Blogger Gathering Bukalapak: Trik Membuat Blog yang Menarik & Disukai Pembaca

Sumber: Instagram Bloggercrony (@bloggercrony)

Ketika saya sedang mengerjakan artikel permintaan klien, tiba-tiba notifikasi di Instagram saya muncul. Ardan (teman kantor saya) memberi tahu jika Bukalapak akan menyelenggarakan Blogger Gathering, Minggu (25/11/2018) di Hall Bukalapak, Plaza City View, Jakarta Selatan, jam 08.30 -12.00. Saya coba mengingat apakah saya punya agenda lain di hari tersebut. Oh ternyata saya belum punya rencana apa-apa.

Yasudah, saya langsung mendaftarkan diri untuk ikut acara tersebut. Saya bilang ke Ardan “Gue udah daftar. Lo pasti enggak ikutkan?” Ardan menjawab, “Ikutlah, narsumnya tuh Teppy. Dia movie reviewer yang tulisannya sempet viral itu, soal Film AAC 2 (baca reviewnya Kak Teppy di sini) Lo tahu?”

“Enggak, hehe.” Jawab saya. Jujur, saya sebenarnya enggak tahu sebelumnya siapa itu Stephany Josephine alias Teppy dan saya juga belum baca movie review AAC-nya. Hahaha (maapkeeeun Kak Teppy :))

Minggu, 25 November 2018
Saat saya tiba di TKP jam setengah 9, ternyata belum terlalu banyak orang yang datang. Masih hanya beberapa saja. Sebenarnya sempat ngaret sih dari jadwal yang ditentukan. Tapi, mau gimana lagi, namanya juga MASYARAKAT INDONESIA, pasti ada aja yang telat dari segelintir orang yang datang on time. Wwkwkwk.

Oke, lanjut. Di tulisan kali ini saya bakal jelasin secara ringkas aja materi yang saya dapetin pas acara. Jadi, acara Blogger Gathering, Bukalapak dibuka oleh Mas Seno Pramuadji selaku Marketing Community dari Bukalapak. Beliau kayak ngasih sambutan dan ucapan terima kasihnya kepada para blogger yang telah menyempatkan waktunya datang di Minggu pagi hari itu demi mendapatkan ilmu yang sangat berfaedah untuk kemajuan ‘karier blogger’ kedepannya :)





Masuk ke materi, di sesi ini dimulai dengan penjelasan soal BukaReview dari Mas Erry Febrian yang merupakan Content Manager dari BukaReview. Jadi, BukaReview ini merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna akun BukaLapak (pembeli maupun penjual) melalui konten dan artikel review terbaru di BukaReview. Jadi, bagi kamu yang lagi nyari info soal barang yang dijual di Bukalapak bisa nih baca-baca dulu artikel review, tips trik, tata cara, rekomendasi, informasi dan infografis dari berbagai kategori kayak auto, beauty, fashion, finance, food, gadget, hobbies, men’s style, grooming, mom, sports, techno dan travel.

Mas Erry Febrian Content Manager dari BukaReview

Enak nih kalau ada fitur macam BukaReview. Soalnya tulisan-tulisannya tuh lengkap dan diulas sama orang-orang yang paham sama masing-masing kategori. Jadi, ibarat di satu tempat kita udah bisa dapat banyak macam-macam penjelasan yang cukup komprehensif soal kategori yang mau kita cari. Tujuan adanya BukaReview ini kata Mas Erry karena sekarang banyak banget orang yang sebelum membeli produk, mencari informasi terlebih dulu. Apalagi dengan mudahnya arus informasi yang ada di internet, saat ini.

Terus Mas Erry juga ngasih tahu kalau BukaReview memberikan kesempatan buat teman-teman blogger yang mau jadi Blogger partnership dan freelance review writer. Nah, ini penting buat saya atau mungkin kamu yang pengin nambah penghasilan dari nulis. Mas Erry bilang, caranya tinggal kirim email permohonan kerjasama beserta contoh tulisan yang telah dibuat ke email bukareview@bukalapak.com, dengan subject email: Permohonan Kerjasama Blogger Partner/Freelance Review Writer.

