Kenalan dengan InShot, Aplikasi Edit Video untuk Pemula yang Mudah Digunakan

Kenalan dengan InShot, Aplikasi Edit Video yang Ringan dan Mudah Digunakan, aplikasi edit video, InShot


Tanggal 27 Desember 2018 kemarin saya berkunjung ke kawasan Glodok, Jakarta Barat untuk hunting makanan di sana. Saya datang bersama teman kantor saya, namanya Vice. Ini kunjungan pertama saya ke Glodok. Sebenarnya rencana berkunjung ke salah satu “China Town” ini selain mau nyicipin makanannya, saya juga mau bikin konten video. Hehehe.

Saya lagi belajar atau istilahnya mencoba bikin konten video karena melihat teman kantor saya yang lain namanya Jumardan yang demen banget bikin video perjalanan atau kegiatan yang dia lakukan hanya bermodalkan aplikasi edit video Android.

Jujur aja nih, saya awalnya cuma tahu cara mengedit video itu ya harus pakai software macam Adobe Premiere, Filmora, Corel VideoStudio, atau Final Cut Pro. Di mana software-software tersebut kan banyak banget memorinya dan biasanya harus pakai PC atau laptop. Kalau misal, laptop kamu enggak kuat, lemotnya bikin stress!



Mulailah saya kepo ke Ardan, tanya-tanya ke dia “Dan lo kalau ngedit video pakai apa sih? Kok modal hape doang? Tanya saya.

Gue pakai aplikasi edit video InShot. Ini ringan aplikasinya, enggak gede-gede amat cuma 20 Mega-an. Udah gitu gunainnnya enggak terlalu ribet.” Jawab Ardan.
aktu itu saya enggak langsung mengulik apalikasi edit video InShot. Cuma saya ingat-ingat namanya.


Nah, berhubung liburan natal dan tahun baru kali ini kantor saya ngasih jatah yang panjang, saya kepikiran buat bikin konten video. Terus kepikiran tema yang mau dibuat itu ngunjungin Glodok. Ternyata si Vice juga keturunan Cina yang sering banget ke Glodok buat hunting makanan dan belanja keperluan rumah, yaudah saya langsung ajakin dia dan dia mau. Alhamdulillah. 


Di tulisan ini saya enggak akan share lebih detail tentang pengalaman dan cerita makanan apa aja yang saya cicipi di Glodok. Tapi, saya bakal kasih tahu ke kamu apa aja keunggulan menggunakan aplikasi edit video InShot dan cara menggunakannya.

Aplikasi edit video InShot termasuk yang cukup populer baik untuk Android maupun iPhone (iOS). Aplikasi video editor ini cukup digemari mungkin alasannya karena fitur di dalamnya yang cukup banyak, desain aplikasi yang mudah dipahami, dan bisa dipakai gratis meskipun ada iklan.

Biasanya InShot sering digunakan oleh orang yang suka atau ingin meng-upload video ke berbagai media sosial. Beberapa kelebihan dari InShot, yakni:

Fitur background

Perlu diketahui nih hasil foto dan video dari aplikasi edit video InShot tidak full memenuhi frame, soalnya InShot memberikan fitur berupa background untuk bagian belakang video atau foto. Background-nya sendiri serupa dengan foto dan video yang sedang kamu edit tapi dibuat blur dan kamu bisa mengatur tingkat keburaman dari background agar terlihat menarik. Bukan cuma itu aja. Kalau kamu enggak suka dengan background blurnya, kamu bisa mengubah background dengan pilihan satu warna.

Fitur musik

Bikin video yang kamu buat di InShot semakin ‘hidup’ dengan menambahkan musik yang tersedia dalam berbagai pilihan yang dapat kamu pilih sendiri sesuai selera. (kasih gambar atau tulis lagu-lagu yang bisa dipilih). Enggak cuma itu, kamu bisa menyesuaikan volume musik.

Teks dan stiker

Tidak hanya bermain gambar saja, di InShot memungkinkan kamu untuk bermain dengan kata-kata juga untuk memperjelas video atau fot yang dibuat. Tersedia beragam pilihan font untuk pengeditan teks. Aplikasi video editor ini juga bisa menambahkan stiker animasi dan emoji bergaya, kutip, dan stiker. Memperbarui mingguan.

Kontrol kecepatan video

Aplikasi edit video InShot memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menyesuaikan kecepatan video apakah ingin gerakan lambat atau cepat.

