Mengunjungi 6 Tempat Wisata di Bali Bersama 7 Orang Wanita, Ribet Enggak? Yuk Simak Tipsnya


Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Pantai Pandawa Bali
Dari kiri ke kanan (Eva, Firdha, Titha, Nilta, Vika, saya, Kak Friska, dan Hani)

Tahun 2017 tepatnya tanggal 23-26 September yang lalu saya bersama 7 orang teman (Nilta, Hani, Eva, Vika, Frisca, Titha, Firdha, dan saya) mengunjungi Pulau Dewata untuk pertama kalinya. Rencana bepergian ini sudah kami rencanakan jauh-jauh hari, kalau tidak salah sejak bulan April 2017. Dengan waktu yang lumayan panjang, kami mengumpulkan uang terlebih dulu dengan sistem tabungan. Jadi salah satu dari teman saya, namanya Hani bertugas menjadi bendahara dalam rencana berpergian saat itu.

Awalnya kami tidak ingin menggunakan jasa travel, makanya diawal kami udah bagi-bagi tugas siapa yang nyari penginapan, pesawat, dan lain-lain. Tapi akhirnya diputuskan untuk menggunakan jasa travel aja karena kami semua belum pernah ke Bali.

Sebenarnya dalam perjalanan ke Bali ini saya dan teman-teman mengalami kejadian yang tidak mengenakan, yakni ditipu sama jasa travel yang kami gunakan. Well, di tulisan ini saya enggak akan jelasin panjang lebar apa kasus yang kami alami. Tapi, kalau kamu mau tahu gimana cerita lengkapnya, bisa baca cerita Pengalaman Berharga, Pertama Pakai Jasa Travel dan Pergi ke Bali.

Balik ke topik. Saya akan kasih tahu kamu tempat – tempat wisata di Bali yang saya kunjungi tahun lalu lebih detail dan lengkap. Saya juga bakal kasih tips buat kamu yang mau liburan ke Bali dengan banyak teman-teman agar perjalanan enggak banyak drama dan tetap asyik! Baca terus tulisan ini sampai habis ya.

Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri

Jadi, ditanggal 24 September 2017 saya mengunjungi Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri. Posisinya ada di kawasan Jalan Munduk Wanagiri, Desa Sukasada Kabupaten Buleleng. Di sini ada banyak tempat spot foto yang cakep-cakep deh kayak saya dan instagramable.

Kita juga bisa menikmati hamparan panorama alam indah Danau Tamblingan yang terlihat jelas di bawahnya. Ada juga beberapa bentuk anjungan yang ciamik buat jadi objek foto yang cantik mulai dari ayunan ujung dunia, anjungan berbentuk kupu-kupu, perahu, anjungan Menara Bambu Hitam, anjungan Helikopter yang siap terbang, dan ada pula sarang burung. Saat saya berkunjung ke sana, kondisinya hujan. Tapi tenang di sana tersedia gazebo bambu yang bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati makanan. Untuk tiket masuknya, terjangkau banget, cuma Rp10.000 perak per orang!

Di bawah ini hasil jepretan kami naik wahana di Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri
Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri Bali



Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman. Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri Bali

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri Bali


Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Taman Wisata Munduk Danu Desa Pakraman Wanagiri Bali


Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan

Masih ditanggal yang sama, saya dan teman-teman mengunjungi destinasi tempat wisata di Bali selanjutnya, yakni Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan. Gampangnya untuk tahu tempat ini, coba deh kamu lihat gambar di uang kertas Rp50.000 yang biru versi lama di bagian belakangnya. Di situ ada gambar pura kan? Nah, katanya sih terinspirasinya dari tempat wisata di Bali yang satu ini.  Berkunjung ke sini, kamu wajib banget buat ngambil gambar dari pura dengan sudut pandang yang berbeda baik selfie atau swafoto. Para wisatawan yang datang ke sini boleh ngambil dokumentasi sepuasnya asal sopan dan tidak merusak fasilitas dan bangunan pura.

