku mau jaga banget flashdisknya biar awet hehehe

      Hapus
  25. Nah aku pernah tuh ngalamin flashdisk kena air. Duh sedihnyaa hatiku. Makasih tipsnya ya mba. MOga next time aku ga teledor lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku belum pernah ada pengalaman flashdisk kena air. Yang pernah itu kena virus atau gara-gara lupa eject jadi rusak deh :(

      Hapus
  26. Saya jarang beli flashdisk, seringnya dapat free dari event haha.
    Duh jd keinget gk seberapa aware nih sama flasdisk #tutupmuka
    Btw jd keinget zaman awal2 flashdisk booming suka banget beli flashdisk yg lucu2 bentuk2 figur gtu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu enggak aware sama flashdisk. Main pake-pake aja. hehhe. Terus pernah sampai kesel sendiri karena sering rusak atau bahkan pernah hilang :( makanya kadang aku juga backup data penting enggak cuma di satu tempat, misal di flashdisk yang lain atau harddisk, bahkan email hehehe. preventif harus diutamakan hehehe

      Hapus
  27. Yg paling sering kelupaan adalah mengeject Flashdisk nih kak. Huhuhu

    BalasHapus
  28. Wah rinci banget mba. Gak begitu ngeh dan telaten juga soal perawatan flash disk wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sama. Awalnya aku bodo amat sama flashdisk hehehe. Tapi semenjak dapat hadiah flashdisk yang lumayan besar kapasitasnya dan aku enggak mau flashdisk itu rusak, makanya sebisa mungkin aku jaga heheh

      Hapus
  29. Ini kalo suami suka kasih tau step merawat falshdisk persis sama yang mba Rahma jelasin. Klo aku kadang careless, eject aja klo ga bisa main cabut. Ampuuun hehehe.

    Makasih sharingnya ya, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suami Mba lulusan ilmu komputer ya? hehehe * maaf sok tahu. saya juga awalnya kayak gitu, sering lupa eject flashdisk hehehe

      Hapus
    2. Suami Mba lulusan ilmu komputer ya? hehehe * maaf sok tahu. saya juga awalnya kayak gitu, sering lupa eject flashdisk hehehe

      Hapus
  30. Wiyy.. terimakasih untuk tips merawat flashdisknya yaa... Aku nih suka sembrono, kalau pake flashdisk asal eject aja huhuhuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun awalnya juga begitu Mba Uniek, suka lupa eject flashdisk. Padahal kebiasaan kecil itu sangat berarti untuk 'keberlangsungan hidup" benda kecil itu ya hehehe

      Hapus
  31. Aku punya banyak flashdisc dari goodiebag event nih tapi sekarang udah jarang pake flashdisc. Kalo dulu iya pas masih nulis novel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang ada sebagian orang yang lebih memanfaatkan media lain kayak GDrive atau Cloud buat nyimpen data. Atau pake harddisk. Tapi jujur, kalau aku kadang masih suka FD karena ukurannya yang kecil jadi ringkas dibawa ke mana-mana heheh

      Hapus
  32. di rumahku aku punya banyak banget flashdisk karena sekarang souvenir flash disk mulai banyak diberi oleh orang2

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi iya sih bener, kita harus hati2 jika ingin berbagi flash disk karean rawan terkena virus

      Hapus
  33. sekarang banyak bangetya flashdisck yang bajakan alias KW
    sekali pakai rusak hahaha hilang deh data2 hiks,..
    sudah gitu loading transfer filenya lambat banget

    BalasHapus
  34. Setuju Mba hehehe. Terus kadang suka susah ya bedain mana flashdisk kw mana asli

    BalasHapus
  35. flashdisk emang penting banget buat dibawa, kadang suka kirim data pake FD nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang hehehhe. Jadi harus dijaga baik-baik hehe

      Hapus
  36. Pengen flashdisk yang ada tutupnya sih kaya zaman dulu gitu. Tapi sekarang zamannya flashdisk dual drive, jadi bisa langsung colok ke smartphone tanpa melalui kabel OTG. Jadi rata-rata udah pada gak pake tutup kaya flashdisk zaman dulu, tapi pake slider ya.