 Memotong video, efek slow motion atau timelapsed, dan stiker bergerak atau Gif

InShot memungkinkan kamu untuk memotong bagian video (trim) yang ingin diedit sebelum maupun sesudah diimpor. Beberapa fitur basic yang tersedia di sini antara lain Trim (memotong), Canvas, Music, Sticker, Text, Rotate, dan Flip. InShot juga bisa mengubah ukuran mulai dari 16:9, 4x5, 1:1 dan masih terdapat fitur lainnya lagi.

Tersedia filter dan efek video

Kamu memungkinkan untuk menambahkan filter dan efek video sesuai yang kamu inginkan (sebutin macam-macam filter dan efek nya). Selain itu, kamu bisa menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi video.

Bisa menyesuaikan rasio video

Kamu bisa menyesuaikan rasio video yang dibuat sesuai dengan media sosial yang ingin kamu gunakan untuk meng-share video seperti Instagram, IGTV, Musical.ly, Facebook, Twitter, Tik Tok, atau YouTube.

Menggabungkan dan mengompres video

Di aplikasi edit video kamu bisa menggabungkan banyak klip video menjadi satu video untuk media sosial seperti Facebook, Messenger, Instagram, IGTV, Musical.ly, Tik Tok, Twitter, bahkan YouTube. Membantu memotong, menggabungkan, mengompres, dan membagi video tanpa kehilangan kualitas.

Konverter video dan pembuat slideshow foto

Jika kamu ingin membuat tayangan slide foto, bisa menggabungkan foto untuk membuat tayangan slide dengan musik. Selain itu, aplikasi edit video ini bisa menggabungkan video dan foto.

Putar dan balik video

Jika ingin memodifikasi video dengan memutar video 90 derajat secara vertikal dan horizontal.

Bisa langsung dibagikan ke media sosial dengan kualitas High Definition (HD)

Hasil dari aplikasi edit video InShot bisa langsung dibagikan ke media sosial dengan kualitas High Definition (HD). Ini tentu sangat memudahkan kamu, yang ingin langsung ‘memamerkan’ hasil karya kamu. 

Tidak hanya untuk video, tapi juga foto

Selain video, InShot juga menjadi aplikasi terbaik untuk edit foto yang tidak terlalu berat. Saat baru pertama membuka InShot, akan muncul pilihan tiga menu dua di antaranya, yakni Photo, dan juga Collage. Jadi, kamu bisa menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar dengan menggunakan menu Collage. Terdapat banyak pilihan tata letak yang stylish, filter unik dan latar belakang berwarna-warni, serta latar belakang blur. Bingkai lucu.

Berikut cara menggunakan aplikasi edit video InShot

  1. Download aplikasi InShot di Play Store 
  2. Jika sudah didownload, buka aplikasi edit video InShot. Lalu akan muncul 3 menu yaitu Video, Photo, dan juga Collage. Fokus tulisan ini mau bahas soal cara mengedit video dengan InShot, maka pilih menu video
  3. Pilih salah satu video di smartphone kamu yang ingin diedit

Pilih video yang ingin diedit



Memangkas dan memotong video 

Ini bisa dilakukan pada menu Trim. Di menu ini ada 3 pilihan, yakni Trim untuk memotong bagian /scene video mana yang tidak ingin dimasukkan. Lalu ada cut untuk memangkas bagian kanan, kiri, atas, bawah video. 

Canvas (Bentuk video)

InShot juga memiliki fitur canvas, yakni untuk menentukan bentuk video. Beberapa bentuk video yang tersedia, yakni full, fit, top, dan bottom. Pilihan bentuk video tersebut, yakni video full tanpa adanya background dengan bentuk landscape. Bentuk yang kedua adalah Fit, yakni bentuk video yang dilengkapi dengan background pada bagian atas dan bawah. Ketiga adalah bentuk video yang memiliki bentuk kotak. 

Lalu ada Top di mana menu ini memungkinkan video tertutupi background pada bagian bawahnya. Lalu ada Bottom. Pada menu ini memungkinkan video tertutupi background pada bagian atasnya. 
Pilihlah salah satu bentuk sesuai keinginan. Klik tanda checklist yang ada di bagian pojok kanan bawah. Kamu juga bisa menggeser di setiap sisi bagian video untuk mengatur bentuk video yang sesuai keinginan kamu. Setelah dipilih, kemudian klik pada tanda “checklist.”


Mengubah warna background 

Saat di proses awal memulai memilih bentuk video, kamu sudah bisa menentukan background apa yang ingin digunakan, apakah efek blur atau menggunakan background berwarna. Saat di proses awal, memilih bentuk video, kamu sudah bisa menentukan background apa yang ingin digunakan, apakah efek blur atau menggunakan background berwarna. Setelah selesai memilih, klik tanda checklist yang ada di bagian pojok kanan bawah. Setelah selesai memilih, klik tanda checklist yang ada di bagian pojok kanan bawah.