Di Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan kamu juga dapat mengelilingi danau dengan perahu yang tersedia. Kalau ke sini, bukan cuma bisa menikmati pemandangannya aja, tapi kita bisa cuci mata ngeliatin para bule baik yang sendiri maupun sama pasangannya dan juga wisatawan Asia. Mayan dah ngeliat mas-mas bule wkwkwkw. Untuk lokasinya, terletak di jalan Bedugul-Singaraja, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Tiket masuknya juga murah banget Rp20.000 per orang dan Rp5.000 per kendaraan.

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan Bali

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan Bali

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Daya Tarik Wisata Ulun Danu Beratan Bali

Tanah Lot

Tempat yang satu ini juga enggak kalah terkenal nih. Jadi, dihari kedua (25 September 2017) kami berkunjung ke Tanah Lot yang lokasinya ada di Beraban, Kediri, Tabanan Regency, Bali . Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu ada di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Tanah Lot menjadi tempat ibadah umat Hindu yang terletak di atas sebuah batu karang besar. Pura ini cuma boleh dimasuki oleh umat Hindu yang ingin beribadah, jadi buat pengunjung yang non-Hindu cuma bisa berkeliling di sekitar pelataran pura aja. Terus pengunjung harus mengenakan pakaian yang sopan ketika hendak masuk ke sini.

Sebenarnya sih kalau datang ke sini, salah satu hal yang enggak boleh dilewatkan adalah melihat secara langsung berbagai upacara keagamaan umat Hindu. Salah satunya, upacara keagamaan Piodalan (hari jadi pura) yang selalu dilaksanakan setiap 210 hari sekali menurut kalender Saka atau empat hari setelah hari raya Kuningan.

Pada momen ini pengunjung dapat melihat iring-iringan umat Hindu membawa sesajen dengan teratur dan khidmat menuju pura, juga momen sembahyang bersama. Untuk bisa melihat keindahan Pura Luhur Tanah Lot, kamu bisa berjalan kaki saat air sedang surut. Namun, saat air pasang, jalan tersebut akan tertutup air sehingga membuat Tanah Lot terlihat seperti sebuah pulau karang yang indah di tengah laut dari kejauhan. Bila ingin melihat keindahan pura, sebaiknya datang di sore hari, saat air laut sedang surut. Oh iya, untuk harga tiket masuknya murah, kok, cuma Rp20.000 (WNI).

Diwaktu tersebut kamu bisa menyaksikan matahari terbenam. Sayangnya pas saya ke sana tuh pas siang hari dan lagi enggak ada perayaan apa-apa. Oh ya, memasuki area Tanah Lot, kamu pasti bakalan bisa tuh beli oleh-oleh. Soalnya di area masuk Tanah Lot banyak banget kios-kios pedagang suvenir yang bisa dijadiin oleh-oleh. Kamu bisa beli baju khas Bali, aksesoris, toko makanan, dan lain-lain. 


Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman Tanah Lot Bali

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Tanah Lot Bali


Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park

Ah saya yakin kamu pasti juga sudah familiar sama tempat wisata di Bali satu ini. Di sini kita bisa lihat 3 patung yaitu Garuda, Wisnu, dan Kencana. Berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Harga tiketnya untuk WNI dewasa Rp70.000 sementara untuk WNA Dewasa harga tiketnya Rp100.000 (ini pas tahun lalu ya). Info update-nya ternyata untuk WNI Rp80.000  dan Rp 60.000 untuk pelajar dan anak-anak. Sementara untuk turis mancanegara tarif masuk Rp 125.000 untuk dewasa dan Rp 100.000 untuk anak-anak. GWK Cultural Park buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 22.00 Wita.

Bukan cuma bisa lihat dan foto di 3 patung ikonik itu, di sini juga banyak acara kesenian dari pagi hari sampai malam hari. Pas saya ke sana waktu itu lagi ada pementasan seni orang pakai topeng gitu sambil diiringi musik. Enggak tahu namanya apa. Selain itu, di GWK kamu juga bisa melihat pertunjukkan budaya lain seperti Balinese Dance, Barong Keris Dance, Garuda Wisnu Ballet, Joged Bumbung, Kecak Garuda Wisnu, Legong Dance, Nusantara Dance, dan Rindik Instrument.