Oh iya, dalam membuat contoh tulisan, Mas Erry ngasih tips nih. “Sebelum bikin tulisan, sebaiknya lihat-lihat dulu gaya tulisan artikel di BukaReview itu seperti apa. Apa saja ketentuannya. Semua informasinya bisa didapat di website BukaReview.” Nanti kalau menurut tim dari BukaReview tulisan kamu sesuai dengan gaya penulisan mereka, kamu akan dihubungi melalui email. Lumayan banget kan kalau jadi freelance review writer atau Blogger partnership di BukaReview? Portfolio kita bertambah, kemampuan nulis juga semakin meningkat, dan penghasilan juga bisa nambah nih. Hehehe.

Kalau kamu masih mau tahu lebih banyak soal freelance review writer atau Blogger partnership di BukaReview, kirim aja pertanyaan ke email yang tertera di atas ya.
 Materi Kak Teppy (Stephany Josephine)

Kak Teppy sedang menyampaikan materi
Selanjutnya saya bakal bahas materi yang udah ditunggu-tunggu, nih dari Stephany Josephine alias Teppy soal Tips Membuat Blog yang Menarik dan Disukai Pembaca. Check it out!

Berdasarkan dari keterangan Kak Teppy, dia mulai awal nulis blog itu tahun 2007 yang diberi nama www.thejosephines.blogdrive.com. Kebanyakan tulisannya itu lebih ke cerita keseharian Kak Teppy mulai dari kampus, sahabat-sahabat kuliah, pertama kali kerja kantoran, dan lain-lainnya. Ya samalah kayak kita-kita yang mulai ­nge-blog pasti dari pengalaman pribadi. Ya, enggak?

Kak Teppy bilang, kalau mau nge-blog ya mulai aja dulu dengan buat blog di platform gratisan kayak wordpress atau blogspot. Terus kalau dirasa udah konsisten nulis, lama-kelamaan akan tahu dan kebentuk sendiri blog kita lebih mengarah kemana dan terarah topiknya. Terus kalau rajin baca sama nulis akan kebentuk juga gaya nulisnya. Pokoknya sebisa mungkin konsisten aja. Baru deh pindah ke domain berbayar kayak .co, .id, dan lain-lain.

Dari dulu perempuan lulusan dari London School Public Relations (LSPR) ini emang udah suka nulis kayak menulis puisi, quotes, baca buku juga dan lain-lain. Terus dengan seiring berjalannya waktu, setelah mendapatkan pekerjaan, umur yang bertambah, mulai traveling, sibuk dengan berbagai aktivitas, dan munculnya berbagai platform social media di penghujung tahun 2011 mulai deh banyak pengalaman yang dialami oleh Kak Teppy. Di tahun 2012, muncul keinginan untuk menjadi lifestyle blogger yang membahas berbagai bidang seperti traveling, café/foffee shop, film, musik, konser, makanan, social/digital trend, dan lain-lain.

Kak Teppy percaya inspirasi buat nulis juga bisa datang dari mana aja kayak dari hasil observasi hal-hal di sekitar, hobi, pengalaman, dan personal interest. Terus yang paling penting, tulislah tema yang kita suka atau kuasai terus coba buat beda dari konten yang ada atau dari orang lain. Karena di luar sana ada banyak orang yang punya interest kayak kita. Oke, baiqqq