Kamu bisa memilih background apakah gambar blur maupun warna

Filter

Kalau kamu mau ngasih efek-efek seperti bright, monochrome, natural, warm, dan vintage bisa banget dilakukan. Ada banyak sekali efek-efek yang bisa kamu pilih untuk mempercantik video kamu.


Mengedit musik 

Biar video enggak monoton, perlu dong dikasih musik. Aplikasi edit video InShot punya banyak list musik yang bisa mengiringi video kamu. Caranya klik pada fitur “music” lalu muncul deh pilihan musik yang akan kamu tampilkan di video. Enaknya kalau pake InShot kamu bisa pilih musik yang sudah tersedia dari aplikasi InShot atau pilih musik yang ada di playlist dengan pilihan menu “My Music.” Setelah menentukan musiknya, kemudian klik “USE” yang berada dalam kotak hijau di bagian kanan musik yang ingin dipilih.

Setelah itu, akan muncul notifikasi “edit volume”. Jadi kamu bisa mengatur volume dari suara bawaan video yang  dipilih dan mengatur volume musik untuk backsound.  Setelah selesai,  klik “OK.” dan checklist yang ada di bagian pojok kanan bawah.

Pilih backsound yang paling mendukung videomu

Menambahkan stiker 

Untuk menambahkan stiker pilihlah fitur “Sticker". Lalu muncul pilihan stiker yang tersedia. Pilihlah stiker yang sesuai dengan selera kamu. Setelah itu kamu bisa geser stiker yang kamu pilih dan letakan di tempat yang sesuai dengan keinginan kamu.  Kamu bisa dengan leluasa untuk memperbesar dan memperkecil ukuran stiker dengan cara menarik sisi bagian kiri bawah yang ada simbol “panah.” Setelah kamu selesai lakukan editing stiker kamu bisa tap tombol “back” pada layar smartphone kamu. Kemudian klik tanda “checklist” yang ada di bagian pojok kanan bawah.
Tambahkan kesan lucu dan kreatif lewat pilihan stiker yang mewakiili videomu

Menambahkan teks 

Perkaya tampilan video kamu dengan menambahkan teks. Kemudian kamu tulis teks yang diinginkan dan bisa meletakan teks ke tempat yang diinginkan. Kamu juga dapat memilih warna untuk teks dengan cara mengklik simbol bulat yang berwarna-warni. InShot juga memiliki jenis font dengan mengklik simbol “Aa” yang berada di bagian samping kanan simbol warna. Setelah selesai memilih warna dan jenis font klik tanda checklist


Kamu bisa berkreasi dengan berbagai pilihan jenis huruf dan warna

Kecepatan

Jika mau tampilan video cepat atau mau bikin lambat kayak slow motion gitu, di aplikasi edit video InShot juga bisa. Kamu bisa sesuaikan dengan keinginan kamu. 

Rotate dan flip 

Kamu bisa melakukan rotasi pada video kamu ke kiri atau ke kanan, ke atas atau ke bawah sesuai dengan keinginan.

Menyimpan dan mengekspor video 

Masuk ke tahap akhir penyelesaian, untuk melakukan penyimpanan video yang sudah dibuat, klik “save” yang ada di bagian pojok kanan atas. Akan muncul pilihan 720p atau 640p. Kamu bisa memilih diantara keduanya dengan cara mengklik salah satunya. Setelahnya selesai dalam melakukan ekspor video ke dalam galeri kamu.


Itulah cara mengedit video dengan  aplikasi edit video InShot di Android. Semoga cara di atas bisa membantu kamu sebagai pemula seperti saya untuk bercerita melalui video dengan cara praktis. Ingatlah bahwa untuk memulai dan mahir akan sesuatu harus dimulai dari step pertama dan tak apa jika karya pertama belum sebagus orang lain. Dengan semangat berlatih dan terus belajar kamu bisa menemukan ciri khas video kamu dan mahir. Sebagai penutup, saya tunjukan ya hasil video buatan saya menggunakan InShot. Tampilannya masih jelek banget, tapi kalau menuntut kesempurnaan di awal, kayaknya karya enggak bakal jadi-jadi. Iya, enggak? :)






140 komentar:

  1. Aku belum pernah pakai aplikasi inshot ini. Kayaknya edit video makin mudah ya dengan aplikasi ini. Pengen download aplikasi inshot juga ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba gak terlalu susah pengoperasikannya hehehehe

