Review Sunscreen Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Cocok untuk Kulit Kombinasi



Di postingan saya ini, mau share soal sunscreen yang saya sedang pakai saat ini. Jujur, saya sebelumnya emang enggak pernah pakai sunscreen kalau beraktivitas di luar ruangan, karena sebelumnya emang nganggep sunscreen tuh enggak penting-penting amat. Ternyata anggapan saya itu SALAH BESAR! Sejak saya nonton Youtube-nya Female Daily soal skin care rutin yang harus dilakukan  tiap hari, baru tahu kalau dari sejak usia 20an kita harus sudah rajin pakai sunscreen atau sunblock untuk membantu menghindari wajah belang atau gosong, kering, menangkal tanda-tanda penuaan dini kayak kerutan dan flek hitam.

Oke, sejak saat itu, saya memutuskan untuk menjadikan sunscreen sebagai salah satu produk skin care yang harus saya pakai tiap hari. Mulai deh saya cari tahu tentang sunscreen apa sih yang cocok buat kulit saya yang tergolong kombinasi ini.

Sekadar informasi, buat kamu yang belum tahu, kulit kombinasi itu adalah perpaduan dari kulit yang berminyak (dahi, hidung, dan dagu yang sering dinamai T-zone) dan sebagian kulit wajah cenderung kering atau normal (pipi). Pemilik kulit kombinasi juga sering mengalami masalah kulit seperti blackheads, pori-pori lebar, dan kulit berkilap.

Balik lagi ke topik utama. Mungkin ada dari kamu yang memahami jika sunscreen itu hanya produk yang dipakai saat berpegian ke tempat yang terik matahari seperti berenang, ke pantai, atau ke gunung saja. Pokoknya ke tempat yang outdoor banget. Saya pun dulu mikir gitu. Buat saya yang pekerja kantoran, enggak perlu pakai sunscreen. Kan lebih banyak di indoor. Tapi, sebenarnya pemakaian sunscreen itu bukan hanya untuk saat kita mau melakukan aktivitas seperti berenang, tamasya ke pantai atau gunung saja.

Saat kita pergi ke luar rumah untuk bekerja atau kuliah perlu juga menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit dari sengatan matahari. Bahkan kita yang ada di dalam ruangan, khususnya sedang berada di dekat kaca pun perlu pakai pelindung seperti sunscreen, karena sinar matahari bisa menembus kaca.

Lalu apa Bedanya Sunscreen dengan Sunblock?
Sunscreen merupakan lotion pelindung dari sinar matahari yang mampu menyerap ke dalam lapisan teratas kulit dan menyerap sinar matahari yang masuk ke dalam kulit. Sunscreen awalnya mampu melindungi kulit dari sinar UVB saja. Tapi sekarang sudah banyak sunscreen yang mampu menangkal bahaya sinar UVA, yang menjadi menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini. Sunblock sendiri mampu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

Dari sisi kandungan, sunscreen mengandung bahan kimia aktif yang berguna sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit. Di dalam sunscreen terdapat kandungan seperti Mexoryl XL, Octocrylene, PA dan SPF. Untuk sunblock biasanya terdapat kandungan mineral seperti titanium dioxide yang merupakan mineral alami.

Cara pemakaian dari sunscreen dan sunblock juga berbeda. Sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum keluar dari ruangan agar kandungan di dalamnya menyerap ke dalam kulit dengan sempurna. Sementara sunblock setelah dioleskan bisa langsung bekerja. Selain itu, baik sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap beberapa jam agar bisa melindungi kulit dengan maksimal.

Nah, sudah tahukan bedanya sunscreen sama sunblock? Terus gimana dong cara memilih sunscreen untuk kulit kombinasi? Nah, sebaiknya sih pakai sunscreen yang ringan dan non-greasy.

Setelah saya nyari dari berbagai sumber di internet, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada Biore UV Aqua Rich Watery Essence. Kalau kamu googling sunscreen yang satu ini, pasti akan banyak nemu referensi yang bilang kalau produk dari Jepang ini bagus banget. Saya pun merasa demikian, sejak saya pakai sekitar 2 minggu lalu. Untuk lengkapnya, yuk simak review Biore UV Aqua Rich Watery Essence dari pengalaman saya.