Kak Teppy juga ngasih tahu nih, kalau emang kita mau serius ngeblog untuk nulis-nulis tema atau tulisan tertentu, sebaiknya tentukan aja mau masuk kategori apa. Perlu juga membuat personal branding dan juga blogger identity supaya orang lain mudah mengingat kita.
Gimana caranya agar pembaca suka sama tulisan kita? 
  1. Menulislah sesuai dengan tulisan yang suka kita baca sehari-hari
  2. Banyak membaca, mendengarkan, dan menonton. Soalnya, makin banyak referensi gaya bercerita/bertutur maka akan makin banyak ide dan suku kata
  3. Sumber referensinya bisa dari puisi, buku bebagai genre, blog orang lain, dialog di dalam film, lirik lagu, quotes, dan lain-lain
  4. Menulis haruslah dengan tulus. Karena kalau dari awal nulis itu udah ada niatan buat menghibur orang/ viral jadinya tulisan udah kayak dibuat-buat dan jadinya enggak asyik lagi
  5. Tulislah dengan rapi dan terstruktur
  6. Perhatikan tanda baca, ejaan, penggunaan istilah dan bahasa asing, struktur kalimat dan keseluruhan tulisan
  7. Konsisten dalam menulis. Maksudnya, jangan campur-campur/ selang-seling bahasa dalam satu kalimat
Foto, video, dan credit
Dibagian ini Kak Teppy menjelaskan jika tulisan menggunakan foto dan video pribadi, sebisa mungkin kualitas foto dan video baik agar enak dilihat:
  1. Tidak burem/goyang
  2. Tidak terlalu gelap
  3. Tidak terlalu terang
  4. Isi foto dan video sesuai sama tulisan, representatif dengan cerita dan memberikan informasi
  5. Jika menggunakan foto/video/kutipan dari orang lain, jangan lupa cantumkan sumbernya
Jujur kalau soal fotografi saya belum bisa nih. Belum paham sama istilah-istilah fotografi. Makanya foto-fotonya ya ala kadarnya hehehe

Di blognya Kak Teppy, itu ada beberapa tema yang dibahas (karena dia fokusnya kan blogger lifestyle).

Untuk tipe tulisan yang berkaitan sama gaya hidup, seperti traveling atau coffee shop biasanya Kak Teppy akan fokus ke hal-hal yang menarik dari tema yang mau diangkat.  Terus, kalau misanya ada foto yang belum diupload di blog dan pas mau nulis udah basi temanya atau tempat yang mau didatengin udah beda, biasanya Kak Teppy mengecek ulang keadaan terkini dari tempat yang akan dia tulis, seperti apakah tempatnya masih buka? Apa ada perubahan jam operasional, atau ada update apa di luar sana? Tapi ingat kalau foto-foto dan cerita udah terlalu basi, biasanya jangan dipaksakan.

 Kalau untuk tema movie review suka-suka, cara nulis Kak Teppy tuh biasanya dibuat catatan kasar dalam bentuk poin-poin yang isinya hal-hal apa aja yang mau dibahas, hal apa yang paling diingat, dan lain-lain. Bahan juga diambil Kak Teppy dari baca soal filmnya di internet, nonton trailer dan video-video wawancara terkait filmnya, nonton prequelnya (kalau ini film sequel), nonton film aslinya (kalo ini film remake). Intinya cari tahu informasi apapun terkait film yang akan dibahas untuk memperkaya materi tulisan. Terus enggak semua film di review ya sama Kak Teppy. Tapi dipilih berdasarkan feeling Kak Teppy apakah filmnya punya banyak celah cerita untuk dibahas dan ceritanya ada naik turun emosinya gitu.
Ciri khas dari tulisan Kak Teppy tuh biasanya ada meme, gif, dan tweet orang-orang. Terus bahasanya bener-bener kayak lagi ngobrol sama orang aja, jadi enggak baku dan ngikutin EBI (Ejaaan Bahasa Indonesia). Tapi justru ini yang bikin tulisan Kak Teppy tuh asyik buat dibaca sampai habis. Tapi katanya penggunaan meme, gift, dan lain-lain itu dipakai kalau nulisnya udah terlalu panjang. Dan ternyata Kak Teppy rajin banget ngumpulin itu semua di laptopnya. Wahhhh unik nih dan bisa dicoba juga hehehe
Proses menyebarkan tulisan ala Kak Teppy
  1. Sebagai blogger, (cieeelah) kita harus tahu siapa sih sebenarnya pembaca blog kita yang mau kita tuju apakah remaja, orang yang usianya 20an, perempuan dewasa, atau lainnya
  2. Menyebarkan tulisan di berbagai media sosial yang kita punya kayak IG, FB, Twitter, Forum, dan lain-lain
  3. Sebisa mungkin username di berbagai media sosial yang dimiliki sama semua 
  4. Perlunya menggunakan hashtag
  5. Publish diwaktu yang tepat sesuai dengan jam aktivitas target pembaca kita. Misal, jam berangkat kerja, jam istirahat, jam pulang kantor, jam sebelum tidur, dan weekend
  6. Post beberapa kali di hari/waktu yang berbeda, tapi jangan keseringan juga
  7. Kalau tulisan mau lebih dikenal lagi secara luas bisa juga jadi kontributor majalah/website/portal dan ikutan lomba blog. Lumayankan bukan cuma dapat uang atau hadiah, tapi blog atau tulisan kita juga makin dikenal
Untuk yang lomba blog, kalau belum beruntung, anggap aja sebagai latihan nulis. Selain itu, menurut saya juga biar nambah konten biar blog enggak sepi. Jadi, kalau misal ada yang mau nawarin kerjaan terus lihat blog kita, keseringan nge-post konten juga jadi penilaian. (Ini pengalaman, sih. Hehehe).