      Hapus
  2. Aplikasi in shot ini aplikasinya bener mudah ya? aku baru mau belajar bikin video dengan apliaksi apa juga belum ngerti, ahahah.
    Makasih ya mba sharenya detail banget nih penjelasan fiturnya, dan mudah dipahami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba hehehehe. Sebenarnya banyak sihhh aplikasi edit video yang bisa dipilih. Yang penting dicoba aja hehehehe

      Hapus
  3. Huaa aku baru tau nih aplikasi ini , thank for sharing kak,, kapan-kapan coba ah hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba Mba hehehe. Ini aplikasi gratis yang mumpuni banget hehehehe

      Hapus
  4. Langsung auto cuss donlot saya mba, keren banget ini mah, ada beberapa video yang ingin saya tayangin, tapi bingung ngeditnya.
    Pernah pakai sebuah aplikasi tapi kok ya ribet banget
    kayaknya inshot ini sederhana tapi mumpuni banget buat ngedit video :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, enggak terlalu ribet. Yang penting coba-coba aja fitur-fiturnya

      Hapus
    2. Dan ternyata emang hanya dibutuhkan sedikit coba-coba ya, dan aplikasi ini beneran jadi aplikasi favorit saya deh buat edit video.
      Lumayan juga bisa edit beragam video, kali aja bisa di upload ke yutub hehehe

      Hapus
  5. Lengkap banget ya mba, malah bisa bikin canva video. Ku penasaran pengen coba inshot. Tapi untuk coba all fitur nya ga bayar lagi atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Engga bayar Mba. Tapi memang ada aplikasi InShot yang berbayar dan fitur-fiturnya lebih lengkap. Cuma aplikasi InShot yang aku jabarkan itu pakainya yang gratis hehehe

      Hapus
  6. hihihi, sama aku pun pakai inshot akhir-akhir ini demi kepraktisan. Terutama kalau cuma buat stories aja.... ringkas. Pake handphone, cepet! Thanks untuk beberapa insightnya ya.... ada fitur yang selama ini ternyata aku lewatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba Emanuella hehehehe. Aku malah belum pernah bikin insta stories pakai InShot hehehehe

      Hapus
  7. jadi penasaran sama aplikasi ini ..belum pernah install aplikasi inshot.. ternyata rekomended juga ya karena fiturnya lengkap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba silakan dicoba heheheh. Lumayan membantu aplikasi ini buat yang pemula hehehe

      Hapus
  8. Aku juga pakai inshot, terutama untuk video yang untuk share di ig, katena ukurannya pas ga kepotong, suka dengan stikernya yang lucu-lucu dan hidup, kalau untuk yt pakai aplikasi lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. "kalau untuk yt pakai aplikasi lain" Boleh dong Mba share pakai aplikasi apa? heheh

      Hapus
    2. Untuk YT aku pakai imovie, splice sama videorama, digabung-gabung gitu hehhe

      Hapus
  9. Asyik ih ada aplikasi edit video lagi. Selama ini aku pake viva pro yg berbayar. Sayangnya pas upgrade, berbayarnya jadi ilang. Demi apa coba direlain buat bayar-bayar gitu? Demi menghilangkan WATERMARK. Ini Inshot nggak pake watermark ya kayaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin pas coba bikin video, enggak ada Mba watermarknya hehehe. Jadi enak buat pakainya

      Hapus
    2. Asyik asyik kalau gitu mau instal ah. Makasih ya Mbak Eka referensinya

      Hapus
  10. Aku sempat pake juga tapi memory hape ku full jadinya aku hapus dulu deh. Rencananya mau dipasang lagi klo dah mindahin foto2nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba, aku pun juga sebelum donlot InShot, aku pindahin semua data-data foto maupun video dan hapus-hapusin aplikasi yang tidak begitu penting

      Hapus
  11. wahhh saya belum pernah pake aplikasi ini nih. Mau coba donlot ahhh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba Mba heheheh. Awalnya memang kayak rada bingung. tapi kalau udah coba, nanti lama-lama jadi tahu fitur-fiturnya

      Hapus
  12. Setelah baca ini dan tahu kalau ada aplikasi edit video yang mudah dan kecil, maka auto install inshot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, silakan di install hehehehe. Meskipun ringan kapasitasnya tapi termasuk aplikasi edit video yang lengkap

      Hapus
  13. Aku udah pakai ini mba. Termasuk salah satu video maker andalanku. Stok lagunya lumayan banyak dan bebas copyright semua, jadi tenang pakainya. Trus Stiker lucu-lucunya itu juga bisa download sendiri, ada yang free, ada yang beli 15 ribuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh terima kasih Mba info tambahannya heheh.