Review Biore UV Aqua Rich Watery Essence
Kesan pertama dari sunscreen ini saat pertama kali dipakai pada kulit kombinasi saya ada efek dingin segar gitu, langsung kering, cepat menyerap ke kulit, enggak bikin kulit saya berminyak (khususnya daerah T-zone), enggak meninggalkan whitecase, dan enggak lengket. Pokoknya pas dipakai, berasa seperti menggunakan pelembap biasa aja. Teksturnya cenderung ringan, agak cair, dan watery. Untuk aromanya, sekilas mirip perpaduan antara alkhohol dan wangi citrus seperti jeruk atau lemon yang menyegarkan dan enggak menyengat. Dari sisi warna isi, putih agak kekuningan.





Cara Pakai
Kalau saya pribadi, biasanya memakai Biore UV Aqua Rich Watery Essence setelah penggunaan pelembap wajah yang khusus untuk kulit kombinasi. Setelah pakai pelembap, saya diamkan dulu sekitar 5 menit agar si pelembap bisa menyerap dengan baik ke kulit wajah. Kemudian, lanjut lagi pakai Biore UV Aqua Rich Watery Essence dan diamkan selama 20 menit agar si sunscreen bisa benar-benar meresap dengan baik. Setelahnya, baru deh pakai bedak atau makeup. Kalau mau cuci muka, wudhu, berenang atau nyemplung-nyemplung di setelahnya, perlu dioleskan lagi ya.

Kemasan
Kemasannya cukup simpel, mudah dibawa kemana-mana alias travel friendly. Sunscreen ini dikemas dalam bentuk tube yang memiliki lubang enggak terlalu kecil dan enggak terlalu besar untuk mengeluarkan produk dari tube. Menggunakan tutup ulir. Sementara warna kemasannya gradasi biru tertulis Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA+++.

Untuk mengeluarkan isi dari sunscreen ini cukup tekan ringan saja ya, jangan terlalu kencang agar tidak keluar kebanyakan. Sayangnya pada bagian belakang kemasannya bagian ingredients maupun keterangan terkait produknya ditulis dalam Bahasa Jepang. Tapi, untungnya kalau di bagian kartonnya ada sih keterangan kegunaan, ingredients-nya gitu.  Makanya sebelum membuang kartonnya, kamu harus baca baik-baik informasi terkait produk, termasuk tanggal kedaluwarsanya. Kalau punya saya, tertera tanggal expired-nya 200920 alias 20 September 2020.




Hasilnya?
Saya sendiri nyaman banget menggunakan sunscreen ini di kulit kombinasi saya.  Enggak ada keluhan apa pun. Produksi minyak di kulit so far normal – normal aja, enggak semakin banyak atau berkurang, enggak bikin pori-pori semakin besar. Meskipun ada kandungan alkohol, tidak membuat kulit saya kering.  Kulit juga lebih lembap, enggak menimbulkan komedo atau jerawat di wajah saya. Saya bisa bilang, sunscreen Bioré UV AQUA Rich Watery Essence akan saya beli lagi kalau nanti sudah habis.

Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit kombinasi juga, bisa nih pakai sunscreen ini karena waterbase jadi cenderung ringan, tidak berminyak, tidak lengket, mudah dibaurkan secara merata, dan melembapkan. 

Oh iya, sekadar informasi saya beli Biore UV Aqua Rich Watery Essence di Carrefour dengan harga Rp117.000 dan netto 50gram.

Kelebihan
Meskipun dari harganya lumayan mahal tapi saya pikir sesuai dengan produknya. Sunscreen ini hebat banget. Selain ringan, cepat menyerap, melembapkan, aromanya lembut, SPFnya tinggi dan ada PA++++  tapi dia juga tahan terhadap keringat dan air serta gampang banget dibersihkan dengan facial wash. Tuh, kurang apalagi coba?

Kekurangan
Enggak ada sama sekali hehehhehe. 

Mungkin dari kamu ada yang udah nyoba Biore UV Aqua Rich Watery Essence juga? Gimana pengalamannya? Atau kamu punya rekomendasi lain sunscreen untuk kulit kombinasi? Saya tunggu jawabannya di kolom komentar ya.


You Might Also Like

28 comments

  1. Weeee.... pas banget nih, Kak. Saya memang sedang mencari Sun Screen yang ringan lantaran muka saya yang pada dasarnya berminyak.

    ReplyDelete
  2. Suka baca review-nya. Lengkap banget dan gak ada kekurangannya yah. Makasih ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Biore sunscreen ini belum pernah lihat mba. Baru tahu kalau di umur 20 an kita harus udah rajin pakai sunscreen hehe aku mah cuek banget selama ini. Padahal keluar rumah tanpa pelindung itu sangat membahayakan. Bentuknya mungil, harganya lumayan ya mba tapi memang sih ada harga ada kualitas.

    ReplyDelete
  4. Dah, aku nih yang termasuk grup yg nganggep kalok sunscreen itu nggak penting. Tp setelah banyak yg pakek aku jd penasaran mbk trus nyarik2 info slh satunya baca post dikau ini. Alhamdulillah aku makin tercerahkan soal pentingnya memakai sunscreen. Bsok beli sunscreen ah..mudah2an ketemu produk sunscreen yg dikau pakek ini secara kulit aku juga yg tipenya kombinasi gt deh mbk.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah pakai sunceen. Da mamah-mamah rumah tangga yang pas-pasana, he he. Namun bagi pekerja kantoran atau yang kerap harus keluar rumah, suncreen memang harus dipakai. Kita butuh semacam pelindung agar kulit tetap terjaga dengan baik.
    Flek atau kerutan itu ngeselin banget, cara mengatasinyatak mudah dan mahal. Kayaknya harga suncreen Biore itu sebanding dengan kegunaan. Bukanlah kebih baik merawat dan mencegah daripada mengobati?
    Kalau kulit saya berminyak, dulu mah tak ada flek. Sekarang ada, entah faktor usia atau pengaruh matahari meski saya tak terlalu seing berlama-lama di luar rumah.
    Pengen juga ngerasain pakai suncreen kalau sudah mapan dan harus sering keluar rumah. Skincare ternyata penting banget, ya.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah pakai sunceen. Da mamah-mamah rumah tangga yang pas-pasana, he he. Namun bagi pekerja kantoran atau yang kerap harus keluar rumah, suncreen memang harus dipakai. Kita butuh semacam pelindung agar kulit tetap terjaga dengan baik.
    Flek atau kerutan itu ngeselin banget, cara mengatasinyatak mudah dan mahal. Kayaknya harga suncreen Biore itu sebanding dengan kegunaan. Bukanlah kebih baik merawat dan mencegah daripada mengobati?
    Kalau kulit saya berminyak, dulu mah tak ada flek. Sekarang ada, entah faktor usia atau pengaruh matahari meski saya tak terlalu seing berlama-lama di luar rumah.
    Pengen juga ngerasain pakai suncreen kalau sudah mapan dan harus sering keluar rumah. Skincare ternyata penting banget, ya.

    ReplyDelete
  7. Nah..terjawab sudah pertanyaan ku selama ini, ternyata sunscreen itu setelah pelembab ya.. hm, pengen coba juga nih yang ini..

    ReplyDelete
  8. Nah, saya jadi belajar tentang perbedaan sunblock dan sunscreen. Tadinya saya kirain sama aja. Saya juga mau mulai rutin pakai sunscreen biar gak timbul flek hitam

    ReplyDelete
  9. Penting banget pakai sunscreen dan diulangi pemakaiannya kalau sudah kena air seperti wudhu. Aku juga baru tau beberapa tahun lalu kalau di dalam rumah pun wajib pakai sunscreem. Wah ini aku baru tau ada sun screen dari biore. Ada di Carrefour ya, nanti aku cobain ah.

    ReplyDelete
  10. Akhirnya cukup paham bedanya sunscreen dan sunblock pantes dari harga juga cukup jauh. Aku sendiri tapi kalau pake produk biore jadi jerawatan 😂😂
    Enggak cocok pake produk bagus emang

    ReplyDelete
  11. Saya jarang pake sunscreen nih, padahal manfaatnya banyak banget ya. Dan baru tahu juga nih perbedaan sunscreen dan sunblock tadinya ku pikir sama saja. Thanks sharingnya mbak, boleh dicoba nih sunscreen dari biore ini.

    ReplyDelete
  12. Makasih sudah jelasin perbedaan sunscreen dan sunblock, Mba. Jujur aja saya baru tahu setelah baca artikel ini.

    Btw baca review ini jadi penasaran pengen coba produknya juga, nanti kalo sublock-ku habis, mau tak coba pake yang ini ahhh :) (gak papa kan yaa, sunblock diganti sunscreen)

    ReplyDelete
  13. saya juga baru rutin pake sublock akhir-akhir ini, Mba. Itu juga karena di wajah saya mulai bermunculan flek-flek hitam. Udah telat sih, tapi gak appa lah yaa, dari pada gak pake sama sekali :(

    ReplyDelete
  14. Memang sunscreen itu harganya mahal sih. Aku kadang-kadang pake sunscreen karena di pelembap atau foundation udah ada spfnya.

    ReplyDelete
  15. Wah reviewnya lengkap banget jd pengen nyoba noh cucok kayaknya utk ku...

    ReplyDelete
  16. Pakai sunscreen masih PR besar nih untuk saya. Belum bisa rutin. Bawaannya males dan suka lupa. Padahal penting banget ya, Mbak. Pingin nyobain deh. Baru tau ada produk biore yg sunscreen

    ReplyDelete
  17. Kalo baca pengalaman ini, jadi ingat masa muda dulu. Waktu kukiah, saya abai dengan oemakapem sunscreen, tapi pakai sunblock sih. Mukaku jadi belang karena waktu itu saya pakai kerudung. Nah sisi luar itu item dan beda dengan sisi dalam yang tertutup kerudung

    ReplyDelete
  18. Wah saya belum pernah coba produk ini mba, klu produk biore lain udah sih, kayak body shpapnya dan emang bagus. Tp stlh baca ini jd penasaran deh

    ReplyDelete
  19. Oo biore tuh ada sunscreen nya juga ya kak, baru tau aku, hehehe... Sebelumnya mah aku tau nya cuma facial wash aja, insya Allah nanti aku coba ah

    ReplyDelete
  20. Ga tau kenapa saya masih males banget pakai suncreen sampai saat ini hehe mau coba istiqomah pake biar kulit terlindungi dan terawat. Bta harganya lumayan ya tapi cukup wort it sih produknya ga ada kekurangan juga.

    ReplyDelete
  21. Mencerahkan banget, aku pikir selama ini sunscreen dan sunblock ya sama aja hehe. Ternyata beda gtu ya mbak :D Makasih penjelasan dan review produknya :D

    ReplyDelete
  22. Aku mau beli maju mundur gegara harganya hahah dan karena sunscreen yang lama masih ada. Tapi kalau sebagus ini, jadi kepengen cobain juga ih ��

    ReplyDelete
  23. Produk ini sempurna ya ga ada kekurangannya sama sekali. Ini sudah halal belum ya kak?

    ReplyDelete
  24. Belum pernah coba produknya boleh juga kebetulan cuaca sekarang klo panas minta ampun mudah2 an cocok

    ReplyDelete
  25. weew, gak ada kekurangannya nih? Berarti recommended bangeet ya Mbak :)
    jadi penasaran deh.

    ReplyDelete
  26. Waaah jadi penasaran nih pengen coba sunscreen ini juga. Apalagi reviewnya ga ada kekurangannya. Jadi makin penasaraaan...

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah pakai sunblock. Baru pakai sunscreen seminggu ini. Dan baru sadar juga kalau sunscreen itu penting. Terima kasih infonya ya, Mbak. Jadi sekarang aku sudah tahu perbedaan sunscreen dan sunblock.

    ReplyDelete