Oh iya, di GWK Culture Park kan sekarang ada obyek wisata baru. Jadi si Garuda Wisnu Kencana ini udah digabungin patungnya. Jadi enggak dipisah-pisah lagi. Patung setinggi 121 meter itu terbuat dari bahan tembaga, kuningan dan rangka baja. Si pembuatnya adalah pematung I Nyoman Nuarta. Proses pembangunannya itu lama banget, lho sampai 28 tahun. Buseettt saya belum lahir, ini rencana patung mau dibangun udah ada.

Terus ya, GWK itu kan luassssss buangeett. Kalau kamu enggak mau capek-capek buat mengelilingi tempat wisata di Bali ini, pihak pengelola juga nyediain shuttle bus yakni GWK Loop. Dengan membayar Rp20.000 pengunjung bisa puas berkeliling menuju patung-patung besar yang berada di sisi tengah GWK Cultural Park.

Mau beli oleh-oleh khas Bali dan GWK? bisa banget! Di sini ada banyak toko dan restoran yang bisa kamu singgahi. Ya, cuma harganya emang lebih mahal sih. Jadi sebelum beli oleh-oleh di sini coba cek dompet kira-kira cukup enggak buat beli oleh-oleh dan mungkin masih ada agenda lainnya yang bakal kamu lakukan di Bali.

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali


Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali


Pantai Jimbaran

Saya juga sempat mengunjungi pantai Jimbaran setelah pulang dari GWK Cultural Park pada sore harinya. Pantai ini posisinya ada di wilayah Kabupaten Badung. Pantai Jimbaran Bali termasuk ke dalam salah satu pantai pasir putih di pulau Bali. Seingat saya pasir pantai di sana cukup halus dan berwarna putih ke kuning – kuningan. Pantainya juga lumayan bersih. Di sana kita juga enggak bakal kesulitan menikmati makanan laut karena di sana ada banyak tempat makan yang menyediakan makanan laut.

Oh iya, Pantai Jimbaran juga sering dijadikan sebagai tempat untuk ngeliat sunset. Sayangnya, ketika saya di sana cuaca lagi mendung, jadi enggak begitu terlihat sunset-nya.  Terus kalau kamu pengin banget lihat wisata air, enggak bisa didapat dari pantai ini, karena ada larangan aktivitas water sport yang menggunakan mesin di tempat wisata Pantai Jimbaran Bali. Fyi, untuk masuk ke Pantai Jimbaran itu gratis. Jadi liburan ke sini bisa hemat budget tapi hati dan pikiran pun senang karena kita bisa terhibur main di pantai. 

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Pantai Jimbaran Bali

Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Pantai Jimbaran Bali


Baca jugaRomantis Banget! 9 Tempat di Bali Ini Jadi Favorit untuk Menikmati Sunset!


Pantai Pandawa

Jujur aja sih, Pantai Pandawa menurut saya lebih bagus daripada Pantai Jimbaran. Lokasinya ada di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tiket masuknya untuk wisatawan domestik: Rp8.000,00 per orang. Sementara untuk mancanegara: Rp15.000,00/orang. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini lumayan banyak, seperti berenang sambil menikmati air laut yang jernih,  pasir putih yang bersih, dan ombak yang relatif tenang atau duduk santai. Pas saya ke sana siang hari, pantai ini tergolong cukup sepi.

Bukan cuma itu, saya juga melihat ada kano yang bisa disewa untuk kapasitas 1 orang atau 2 orang. Biaya yang dikenakan juga tergolong murah, yakni Rp25.000 per satu jam. Untuk kano yang dimainkan dua orang, dihargai Rp50.000 per satu jam.

Kamu bisa mengelilingi pantai sambil melihat keindahan laut kebiruan dan kemegahan tebing kapur. Disediakan juga fasilitas jaket pelampung. Jadi kalau mau main kano, baiknya pakai jaket pelampung ya supaya kegiatan bermain kano lebih aman.

Saya masih ingat, di Pantai Pandawa banyak bule-bule laki-laki yang bertelanjang dada dan perempuan yang hanya memakai bikini. Mereka pada berjemur di tempat duduk yang beratap payung, ada juga bule yang sedang dipijat oleh orang lokal. Wahhh uenaak tenan yo hehehe. 



Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Pantai Pandawa Bali


Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Bali Bersama Teman-teman, Pantai Pandawa Bali

Itu tadi tempat-tempat wisata di Bali yang saya kunjungi tahun lalu. Di sini saya enggak hanya mau share tempat aja, tapi juga tips nih buat kalian yang traveling sama teman-teman yang lumayan banyak. Kayak saya kan traveling sama 7 orang, cewek semua pula. Kebayang enggak gimana ribetnya kami? Hehehe. Berpergian jauh bersama teman yang lumayan banyak, itu ada senangnya tapi ada enggak enak juga.

Enggak jarang kami punya perbedaan pendapat soal perjalanan kami. Nah, supaya bisa mengurangi perbedaan-perbedaan tersebut, berikut tips yang dapat kamu ikuti.


Bagi tanggung jawab

Kalau dari pengalaman saya ke Bali kemarin, setelah sepakat menentukan Bali sebagai destinasi yang akan dikunjungi, kami bagi-bagi tugas. Siapa yang bertugas menyimpan uang tabungan buat ke Bali, siapa yang nyari tiket pesawat, siapa yang nyari destinasi wisata di Bali, dan penginapan (ini rencana awal sebelum menggunakan travel).

Terus teman saya yang lain ada yang ngasih ide buat pakai travel aja, karena saya dan teman-teman belum pernah sama sekali ke Bali. Jadi biar gampang. Hahaha. Terus pas sampai di Bali juga kita bagi tugas siapa yang baca peta Google saat mau mengunjungi tempat wisata di Bali.

Meskipun tugas-tugas tadi akhirnya terselesaikan dengan menggunakan travel, ini berguna bagi kamu yang enggak mau pakai jasa travel. Bagi tanggung jawab juga mencegah munculnya rasa cemburu atau ketimpangan kerja selama liburan. Pokoknya, jangan jadi orang yang ingin menangani semuanya. Soalnya bisa jadi beban buat diri kamu sendiri. Dengan membagi tugas maka tiap orang bisa berkontribusi dan merasa berguna bagi lainnya.


Menentukan tempat wisata di Bali

Ada banyak tempat wisata di Bali yang ciamik dan sayang banget kalau dilewatin gitu aja. Tapi, biasanya kan kalau traveling enggak bisa lama-lama ya, karena terhalang jatah cuti kantor yang enggak boleh diambil banyak-banyak sekaligus. Apalagi saya sama 7 orang teman punya pekerjaan yang beda-beda, jadi ada yang gampang ambil cuti ada juga yang agak susah. Pas saya ke Bali itu, cuma 4 hari 3 malam.

Pastinya sebelum kami berangkat ke Pulau Dewata, kami semua rembukan dulu bersama-sama menentukan tempat wisata di Bali yang ingin dituju. Cuma nih, jangan minta pendapat beberapa orang aja ya. Tapi tanyakan pendapat semua orang yang ikut berlibur. Soalnya buat menghindari liburan gagal karena beberapa orang tidak suka atau tidak setuju dengan tempat wisata di Bali yang sudah ditentukan. Bisa aja teman-teman kita punya trauma atau pengalaman buruk akan sesuatu kan? Jadi, harus diomongin bener ya!. Kalau ada nih, dari temen-temen kamu yang cuma iya-iya, aja, pastiin dia enggak keberatan sama keputusan yang diambil. Tanyakan langsung apakah dia setuju atau tidak. 

Perkirakan dana yang digunakan

Kalau udah tahu mau ngunjungin tempat wisata di Bali mana aja, jangan lupa buat ceki-ceki harga yang diperlukan untuk liburan bersama. Tentuin kemungkinan-kemungkinan di mana nantinya selama liburan membutuhkan uang. Kayak misalnya bayar parkir, tiket masuk tempat wisata, uang bensin, uang makan, dan lain-lain. Ini penting banget buat diomongin, soalnya buat mencegah adanya kerugian diri kita atau teman-teman kita karena ada kelebihan budget. Kondisi dan kebutuhan masing-masing dari saya dan teman-teman juga berbeda-beda.