      Hapus
    2. Sama-sama mbaa.. kalau lagi asyik ngedit video itu biasanya suka lupa waktu yaa.. apalagi yang fiturnya lengkap kaya inshot ini :)

      Hapus
  14. Kemarin habis uninstal salah satu aplikasi edit video karena berat bo. Huhu, hapeku takkuat. Jadi tertarik mau instal ini, keknya mudah pakainya dan enteng memorinya ya. Cus deh langsung download

    BalasHapus
  15. Pas banget, aku lagi cari cari aplikasi untuk edit video. Ini ringan ya mbk, karena biasanya aplikasi edit video itu diatas 20 mega. Mau coba ah, ternyata banyak yang sudah pake inshot.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ternyata para blogger lainnya udah pada kenal sama InShot hehehe. Berarti saya yang ketinggalan wwkwkwkkw

      Hapus
  16. Terima kasih mba Eka.
    Aku baru tahu Inshot lho.
    Selama ini aku pakai Viva Video yang gratis, hihihi.
    Jadi masih ada watermarknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah pakai aplikasi viva video, tapi memang enggak enaknya kalau pakai aplikasi viva video ada watermarknya. Makanya aku enggak pakai lagi hehehe

      Hapus
  17. Wuah Inshot lengkap nih
    Lain waktu kucoba ah
    Apps lain udah kuhapus soalnya, gak cocok, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya aku pakai viva video, cuma gak cocok karena selain makan memori banyak, ada watermarknya juga

      Hapus
  18. Filmora bukannya bis apakai hp, ya? Soalnya saya pernah pakai itu. Tapi, memang memorinya lumayan. Saya belum cobain nih pakai inshot. Harus cobain biar gak penasaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya filmora sudah ada versi aplikasinya. tapi memorinya terlalu besar hehehehe

      Hapus
    2. iya, Filmora memang besar. Ringan pakai inshot. Aplikasinya juga bagus nih bikin video jadi keren

      Hapus
  19. Wah, bunda yg sangat awam dengan pembuatan video semakin penasaran masukkin tentang inshot ini sebagai target blogging 2019. Makasih info lengkapnya, mbak Eka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bunda Yati. Aku pun juga memasukkan target untuk bisa mempelajari video di tahun 2019 ini heheheh

      Hapus
  20. Pas banget aku lagi mau belajar bikin vidio. Nanti pas longgar kubaca teliti ah. Makasih sharingnya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba Eni hehehehe. Aku juga berniat buat mempelajari lebih dalam nih soal video hehhe

      Hapus
    2. Penyakitku tuh bikin vidio males mb,ihiks padahal penting banget buat hidupin youtubeku yang sudah berjamur

      Hapus
  21. Wah jadi pengen ganti aplokapl edit video InShoot ini. Fasilitasnya lebih banyak dan nggak butuh kapasitas yang besar ya, cuma 20 mega. Aku langsung bookmark, ntar buat belajar bisa lihat artikel ini lagi. Makasih sharing nya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mba hehehehe. Udah banyak sih sekarang ya aplikasi edit video sekarang. Tapi salah satu yang terbaik menurut ku InShot hehehhe (bukan promosi)

      Hapus
  22. Aku juga lagi belajar edit2 video ini mba,, mudah2an fokus nih krn butuh konsentrasi ya ngeditnya meskipun gmpsng kelihatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga lagi belajar soal video dan editing nih. Emang butuh waktu sih buat mempelajarinya karena ada banyak banget bagian-bagiannya hehhe

      Hapus
  23. Kalau dilihat-lihat, fitur yang ada di Inshot hampir sama dengan aplikasi edit video yang saya gunakan.
    Selama ini saya memakai Viva Video Pro di hape, bisa lebih mudah mengedit video.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Viva Video Pro apakah ada watermarknya Mba? Soalnya pernah pakai Viva Video tapi ada watermarknya. Makanya aku enggak mau pakai Viva Video lagi

      Hapus
  24. Inshoot video editing banyak kegunaan nya .

    Video ini menunjang kita dalam menceritakan suatu peristiwa dalam bentuk video sekaligus bisa mencari nafkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mpo bertanya lagi nih, ada watermark gak?bayar berapa hilangin tulisan inshot

      Hapus
  25. aku udah denger inshot ini dari temen-temen konten kreator juga. Sepertinya memang gampang pakenya ya karena lebih simple menunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mba. Saya juga tahu aplikasi ini dari teman kantor heheh. terus penasaran dan coba-coba deh

      Hapus
  26. aku baru tahu aplikasi ini. ini gratis seluruhnya kah? aku akhirnya beli yang pro sih aplikasi serupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua fiturnya terbuka begitu saja tanpa harus bayar nggak? penasaran. bagus-bagus fiturnya.