    BalasHapus
  37. Betul Bang hehehe. Tapi meski sekarang udah enggak ada tutupnya, tetep harus dijaga baik-baik hehehe

    BalasHapus
  38. Wohoooo, lengkap banget ulasannya Mbak.
    Saya nih yg masih asal pake flashdisk, lebih sering lupa eject klo mau cabut daripada ingatnya. Dan ternyata oh ternyata gak boleh sembarang simpannya yaah, noted deeh. Thanks ya Mbak ;)

    BalasHapus
  39. Karena dia imut2 perlakuan dan perawatannya juga harus hati2 yaa. Aku nih paling sering ngilangin tutup FD. Akhirnya jadi kotor deh. Sekarang kalau beli FD diusahain yg tutupnya nyatu tinggal dislide aja, jadi ga ada drama keilangan tutup lagi

    BalasHapus
  40. Emang ada ya flashdisk KW? Aku malah baru tahu kalau ada flashdisk KW setelah baca postingan ini. Dulu selama aku magang di ruko penjualan flashdisk sepertinya aku nggak pernah tahu kalau ada flashdisk KW. Atau mungkin aku lupa kali ya. Hahaha. Entahlah...

    BalasHapus
  41. Dulu sempat punya flashdisk yang memorinya banyak, terus tutupnya hilang, jadi nggak pernah ditutupin gitu. Nggak selang lama rusak. Dulu pas belum punya FD, sering pinjam dan waktu selesai pakai asal lepas aja tanpa di eject, padahal nggak bagus ya. Nggak sesuai prosedur haha.,jadinya cepet rusak deh

    BalasHapus
  42. seringnya sih lupa naruh, mungkin karena barangnya kecil jadi naruh enggak rapi, pas dibutuhkan cainya lama.
    Terus pas digunakan kadang lupa me ejectnya, suka diingatkans ih sama suami, prosedurnya.

    BalasHapus
  43. Banyak banget mba tipsnya, bermanfaat banget nih, meskipun sekarang saya jarang pakai flashdisk karena udah kerja jadi emak2 wakakak
    Dulu saya punya flashdisk banyak banget, ga di kantor, di rumah, bertebaran, belum apa2 rusak, duuhh..
    Emang karena asal sih, kalau saya sering ga pernah lupa di eject, masalahnya, saya nariknya itu digoyang2 biar gampang terbuka hahaha.
    Belum lagi asal aja ditaruh, jadinya kadang jatuh penyok dan rusak deh :D

    BalasHapus
  44. Selamat ya, mba sudah menanf blog, keren uiii. Kebetulan nih flashdisk punyaku sering banget rusak karena sembarangan makenta, hiks

    BalasHapus
  45. flashdisk oh flashdisk...ternyata di blog ini banyak banget ngebahas tentang flashdisk. perawatan si kecil mungil ini emang ga gampang ya. banyak yg harus di hindari seperti kena benturan. kok kaya jagain anak balita aja deh.

    btw, informasinya cukup komplit.

    BalasHapus
  46. Aku pernah beberapa kali flash disc masuk mesin cuci huhuhuhu rusak deh. Dan ga cuman sekali kejadiannya

    BalasHapus
  47. Catet, aku juga pengguna flashdisk dan kudu jaga betul biar data2 gak ilang. Kemarin tuh sempat beli eh ternyata pas buat nyimpan malah ilang. Pengen nangis

    BalasHapus
  48. Aku yang seriiing banget itu lupa nutup fashdisk. Entah berapa kali punya falshdisk tutupnya ilang -_____-
    Akhirnya sekarang kalau beli flashdisk milih yang tutupnya nyantol atau kalau enggak yang model bisa tarik itu lho. Jadi amaaan, nggak meributkan ditutup lagi. Hahaha.

    BalasHapus
  49. Aku berkali-kali flashdisk kecuci sejak SMA huehehehe. Aku malah belum pernah menang lomba nge-blog nih :(

    BalasHapus
  50. Beberapa kali dpt hadiah flashdisk di goodybag yg engga bs dibaca setelah beberapa lama pemakaian mungkin krn barangnya ga bermerk ya..heu..

