Masak Green Omelette dari Buku Resep Meghan Markle


Beberapa bulan lalu saya membeli buku resep masak yang berjudul Together: Our Community Cookbook di Periplus.com dengan harga Rp241,000. Ini merupakan buku hasil kolaborasi antara Meghan Markle dan sejumlah juru masak.  Buku ini dibuat sebagai tanda dukungan untuk program donasi bagi keluarga yang menjadi korban Inferno Menara Grenfell. Kasus kebakaran apartemen Grenfell yang terjadi di Juni 2017 dan menimbulkan korban 72 orang meninggal serta ratusan orang jadi tidak memiliki rumah. Dapur umum ini khusus membantu keluarga korban akibat insiden kebakaran di Grenfell Tower, London, Inggris.

Di dalam buku hard cover ini terdapat 50 resep makanan yang terbagi dari berbagai jenis makanan, yakni makanan untuk Breakfast, Snacks, Sharing plates and dips, lunches and dinners, salads and sides, serta Desserts and Drinks. Makanan-makanan tersebut berasal dari berbagai negara seperti India, Iran, Moroko, Uganda, dan Rusia. Di buku ini, Meghan juga memberikan kata pengantar untuk membantu pengumpulan dana demi operasional dapur umum yang diproduksi oleh para koki dari Hubb Community Kitchen yang lokasinya ada di dekat lokasi menara di London Barat.

Sebagai langkah awal, saya mencoba resep yang paling mudah dulu, yakni Green Omelette. Ini merupakan masakan yang masuk dalam jenis makanan breakfast dengan bahan utama telur, jamur, dan pitterseli. 

Bahan: 


1. 2 sendok makan unsalted butter
2. 200g jamur kancing lalu iris tipis
3. Telur 2-4 butir 
4. Dua siung bawang putih lalu dicincang 
5. Daun Peterseli sesuai selera 
6. 75g keju cheddar parut
7. Garam dan lada secukupnya

Cara Membuat:

1. Panaskan satu sendok makan mentega dengan suhu sedang hingga meleleh 
2. Tambahkan jamur dan masak selama 4-5 menit hingga warna jamur keemasan, lalu angkat.
3. Campur hingga rata telur, peterseli, bawang putih, merica dan garam secukupnya pada mangkuk
4. Panaskan kembali satu sendok makan mentega dengan suhu sedang hingga meleleh
5. Tuang campuran telur ke penggorengan dan masak hingga setengah matang 
6. Tambahkan jamur yang sudah dimasak tadi dan juga parutan keju di atas telur lalu tunggu sampai sekitar 3 menit. 
7. Tiriskan

Sebenarnya dalam resep dituliskan memakai 1/4 cangkir krim. Hanya saja saya tidak menemukan krimnya saat berbelanja bahan-bahannya. 

Keseluruhan bahan. yang ketinggalan difoto cuma daun peterseli




Semua bahan kecuali telur, daun peterseli, garam, dan merica saya beli di Transmart. Untuk unsalted butter Anchor itu memang hanya tersedia di supermarket besar saja ya. 

Rasanya?

Enak dan gurih. Meski percobaan kali ini kurang sedikit asin tapi lumayanlah kalau dijadikan menu sarapan. Apalagi ada keju di dalamnya, makin menambah rasa nikmat. Dicocol pakai saus pasti lebih mantap. Menu Green Omelette ini bisa juga dijadikan sebagai menu bekal sekolah si Kecil juga lho. 

Selamat mencoba!

0 comments:

Posting Komentar