      Hapus
    2. Aku pakai yang versi gratis Mba. InShot ada juga kok yang berbayar. Tapi memang lebih lengkap sih Mba fiturnya heheh

      Hapus
  27. Dulu pernah pake aplikasi inshot untuk mngedit foto sih sekarang jadi bagus inshot banyak featurenya mau coba juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku untuk foto, belum pernah coba pakai sih. Baru ngulik bagian video aja heheh

      Hapus
    2. Berarti fokus ke video ya mbak..

      Hapus
  28. ah, nanti dicoba deh. sering dengar sih yg namanya inshoot. pastinya lebih jelas dan banyak disini pengetahuannya. makasi ya informasinya.

    oia, pilihan url komennya di perbanyak dong. aku ga bisa ganti nama kalau disini. udah gitu url wp yg aku punya ga bisa masuk juga. sorry ya 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. "oia, pilihan url komennya di perbanyak dong. aku ga bisa ganti nama kalau disini. udah gitu url wp yg aku punya ga bisa masuk juga". Untuk yang ini, aku coba ulik nanti ya Mba. Soalnya baru tahu juga hal kayak gitu hehehhe

      Hapus
    2. Aku dah download aplikasinya. tapi blm aku coba. nanti waktu senggang pasti ku coba bikin vidio. tq...

      Hapus
  29. Aku baru dengar, eh baca, sih tentang Inshot ini. Biasanya edit video pake aplikasi lain, walaupun hasilnya masih kurang standar, karena ilmuku masih kurang. Kayaknya sebelum belajar lebih jauh lagi tentang edit video, aku belajar utak atik pake inshot kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. InShot bisa banget sebagai langkah awal buat belajar video dan persoalan edit-edit-annya hehehe

      Hapus
  30. Wah aku belum pernah pakai Inshot nih .coba ah. Biasanya pakai Viva video sama pernah filmora dan power director

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga pernah pakai Viva Video, tapi karena ada watermarknya makanya enggak mau pakai lagi

      Hapus
  31. yah sayang cuman di android ya mba?kode keras 2019 beli android wkwk
    aku juga suka bingung edit video gmn ternyata ada inshot next ah cobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum tahu nih InShot apakah ada di App Store juga atau enggak. Hehehehe. Awalnya aku juga bingung gimana cara editnya tapi emang harus rajin otak-atik sih.

      Hapus
  32. Aku biasanya pake aplikasi video dan photo editor lain Mba. Tapi sampe sekarang masih coba coba dengan aplikasi lainnya. Kalo ketemy yang lebih baik dan lebih mudah, biasanya yg lama aku apus, ganti dengan yang baru, hehe. Pengen nyobain juga gimana dengan InShot ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama akupun juga gitu. nyari-nyari yang paling mudah heheheh. Cuma sekarang lagi suka pakai InShot. Kalau mungkin nanti ada aplikasi edit video lain yang lebih oke, mungkin akan aku coba hehehe

      Hapus
  33. Aku baru tau aplikasi Inshot ini mbak..yang kupakai tuk edit video Kinemaster. Itupun masih belajar lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaahh aku malah baru tahu soal Kinemaster. Nanti aku coba cari tahu-tahu juga soal aplikasi Kinemaster hehehe

      Hapus
  34. Boleh banget nih ku coba juga mba , makasi banyak ya infonya. Saya kebetulan lagi cari app edit video di hape juga

    BalasHapus
  35. Aku belum pernah pakai InShot nih, kebiasaan yang gampang dengan iMovie muluuu. Fiturnya banyak dan kayaknya memang user friendly banget yaaa. Coba aah

    BalasHapus
  36. Dulu sempat nginstal ini di hape, diajarin teman sesama blogger lumayan buat bikin instastory tapi sudah lama ga dipake lagi deh karena hape kepenuhan heu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pernah coba bikin video buat insta story pakai InShot hehehe

      Hapus
  37. Wow lengkap juga ya fiturnya inshot. Ada watermarknya ngga? Kayaknya ga ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan lengkap Mba. Enggak ada watermarknya kok hehehe

      Hapus
    2. Wah asyik dong kalau ga ada watermarknya. Jadi ga repot2 edit lagi. Mau coba ah. Terimakasih infonya ��

      Hapus
  38. Ini gak ada watermark nya yaa, mba...?
    Kece banget doonk yaa...

    Dan aku ngerasa kaya uda pernah pakai apps ini pas pakai HP lama.
    Cuma efek gak setia, aku pakai berbagai macam apps aedit video.
    Hihi...sampe lupa kalau ada Inshot yang kecenya kebangetaaann...