Saling kompromi

Poin ini juga penting banget. Pas udah sampai tempat tujuan, kita perlu buat kesepakatan untuk beberapa hal seperti jam berapa kumpul, di mana titik berkumpul, berapa uang patungan, dan barang-barang apa aja yang akan dibawa. Usahakan jangan ada yang melanggar agar liburan bersama bisa lancar dan juga seru.

Tapi, jujur ini praktiknya susah banget. Misal, sebenarnya pas dihari terakhir kami mau lihat sunrise di Pantai. Malam sebelumnya saya dan teman-teman udah sepakat nih buat jalan jam setengah 5 pagi buat ke pantai, eh tapi apa mau dikata, kami semua pada bangun jam 6 pagi! Yaudahlah ya, gagal deh lihat sunrise. Terus ada beberapa destinasi yang gagal mau didatengin. Gara-gara ngaret, dan lain-lain.

Jangan bersikap egois dan kekanak-kanakan

Terkadang jika melakukan traveling dengan banyak teman ada aja masalah yang muncul. Sebenarnya, boleh-boleh aja tidak suka atau merasa tersinggung atas perkataan teman maupun sikapnya selama liburan. Tapi jangan sampai ngambek maupun diam-diaman ya. Sebisa mungkin jangan baper-an  dengan perkataan atau perilaku teman yang 'kelewatan'. Ya tanggapi aja dengan cara bercanda.

Pas diperjalanan menuju GWK ada kejadian, ada jalur yang menanjak yang cukup tajam. Nah, teman saya yang bisa nyetir ternyata kurang bisa nanjak dengan baik (karena jalurnya juga susah sih). Terus kita yang cuma tinggal duduk doang mulai panik, terus agak emosi juga karena mobilnya rada ngadat. Yaudah terus ada perdebatan kecil soal itu. Tapi untungnya berantem-berantemnya enggak lama.

Jangan membicarakan masalah-masalah yang sensitif

Selama perjalanan maupun di lokasi wisata, sebisa mungkin jangan membicarakan hal-hal yang sensitif seperti saling menjelekan, pertengkaran, masalah di masa lalu, dan sebagainya. Bila ada masalah pribadi, bicarakan baik-baik aja ya, jangan dengan emosi. Cari waktu yang tepat untuk membicarakan permasalahan dan menemukan solusinya.

Dokumentasikan momen

Ini salah satu kegiatan yang wajib dilakukan dong kalau lagi liburan, apalagi ketika mengunjungi tempat wisata di Bali. Agar agenda jeprat-jepret bersama teman-teman dan tetap update di medsos tentang perjalanan kita, ada baiknya cek dulu kelengkapan kamera seperti memori dan baterai cadangannya. Jika kamu dan teman-teman enggak punya kamera, coba pasti-in baterai smartphone cukup dan bawa power bank ya, biar bisa mengambil foto dan video sepuasnya.

Jaga barang masing-masing

Jangan berpikiran meski bepergian secara bersama-sama kita bisa main asal titip-titip-an barang ya.  Kalau enggak kepepet, kita harus jaga barang masing-masing. Selain urusan menitip barang, kita juga jangan asal pinjam barang teman kita tanpa persetujuan orang yang memilikinya. Jagalah barang bawaan masing-masing. Jangan sampai liburan  jadi enggak asyik karena salah satu dari kita kehilangan barang atau teman kita marah karena kita main minjam barang dia. hiiiihhh.

Semoga informasi di atas soal tempat wisata di Bali dan tips berpegian dengan teman-teman yang lumayan banyak juga dapat membantu.

Oh iya, kalau kamu mau beli barang-barang kebutuhan traveling sekarang enggak perlu pergi ke mall. Kamu bisa beli kebutuhan traveling kayak backpack, koper, kamera, tripot, dan kebutuhan liburan lainnya di e-commerce seperti Bukalapak. Di Bukalapak kamu bisa menemukan berbagai kebutuhan traveling yang diperlukan. Bahkan kamu juga bisa pesan tiket pesawat ke Bali melalui Bukalapak, lho. Terus kalau kamu mau merasakan pengalaman naik kapal laut ke Bali, tenang di Bukalapak juga nyedia-in nih tiketnya. Kamu tinggal buka aja situs resmi Bukalapak, terus ketik deh tiket ke Bali, bakal muncul, tuh berbagai pilihan promo dan tiket transportasi ke The Island Of God.