    BalasHapus
  51. Huwaaa jd inget pas pertama kali menang lomba blog Mba, waktu itu aq dapetin buku dr Mba Lianny. Senengnya gak ketulungan. Hehe.. Mulai dr situ, jd senenh bgt ikutan ngelomba :)

    BalasHapus
  52. Flashdiscnya ada tempatnya ya, jadi enak tuh nyimpennya. Ternyata Teppy itu pernah ikutan lomba blog juga ya hehe

    BalasHapus
  53. Flashdisknya keren banget deh modelnya. Baru tahu aku yang model begini. Udah jarang pake sih, jadi sering lupa eject 🙈

    BalasHapus
  54. aku pernah kehilangan banyak data penting karena flashdisknya rusak ..sedih banget yaaa kalau udah kejadian. Yang past, aku sekarang menajga dan emrawatnya extra hati-hati supaya tidak terulang

    BalasHapus
  55. Oh pantesan ya FD saya dulu rusak krn belum ngeh sama merknya dan sering asal cabut dari laptop tanpa dieject dulu

    BalasHapus
  56. aku suka lupa tutupnya mba kini flasdiskku semuanya yang model digeser gitu jadi ga perlu tutup :)

    BalasHapus
  57. Sepele yang penting itu aku jarang banget nengeeject flash dsik sebelum dikeluarkan. Hiks

    BalasHapus
  58. Makasih tips dan infonya, kadang suka menyepelekan merawat flashdosk, kalau nggak berfungsi deh baru riweuh, mau beli baru nggak ada budget heheh

    BalasHapus
  59. Halo Mbak, aku juga pernah menang lomba blog terus dapat flashdisk. Sayang, flashdisknya sering gak kedetect di laptop, akhirnya aku pensiunin deh. Terus kemarin beli lagi online pas ada promo juga. Wkwkwkwk. Terus baca ulasan Mbak di atas. Kok flashdiskku modelnya yg gak ada tutupnya ya. Semoga awet2 saja.

    BalasHapus
  60. selamat yaaa, emang senengg banget kl perdana ikutan lomba blog, trus dapet reward,apapun ituhh :) btw gedeee bgt kapasitas FD nya yah, mayann banget

    BalasHapus
  61. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  62. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  63. Nama saya Rahma Henny dari Ajman di Dubai UAE, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya ditipu $ 3.000 karena saya membutuhkan pinjaman $ 90.000 untuk modal usaha dan hutang. Saya frustrasi saya tidak punya tempat untuk pergi, dan bisnis saya hancur dalam proses.

    Itu semua terjadi pada bulan Maret 2019, sampai saya bertemu orang-orang daring yang bersaksi tentang pemberi pinjaman nyata Mrs. GRACE ALEXANDER jadi saya mengajukan pertanyaan dan dia memperkenalkan saya kepada seorang ibu GRACE yang baik yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan $ 90.000 dengan suku bunga rendah. di perusahaan pinjaman GRACE ALEXANDER.

    Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Ny. Grace, semoga Tuhan terus memberkati Anda, Ibu Grace atas kejujuran dan perbuatan baik Anda.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman atau pinjaman tanpa jaminan, segera hubungi ibu Grace dengan mengirim email ke (gracealexanderloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui rahmahenny45@gmail.com

    BalasHapus
  64. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  65. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  66. Nama: __ Hendi Zikri Didi
    negara: __________ Malaysia
    Bandar: _______________ Malacca
    pekerjaan: _ Pemilik perniagaan
    Sebarang maklumat: ____ hendidi01@gmail.com

    Selamat datang kepadamu,
    Halo saudara-saudaraku, anda mesti berhati-hati tentang blog ini mengenai mendapatkan pinjaman, jika anda berada di sini untuk mencari pinjaman yang anda perlu berhati-hati dengan serius kerana begitu banyak orang di sini adalah palsu, penipu, penipu. Mereka akan menipu anda dengan meminta anda membayar yuran pemprosesan dan yuran guaman sebelum mendapatkan pinjaman anda, dan jika anda membayar mereka, anda tidak akan mendapat pinjaman, itulah cara mereka akan terus menipu anda untuk membayar lebih dan lebih. 2 minggu yang lalu saya ditipu oleh Rm73,400 untuk mendapatkan pinjaman, yang diminta saya bayar ke Turki yang saya lakukan dan mereka bertanya lagi dan lagi tetapi pada akhirnya mereka melarikan diri tanpa memberikan pinjaman. Tetapi hari ini saya mendapat pinjaman daripada seorang ibu yang baik dari Arab Saudi, dan mempunyai pejabat di United Kingdom, saya membaca tentang ibu yang baik dari jurnal perniagaan dan saya melihat laman web mereka di Google Map. Saya memohon Rm1. 3 juta yang saya buat permohonan kepada jabatan pinjaman, kejutan saya yang paling besar pinjaman saya telah diluluskan dan akaun bank dalam talian saya dikreditkan. Saya sangat gembira untuk mendapatkan pinjaman selepas saya telah ditipu oleh peminjam palsu yang tidak mempunyai laman web dan tidak mempunyai sijil perniagaan. Saya memutuskan untuk menyiarkannya kepada semua orang di sini supaya anda tidak akan menjadi mangsa semua testimonial palsu di blog ini. Sekiranya anda ingin pinjaman yang besar, anda boleh memohon di AASIMAH ADILA AHMED LOAN FIRM yang menawarkan pinjaman dengan cepat pada kadar pinjaman 1% tanpa jaminan kurang dari 1 jam. Mereka adalah ibu negara Muslim yang membantu banyak orang besar, orang ramai bercakap tentang mereka di bandar saya. Semoga Allah memberkati anda.
                              Pusat Aplikasi / Kenalan
    https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    E-mel: ._________ aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ____________________ + 447723553516
    Domin: ___________ info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site

    BalasHapus
  67. WhatsApp: +6281617538564
    instagram: Aasimahaadilaaloanfirm
    twitter: ... aasimahaadilaahmedloanfirm
    E-mel: aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    halaman web ::: https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
             
    salla Llâhu ‘alayhi wa sallam, nama saya Neni Syahir, saya adalah korban penipuan di tangan kreditor palsu. Saya kehilangan sekitar Rp.65.000.000 karena saya membutuhkan modal besar Rp. 5,5 miliar. Saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi dan bisnis saya hancur, dan dalam proses itu saya kehilangan suami saya. saya tidak tahan lagi dengan hal ini. 4 November 2019 ini, saya bertemu dengan seorang teman lama di sebuah restuarant di Bandung yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Ny. AASIMAHA ADILA MEMILIKI LOAN FIRM, yang akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. Tolong, bantu saya untuk berterima kasih kepada ibu muslim yang memberikan pinjaman besar kepada pemilik perusahaan, pabrik burung hantu dan orang pribadi. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menasihati sesama orang Indonesia, Jika Anda ingin pinjaman modal besar, Anda dapat menghubungi mereka dan melihat situs web mereka Anda perlu tahu bahwa ada banyak scammers di blog ini yang tidak memiliki situs web di google map, saya menawarkan pinjaman dengan tingkat sangat rendah 1% dan saya mendapat pinjaman dalam 1 jam. .
                                  Kontak Aplikasi pinjaman besar
    Domin: ... *******info@aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    web https: //www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site
    E-mel: *******aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
    WhatsApp ::: ************ + 447723553516
    Email saya; ***************** nenisyahir@gmail.com
    Bismillâh ar-ra.hmân ar-ra.hîm

    BalasHapus

  68. email:::::::hafizulbin365@gmail.com
    Name::::Hafizul Bin Haziq
    Country:::Malaysia

    Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
    [[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
    Country::::::Malaysia
    Name::::::::Hafizul Bin Haziq
    email::hafizulbin365@gmail.com
    Telephone Number:[+60]1123759663
    WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    BalasHapus