    BalasHapus
  39. Aku belum pernah coba nih mba make inshoot, jadi penasaran juga apakah sama dengan yang aku pake gtu. Tapi kalo ga ada watermark asik nih. Setelah liat-liat kayaknya penggunaaanya simple ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba simple banget hehehehhe. Terus asiyiknya lagi enggak ada watermarknya hehehe

      Hapus
  40. Boleh juga nih dicoba. Aku pake yang berbayar dulu. Tapi pengen liat juga inshot mungkin lebih bagus fiturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya pakai aplikasi edit video apa Mba?

      Hapus
  41. Aku kalau buka play store, ketemu juga InShot, tapi belum coba. Nanti ngunduh ah karena kubaru suka edit2 foto. Siapa tau cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah belum pakai nih fitur foto di InShot hehehhe. Mungkin nanti aku bakal coba hehehe

      Hapus
  42. Wah terima kasih sudah dikenalin sama inshot. Saya selama ini pakai power director dan blm pernah pakai yang lain. Pengen jg seskali jajal inshot, tampaknya mudah mengaplikasikannya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebalikan dari aku nih Mba, aku belum pernah coba power director. Nnati coba aku pakai deh kapan-kapan hehehhe

      Hapus
  43. Wah, lengkap banget reviewnya. Noted banget! Aku baru aja install seminggu lalu. Aku masih gaptek dengan video dan edit-editnya. Kudu pelan-pelan nih baca dan belajarnya. Bookmark!

    BalasHapus
  44. Wah makasih infonya, Mbak.. saya sebelumnya pakai aplikasi edit video lain, tapi kadang kalau langsung di-share ke medsos jadi ada bagian yang patah-patah gitu. Mau nyobain inShot juga ah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang ada juga tuh bagian yang patah-patahnya. ATapi karena itu bisa jadi kegedean memori videonya hehehhe

      Hapus
    2. oh gitu.. trus gimana dong? dikecilin memorinya gitu? caranya gimana? dipangkas atau dipercepat gitu cukup nggak?

      Hapus
  45. Beberapa waktu yg lalu aku diminta ngereview produk di blog plus video
    Yg video baru pertamaa
    Deuh... belum tahu kalau ada aplikasi ini jadiny seadany aja
    Moga next job bisa coba ini
    Btw aku juga mayan sering ke glodok dulu pas tinggal d bekasi
    Jadi kangenn sekarang kayak gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sering ke Glodok Mba? Punya rekomendasi tempat makan enak enggak di sana?

      Hapus
  46. Wah makasih banget mba sharenya. Manfaat banget buat aku yg suka edit video. Aku baru tahu apps ini lho mba. Btw ada watermarknya nggak ya?

    BalasHapus
  47. Di aplikasi InShot ini ada fitur untuk voice over kah? kadang pengin nambahin keterangan pake suara kita sendiri setelah proses ngrekam dilakukan. Ada beberapa app pengolah video yang tidak menyediakan fitur ini. Kalau di InShot bagaimana?

    BalasHapus
  48. Makasih banyak informasinya Mbak aku belum pernah pakai aplikasi ini jadi pengen untuk mengedit video karena lagi pengen menjadi vlogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lagi belajar nih soal edit-editan video heheheh

      Hapus
  49. Ahaaaa, saya juga pernah pakai aplikasi InShoot ini Mbak, gak ribet sih emang tapi karena saya belum begitu sering main videoan jadi yaa gunakan seperlunya aja.
    waktu itu edit video untuk job biar bisa dipost di IG hiihihih
    anyway thanks banget ya Mbak tutorialnya ;)

    BalasHapus
  50. Balasan
    1. Jadi penasaran deh pengen ngedit video lagi ini. Hmm, harus buang rasa malas jauh2 ini biar bisa segera edit2an lagi :D

      Hapus
  51. Dulu aku pernah install InShot mba, sudah lama sekali. Sekarang fiturnya makin banyak ya, aku mau download ah biar InstaStory nya bagus hehe *hapus2in app yg lain krn memory tinggal sedikit*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silakan download Mba. Buat yang amatiran, InShot sangat berguna sekali hehehe

      Hapus
  52. Waduh... salut deh sama orang-orang yang mengedit video di smartphone. Portabilitasnya enak sih ya, tapi menurut saya yang enggak biasa, ngedit video di smartphone: angkat tangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat coba juga belajar edit video di PC pakai Movie maker sama Adobe Premiere. Yang Movie Maker masih gampang, tapi pas coba Premiere, pusing sendiri hehe

      Hapus
  53. Lengkap banget tutorialnya. Wah perlu dicoba nih aplikasi inshot. Edit video jadi gampang ya kalau pakai inshot ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, silakan dicoba. Aku pun masih belajar. Dikit-dikit ngenalin menu-menunya

      Hapus
  54. wahhh sampai saat ini saya belum instal aplikasinya nih. kayaknya harus cepat-cepat instal nih biar bisa edit-edit video :)

    BalasHapus
  55. Asli bakal langsung donlot. Soalnya lagi butuh buat edit2 video krucils.