Kak Teppy juga bilang, hadiah pertama yang ia dapatkan dulu dari lomba blog adalah USB. Hadiahnya kecil sih, tapi justru itu yang bikin diingat dan pemacu semangat, iya enggak Kak Teppy?  :)

Oh iya, nomong-ngomong soal lomba blog, kemarin di Blogger Gathering panitia juga sempat kasih tahu kalau BukaLapak lagi ngadai lomba blog BukaReview. Hadiahnya juga sangat menggiurkan, yaitu saldo BukaLapak total 60 juta dan pemenang utamanya dapat saldo Rp25 juta.


 
Sumber: http://lifetheteen.blogspot.com



Topik yang dapat dipilih juga mayan banyak, yakni:

  1. Gadget: Flashdisk, Laptop Gaming Murah, Power Bank
  2. Techno: Game Petualangan, Aplikasi Edit Video, Game Gratis
  3. Sport: Sepakbola Indonesia, Bola Basket, Berita Moto GP
  4. Hobbies: Belajar Gitar, Mainan Lego, Sepeda Balap
  5. Automotive: Motor Bekas, Mobil Bekas, Aksesori Mobil
  6. Finance: Investasi, Reksa Dana
  7. Beauty: Cara Menghilangkan Jerawat, Cara Menghilangkan Komedo, Cara Memutihkan Kulit
  8. Fashion: Jam Tangan, Kebaya Modern, Model Baju Batik
  9. Mom: Ibu Hamil, Perlengkapan Bayi, Makanan Sehat untuk Ibu Hamil
  10. Travel: Tempat Wisata di Bali, Wisata Bandung, Wisata Jogja
Bukan cuma itu, kita bisa nih nulis lebih dari 1 topik di mana artinya kita bisa submit lebih dari satu tulisan. Untuk informasi lebih lanjut soal lomba BukaReview, cek aja di website-nya bl.id/lombablog. Registrasi lomba blog: http://bl.id/daftarblog.

Oh iya, buat kamu nih yang mau baca-baca tulisan Kak Teppy, bisa langsung mampir aja di blognya (https://thefreakyteppy.com/). Sama satu lagi, buat kamu yang mau tahu tips buat konten dengan cerita lewat humor ala Kak Teppy bisa nih dengerin ocehannya di Podcast Inspigo (aplikasi podcast buatan Indonesia yang isinya perbincangan berfaedah dengan narsum praktisi, pakar, atau public figur yang emang udah jago deh di bidangnya). 

Sumber: 
https://thefreakyteppy.com
Bagaimana Membuat Artikel SEO Friendly?

Kalau udah tahu gimana cara agar pembaca suka sama tulisan kita, foto, video, dan credit, proses kreatif nulis, dan proses menyebarkan tulisan. Biar makin yahuuddd, nih blog kita perlu banget nerapin yang namanya SEO (Search Engine Optimization). Kalau mau ngomongin soal ini, waaah bisa panjang banget karena emang tekniknya lumayan banyak dan berubah-ubah. Tapi intinya begini. Dengan menggunakan SEO, kita bisa buat blog, website, atau konten apapun bisa meningkat nongol di halaman Google. Harapannya sih pasti di halaman 1 dan peringkat 1 Google. Tapi, udah nongol di halaman 1 aja udah bersyukur.

Materi soal artikel SEO Friendly itu disampaikan oleh Mas Ahmad Fei selaku SEO Specialist Bukalapak

Mas Ahmad Fei selaku SEO Specialist Bukalapak sedang menyampaikan materi tentang SEO

Content is King

Maksud dari yang saya tangkap dari narsum, kalau mau konten kita bisa ke-index Google:

1.  Buatlah minimal 500 kata
2. Dijudul terdapat keyword utama
3. 100 kata pertama (di luar judul) terdapat keyword utama. Misal, kita mau bahas tentang tips merawat kulit kombinasi dan menjadikannya keyword utama, nah kata-kata tips merawat kulit kombinasi harus ada di 100 kata utama itu
4. Ada 1-2% keyword utama. Kalau misal kamu nulis tema tips merawat kulit kombinasi itu 500 kata, berarti keyword utama ada sekitar 5-10 dari 500 kata tersebut
5. Konten yang unik
6. ALT Image. Maksud yang saya tangkap, di image itu harus ada keyword di file nama gambarnya.
7. Jangan lupa sisipkan internal link (link dari blog kita) pada tulisan blog tersebut

Nah, itu dia ilmu yang saya dapatkan terkait konten blog yang sangat berfaedah sekali buat diterapin bagi para blogger yang belum jadi apa-apa kayak saya hahahahaSebagai penutup dari tulisan ini saya mau kasih tahu wejangan dari Kak Teppy, yaitu “Jangan khawatir,  tulisan yang baik dan menarik akan menemukan pembacanya di waktu yang tepat”




32 komentar:

  1. Aku masih lemah nih SEO blognya. Kadang kalo posting ga mikir SEO-an segala langsung aja nulis dan posting

    BalasHapus
  2. Udah lama nggak dapat refresh ilmu tentang blogging, dan rasanya tercerahkan kembali setelah baca tulisan ini. Thanks for sharing mbak.

    BalasHapus
  3. Seru banget nih gatheringnya. Seneng banget baca postingan ini karena dapat banyak ilmu seputar dunia blogging.

    BalasHapus
  4. aku baru tau aplikasi inspigo itu, hehe langsung download nih.. kayaknya seru

    BalasHapus
  5. Wah Kak Teppy ya? Iya aku suka sih dengan review movie semua yang dia tulis. Ini lomba blognya kok menggiurkan sekali.. Masih ada waktu nggak ya?

    BalasHapus
  6. Wah, terima kasih sharing ilmunya. Kapan Kendari punya acara bergizi kek gini ya?? Hmm..

    BalasHapus
  7. Saya semangat banget waktu itu pengen ke sini. Beberapa hari sebelum hari H, ada alasan kuat yang gak memungkinkan saya bisa hadir di sana. PAdahal saya pengen banget lihat penjelasan Teppy secara langsung. Syukurlah, cukup terhibur dengan tulisan ini. Setidaknya ada ilmunya yang saya bisa dapat. Terima kasih, ya

    BalasHapus
  8. Setelah wara wiri bw kesemua blog yang ku tau, ku juga ga tau mba teppy siapa hehehe..tapi boleh juga tips nge blog ala mba teppy

    BalasHapus
  9. wah mba tertarik sama bukareview apa aku langsung kirim email aja yak wkwkkw duh pengen deh

    BalasHapus
  10. Wah tips yg keren nih.. TFS mba..jadi bisa ikutan nyimak tips2 nya nih..

    BalasHapus
  11. Kl bunda entah itu kt kunci atau atau bukan tp judul postingan SELALU bunda kstik di paragraf awal. Kemudian diulang lg di tengah postingan, tetakhir di para terakhir. Gitu..jd gak perbah mikir SEO2an. Mumet.

    BalasHapus
  12. aku mah apa atuh SEO nya, tapi ya paling inget kata2 Ka teppy, "Kalau ikut lomba itu harus niat banget" haha

    BalasHapus
  13. Dulu, aku masih ingat waktu tulisan kak Teppy ini booming, salam kenal waktu itu blogku mati suri dan smngtku pun sama, jadilah sy mengabaikannya Reviewnya. Eh skrg baru baca, asli ngakak wkwkw

    Pantes aja viral emang seseru itu Nulisnya

    Btw thabks sharingnya kak jadi tmbh smngt

    BalasHapus
  14. Teppy kalau ngeriview satu film bisa buat kita ngepost 2-3 tulisan, hahaha. Asli puanjang banget. Memang paling gampang itu nulis apa yg kita sukai

    BalasHapus
  15. Ya ampun kak Teppy ya pembicaranya,,aku suka baca blog dia apalagi riview tentang film bikin ngakak sama gift dan foto-foto nya hehe.

    BalasHapus
  16. Aku kadang baca reviewnya si Teppy nih kocak soalnya. Berhaeap event gini ada di Jogja

    BalasHapus
  17. Kocak memang kalau baca tulisan Teppy, pas AAC2 aku baca juga sampe viral itu review nya ..aku suka karena dia apa adanya dalam menulis dan tulisannya mengalir bikin orang terhanyut.

    BalasHapus
  18. Waaaahhh tips kak Teppy yang tentang memperhatikan waktu publish ni penting banget tapi sering nggak saya perhatikan. Huft.... Terimakasih sudah menuliskannya kembali ya Mbaaa... Mantep banget ni ilmunya.

    BalasHapus
  19. Keren niih...ilmunya.
    Berharap dapat lebih banyak tips.
    Tapi yang penting, diamalkan dulu yang uda dibocorin kak Teppy siih yaa...

    Hihii~

    BalasHapus
  20. Mba makasih tipsnya. Aku harus banyak belajar nih mba soal SEO. Masih minim ilmukuu

    BalasHapus
  21. Aku gak bisa ikutan nih watu ada eventnya pas lagi ke luar kota, padahal kl ikutan bisa pulang pergi bareng suami :-D. Makasih udah dibagi sharingnya ya jadi aku bisa tau materinya

    BalasHapus
  22. Waaa aku nggak ketemu kamu pas acara blogger gathering kemarin mba?
    Belum kenal ya soalnya hahahaha, aku abis kopdar akbar tuh langsung ikut gathering ini. Seru dan banyak ilmu ya

    BalasHapus
  23. berkat blogger gathering ini, kita bisa bertemu juga ya ka. hehehehe

    BalasHapus
  24. Aku beberapa kali dapat CP dari Bukalapak senengnya mreka tu artikelnya selalu dilengkapi kata kunci jd PVnya termasuk tinggi2 dan lumayan buat blog. Aku jd pengen ngepoin jg Bukareview bair dapat inspirasi ide menulis :D

    BalasHapus
  25. Memperhatikan tanda baca ini yang aku masih harus belajar

    BalasHapus
  26. Banyak banget ilmunya. Aku masih gagap banget nih urusan SEO, susah masukin keyword di 100 kata pertama.

    BalasHapus
  27. Wah kopdar yang bergizi, ada sharing tentang tip bikin artikel yang menarik dan dikunjungi pembaca. Sharing nya kompliit nih, bermanfaat banget

    BalasHapus
  28. Thank you udah mau nulisin keseruan acaranyaaa. Ini bermanfaat banget buatku. Dan itu Teppy pula yang ngisi! Seandainya aku tahu, aku mau ikutan juga deh.

    BalasHapus
  29. Tipsnya oke banget yaaa..semoga aku ingat untuk terapkan hehehe. Teppy memang asyik blognya..lucu kalau dibacaa ya

    BalasHapus
  30. Aku kepingin bgt bisa ikut acara ini kmren, sayang gk bisa euy

    BalasHapus
  31. bergizi banget ilmunya ikut dipaparin di sini. beklah aku terapin juga biar makin yahud jadi bloggernya

    BalasHapus
  32. “Jangan khawatir, tulisan yang baik dan menarik akan menemukan pembacanya di waktu yang tepat” ini iya banget... Tulisanku soal kehamilan pertama dulu sepi pembaca, tapi sekarang banyak dicari dan semuanya pembaca organik hihihi...

    BalasHapus