Oh iya, kalau kamu mau tahu informasi soal tempat wisata di Bali lainnya, bisa baca informasinya di blog BukaReview kepunyaan Bukalapak. Lumayan kan bisa nambah-nambah referensi soal wisata di Bali. 

Selamat liburan!

PS: Untuk informasi tiket masuk ada yang di-update sesuai dengan yang berlaku sekarang. Ada juga yang tidak, karena setelah dicari informasinya masih sama dengan pengalaman saya tahun lalu.

Sumber:

https://travel.kompas.com/read/2018/11/27/200600327/liburan-ke-gwk-bali-bisa-ngapain-aja-ya-
https://blog.traveloka.com/bali/8-aktivitas-seru-ini-bisa-kamu-lakukan-di-pantai-pandawa-bali/

33 komentar:

  1. Aahhh iri..
    Saya dong, belum pernah jalan2 bareng temen cewek aja sampai jauh gitu.

    Tapi emang banya tantangannya ya, terlebih perginya bareng2 sebanyak itu.
    Ciwi2 semua, tau sendiri kan cewek2 sensi hahaha.

    Dan keren juga ya beli perlengkapan di bukalapak, wajib pantengin nih diskon2 perlengkapan liburan :)

    Rey

    BalasHapus
  2. Ke Bali rame2 menurutku lebih rnak drpd sendiri
    Meski kalau rame2 jg rentan konflik tp tetep enakan rame2 drpd sebatang kara

    BalasHapus
  3. Lebih seru jalan kalau banyak temen sih aki, berbagi kegembiraan, kelucuan.
    Pengalaman begitu malah herkesbe

    BalasHapus
  4. Ake belum sempat ke ulun danu waktu ke Bali. Makannya pingin banget ke Bali lagi. Seru ya kalo jalan bareng banyak tenan gini

    BalasHapus
  5. Traveling bareng sama temen ini sensasinya bakal beda ya. Kita jadi lebih mudah mengetahui sifat dan karakter teman kita yang asli. Wah liburannya seru banget!

    BalasHapus
  6. Bali is always a good idea!
    Tapi saya gagal fokus di cerita awalnya dan jadi pengen kepoin cerita tentang ketipu sama agen travel itu, hehe..

    BalasHapus
  7. Seruuu banget mbaa. Aku belum pernah ke BAli ama teman2 seepertiini. Tapi memang sih kalau berkunjung ramai ramai begini sebiknya harus jaga untuk tak omongin hal hal sensitif ;). Moga kompak terus ya

    BalasHapus
  8. Kalau perginya sama cewek2 ya lumayan tuh bisa dikondisikan. Tapi kalau cowok, sering tuh mereka gak seribet cewek. Liburan dengan banyak orang itu gak boleh egois

    BalasHapus
  9. Ya ampun itu foto yg begronnya kabut kok kece banget. Mupeng euyy pengen ke sana jug

    BalasHapus
  10. Kalau liburan ramai2 bareng teman memang nggak boleh egois. Harus saling pengertian. Pengin gitu bisa liburan bareng tmn2 lagi, tp apalah kini status sudah kurang memungkinkan karena ada buntut yg ga bisa ditinggal hehehe...

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah ke Bali. Baca postingan ini jadi pengen ke Bali juga deh. Padahal aku pengen banget ke Bali itu sejak masih kelas 11 SMK pas tahun 2012.

    BalasHapus
  12. Seruuuu banget ya Mbak, traveling bareng sahabatnya, sampe 8 orang gitu kan ya totalnya. Pasti rame banget deh.
    Tempat yg dikunjungi juga keren2, ini bakalan jadi pengalaman yg tak kan terlupakan hingga nanti yaaaa :)
    Duuh, jd pengen ke Bali juga :)

    BalasHapus
  13. Huaa enak ya ya bisa jalan-jalan ke Bali sama sahabat. Aku belum pernah ke Bali lho kak huhu doain ya semoga bisa secepatnya kesana.

    BalasHapus
  14. Kalau teman seperjalanan udah saling kenal dekat, biasanya malah seru, ya.

    BalasHapus
  15. enak travellingnya Mbak, apalagi sama sahaba-sahabt yang super kece dan tidak membosankan

    BalasHapus
  16. Ya ampuuun kebayang serunya kaya apa pergi piknik bareng teman2 sefrekuensi, pasti bakal inget terus dan kangen banget tuh sampai kapan pun :)

    BalasHapus
  17. Jadi kalau ke Bali beli oleh-oleh khas yang tidak mahal di mana mba? Insyaallah aku tahun depan mau ke sini

    BalasHapus
  18. Aduh kangen mudik jadinya Mba, heheeh Pandawa dulu belum ada ayunannya pas pertama kali di buka sekarang banyak penambahannya ya. Tanah LOt dari rumahku lima menitan itu Mba, hehehe asik ya di Bali menyenangkan dan bikin betah

    BalasHapus
  19. Yaps. I agree with the tips. The most important is menjaga obrolan sensitif. Betul banget itu mbak

    BalasHapus
  20. Whuaa seru banget liburan bareng geng, dan banyakan pula, belum pernah liburan bareng geng sebanyak itu, paling banter 3 - 4 orang, dan memang kebayang riuhnya tapi seru apalagi tempat yang didatangi Bali

    BalasHapus
  21. AKu juga suka bangeet nih mba dengan berbagai wisata di Bali.. ngg pernah bosan walaupun udah berkali-kali ke sana ya. Happy to go back..

    BalasHapus
  22. Cuma akuh aja Kali yg belum kesempatan ke Bali.. next mau bngt mengunjungi tanah lot or pntai pandawa mudah2an dlm waktu dekat

    BalasHapus
  23. Bali...Bali...Bali...
    Selalu ingin kemBali untuk menikmati segala keindahan alam dan budayanya.
    Apalagi kalau bisa bersama teman-teman.
    Jadi makin akrab yaa...

    BalasHapus
  24. kapan yah aku ke Bali hehe..emang paling asyik kalo jalan bareng temen

    BalasHapus
  25. kapan yah aku ke Bali hehe..emang paling asyik kalo jalan bareng temen

    BalasHapus
  26. Sebelum menikah iya suka barengan liburan sama temen2 cewek. Kalo dulu karena masih single kali ya, jadi suka ada aja dramanya.

    BalasHapus
  27. Wuih seru banget. Udahlah bareng sahabat, terus ke Bali pula. Kepengen deh bisa kayak gini. Tapi bagaimana mungkin, anak-anak dan bapaknya di rumah, pasti pada protes. :D

    BalasHapus
  28. Bali tuh selalu ngangenin. Dulu pas ke sana mau masuk ke GWK kok ternyata mahal ya tiket masuknya hahahaa... akhirnya kami keliling2 saja. Ngeliat Pantai Pandawa juga dari atas doang, pepotoan sama berbagai patung yang ada di pinggir jalan itu :))

    BalasHapus
  29. Wah aku udah tiga kali ke Bali tapi belum pernah ke Danau Ulun Baratan. Dan bener banget di Bali kita harus menjaga mulut dan sikap. Meski sebenarnya di mana aja kita harus melakukan hal yang sama. Menghormati budaya setempat

    BalasHapus
  30. Asyiknyaa ladies days out! Jadi inget backpackeran sama temen2 segeng semasa kuliah dulu xD

    BalasHapus
  31. Paling mahal ke Garuda Wisnu Kencana ya. Kalau ke Pantai Kuta dulu gratis.

    BalasHapus
  32. Wah aku pas ke Bali berdua suami pilih ga pakai travel Agent. Tapi kami rental motor dan mobil buat kemana-mana. Enaknya bebas atur waktu, dan itenerary bikin sendiri. Kalau pakai travel Agent enaknya semua udah all in ya

    BalasHapus
  33. Aku jadi diingetin buat beli kopor mbak. Soalnya pengen beli kopor, moga2 ada diskon biar 2019 bisa sering2 traveling. Mau cari di bukalapak ah :D

    BalasHapus