    Ternyata inshot cara pakainya gampang yaa

    BalasHapus
  56. Kalau edit video pakai aplikasi inshot ini beneran langsung bisa dishare di sosial media ya dan kualitas videonya HD. Jadi nggak sabar pengen download aplikasi inshot juga deh setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
  57. Sdh sempat kenalan tapi blom sempat ngulik lebih jauh, terutama utk dubbing suara. Bisa kan ya?

    BalasHapus
  58. Baru tahu aplikasi Inshoot. Dan kayaknya cukup komplit nih buat ngedit video, apalagi bisa buat ngedit foto dan collage juga. Langsung cus download deh.

    BalasHapus
  59. Ternyata Inshot bagus yaaa. Paling penting nggak ada watermarknya, hihi. Soalnya kalau aplikasi yang lain wm nya gede bingits, agak ganggu. Kalau mau diilangin pun bayarnya mayan.

    Jadi pengen download ini dan mulai ngeditin video anak2 yang udah menuh-menuhin HP. XD.

    BalasHapus
  60. Uwooo senangnya dapat referensi edit video ketjeh 😆😆 selama ini cuma pake satu aplikasi hikss, pengen coba inshoot ah, makasih banyak kak ulasannya 😘

    BalasHapus
  61. Mba, aku kadang binggung mau nyari aplikasi edit video apa yang oke. Dan alhamdulillah nemu. Makasih ya mba :)

    BalasHapus
  62. Ini nih namanya pucuk dicinta ulampun tiba. Pas mau belajar ngedit video blog keceh inipu hadir. Terima kasih ya sayang. Lansung deh mau praktik hehehe...

    BalasHapus
  63. Aku belum pernah nyobain aplikasi inshot buat edit video, seringnya pake viva video, filmora atau power director. Pengen nyoba inshot juga jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sama nih, aku juga belum pernah nyobain aplikasi inshot ini. Sepertinya cukup simple dan fiturnya beraneka ragam ya mba.

      Hapus
  64. Aku biasa pakai Power Director untuk aplikasi edit video di hp. Tapi kelihatannya boleh juga ya Inshot ini aplikasinya. Thank's review-nya Mbak. :)

    BalasHapus
  65. Pernah diajarin temen blogger pas mau upload insta..tapi sampe rmh ga dipake ga sempat utak atik lagi heu...

    BalasHapus
  66. Aku baru tau kalo ada aplikasi edit video InShot ini. Biasanya aku pake Kinemaster.Kapan-kapan boleh juga nih dicoba.

    BalasHapus
  67. Pengen nyoba juga ah pake aplikasinta. Aku biasanya pake yang biasa.

    BalasHapus
  68. Aku udah tahu inshot lama mba, tapi belum pernah make dan download.
    Dari reviewmu aku jadi pengen tau deh, enak apa nggak dan cocok nggak di aku hehehe.
    Kalau lebih simple dari yang kupake sekarang mau banget

    BalasHapus
  69. wah aku masih pake viva video atau kine master nih.. belum pernah nyoba inshot. mau donlot lagi nanti deh kalo udah serius otak atik video. selama ini belum diseriusin sih, hehehe

    BalasHapus
  70. Bagus mbak hasil.videonya, clear dan ga keliatan potongan potongannya.saya juga lagi belajar edit video. Seneng banget dapet tutorial dari.blog mbak. Mau nyoba juga pake inshot ah .. thanks mbak

    BalasHapus
  71. Inshot lebih enteng spertinya.
    filternya lengkap pula, tapi hasilnya blm liat sih aku.tapi dari oenjelasannya kayaknya hasilnya juga bagus
    Oh iya salam kenal ya mbak

    BalasHapus
  72. Belum pernah pakai inshot sih mba. Tapi sepertinya layak dicoba deh. Apalagi bisa langsung kualitas HD videonya. Aku suka sesekali edit video anak.

    BalasHapus
  73. cara isi narasi dalam vidionya gimana ya. aku coba cari ga nemu2.

    BalasHapus
  74. numpang share ya min ^^
    bosan tidak tahu harus mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus