Bukan 4, Tapi 6 Alasan Popbela Bisa Jadi Sahabat Terbaik Setiap Perempuan


Popbela

Media digital saat ini sangat berkembang pesat yang ditandai dengan banyak bermunculan situs-situs yang memiliki segmentasi sendiri, baik untuk anak-anak, laki-laki, maupun perempuan. Khusus untuk situs perempuan ada banyak yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan umur kamu.
Menarik jika dilihat begitu banyak situs-situs perempuan yang sejenis yang memiliki keunggulan masing-masing. Hal ini tentu memudahkan kaum hawa menentukan sendiri media mana yang cocok untuk ‘dikonsumsi’, bahkan bisa menjadi panduannya dalam menjalankan aktivitas.

Salah satu media khusus perempuan adalah Popbela.com. Anak perusahaan dari IDN Times Indonesia ini merupakan media digital yang khusus menyediakan informasi tentang fashion trend masa kini, kecantikan, gaya hidup, karier, dan budaya pop untuk perempuan usia 20-30 tahun. Popbela sendiri dalam situsnya berusaha untuk memberikan konten yang berkualitas dengan berpedoman pada 7 pilar, yakni kesetaraan gender, pelecehan seksual, anti intimidasi, anti stereotipe, persatuan dalam ras dan etnis yang berbeda, kesatuan dalam agama yang berbeda, dan mendefinisikan kembali kecantikan.

Awal mula tahu soal situs Popbela.com, ketika saya menjadi seorang freelancer content writer untuk sebuah brand e-commerce khusus fashion di akhir tahun 2016. Ketika itu saya diharuskan membuat artikel yang berkaitan dengan busana perempuan, nah salah satu referensi untuk saya membuat artikel berasal dari Popbela.com.

Ketika pertama kali saya melihat situs yang diluncurkan pada akhir Februari 2016 ini, benar-benar eyecatching dari sisi desainnya dan sangat feminim sekali yang bisa dilihat dari dominasi warna putih dan juga pink. Hingga saat ini (ketika saya sudah menjadi content writer tetap di salah satu digital agensi di Jakarta) saya masih menjadikan Popbela sebagai salah satu referensi untuk menulis terkait dunia perempuan.

Mungkin kamu mau tahu, kenapa sih saya sering membaca dan menjadikan Popbela sebagai salah satu referensi dan bacaan saya sehari-hari? Ini dia 6 alasannya.

Konten yang Menarik
Saya juga sering membuka situs Popbela.com diwaktu senggang, karena selain untuk menambah pengetahuan seputar dunia perempuan, saya juga menjadikan situs ini sebagai media ‘belajar’ bagaimana cara menulis topik yang menarik dari bahasa-bahasanya yang ringan, singkat, namun juga jelas.

Bahkan Popbela juga memiliki rubrik khusus, yakni seputar sex yang menurut saya enak dibaca tanpa terkesan menggurui. Bahasan soal sex diulas dalam sisi yang edukatif dan tentunya menarik untuk dibaca. Agar pembaca tidak bosan membaca tulisan di Popbela, disertakan juga gambar atau foto yang menarik dan sesuai dengan bahasan tulisan yang diangkat. Yang menarik dari situs Popbela, yakni sering sekali memuat gambar atau foto dari cuplikan-cuplikan film yang menurut saya selalu pas penempatannya. Namun, terkadang Popbela juga memuat foto yang berasal dari model luar maupun dalam negeri.

Dari segi judul, para writer dari Popbela juga sering membuat judul yang unik dan menarik, sehingga membuat banyak pembaca tertarik untuk meng-klik dan membaca artikelnya sampai habis.  Seringnya judul artikel yang dibuat seperti tips and trik identik dengan angka seperti 4 Trik Mudah Membuat Makeup Jadi Tahan Lama Seharian. Selain itu, penjelasannya pun juga dikemas dengan poin-poin yang sangat membantu pembaca supaya paham dengan topik yang disampaikan. Popbela.com juga menyediakan share button yang memungkinkan kamu untuk membagikan artikel yang dianggap menarik ke media sosial atau platform lainnya.

Kanal yang Beragam
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, situs yang memanggil para pembacanya dengan sebutan Bela ini memiliki banyak kanal yang terdiri dari beberapa tema utama yang berbeda baik seputar fashion, kecantikan, percintaan, karier, healthy, hiburan, budaya pop, dan lain-lain  yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Tapi bukan hanya sekadar informasi biasa, tak jarang Popbela juga memberikan  informasi terbaru dari produk makeup yang sedang trend digunakan oleh para artis, ataupun selebgram. Di mana informasi ini bisa menjadi referensi para pembacanya untuk mengetahui produk apa yang digunakan oleh public figure pujaannya.

Popbela juga menyediakan kanal yang menurut saya cukup spesial, yang diberi nama PopCreator, yang merupakan kanal berisi para creator (perempuan inspiratif  yang berprestasi di bidangnya) yang selalu berganti setiap bulannya. Di sini, Popbela.com akan mengupas tuntas creator tersebut terkait gaya berpakaian, hobi, inspirasi karyanya, dan lain sebagainya. Untuk PopCreator bulan Mei 2018 ini adalah Febby Rastanty. Sebelumnya ada juga Yura Yunita yang menjadi PopCreator pada bulan April lalu. Yang menjadi favorit saya, yakni Maudy Ayunda yang menjadi PopCreator di bulan Oktober 2017. Di sini dibahas tentang karier, pandangan Maudy soal perempuan dan lain-lain. Kalau boleh request, bulan-bulan selanjutnya tolong bahas Tasya Kamila, Tatjana Saphira, sama Gita Gutawa ya hehehe.

Popbela, Perempuan, Beauty, Fashion, Healthy, Hiburan, IDN Indonesia, Popbela Website, Situs Popbela


Ada pula kanal Quiz yang sangat menghibur dikala waktu senggangmu. Kamu bisa mengetahui soal kepribadianmu berdasarkan warna  favorit maupun lipstik sesuai kepribadian kamu. Sering banget  lihat hasilnya benar-benar sesuai dengan diri saya sendiri. Nih, contohnya saya coba ikuti Quiz yang membahas tentang karakter diri sendiri yang bisa dilihat dari warna favorit.

Quiz Popbela, Popbela, Perempuan, Beauty, Fashion, Healthy, Hiburan, IDN Indonesia, Popbela Website, Situs Popbela


Saya suka warna hijau, pas saya klik hasilnya muncul seperti di bawah ini. Hasilnya, saya dibilang mirip dengan Nikita Willy dan dituliskan karakter saya adalah sosok yang semangat mengejar karier dan ingin merasa aman dari segi keuangan serta hubungan. Maka dari itu, pencinta warna hijau memastikan semuanya sesuai dengan ekspektasi. Ini bener banget sih hehehe. Sesuai sama kepribadian saya. Kamu pun bisa membagikan hasil Quiz Popbela di Facebook maupun Twitter. Eheeem, siapa tahukan si dia lagi ngepoin FB atau Twitter kamu hehehe.



Adanya Nama Penulis dan Sumber Foto di Setiap Artikel
Siapa sih yang nggak senang bila namanya tercantum di sebuah website terkenal atas karya tulis yang yang dibuatnya? Nah, disetiap artikel yang dibuat oleh Popbela, tak pernah lupa untuk mencantumkan nama penulis dan juga sumber foto yang digunakan di dalam artikel.  Bahkan, nama yang tertera bukan inisial atau nama panggilan, melainkan nama lengkap! Dengan penyebutan nama itu, pastinya penulis merasa bangga dan sekaligus bertanggung jawab dengan tulisan yang telah dibuatnya.

Untuk sumber foto memang seharusnya dicantumkan sumbernya untuk mencegah terjadinya plagiarisme atau menjiplak karya orang lain. Bukan cuma itu, website ini karena dilengkapi dengan waktu publikasi dari tanggal, bulan, dan tahun seperti yang gambar di bawah ini. Menurut saya hal ini penting, supaya kamu bisa tahu apakah artikel yang di-publish merupakan artikel terbaru atau bukan.

Up to date, Popbela, Perempuan, Beauty, Fashion, Healthy, Hiburan, IDN Indonesia, Popbela Website, Situs Popbela

Up to date

Selalu ada saja konten baru setiap harinya di situs Popbela.com. Jadi, kamu tidak akan bosan dengan artikel-artikel yang itu-itu saja.  Artikel yang terus ditambah setiap hari tentu membuat kamu tidak akan merasa kehilangan informasi mengenai dunia perempuan.
Kanal yang paling sering saya baca, yakni bagian Single  di kanal Relationship karena berhubung saya masih sendiri alias jomblo hahaha. Jadinya sering baca bagian itu deh. Saya paling suka sama artikel yang membahas sudut pandang laki-laki terhadap perempuan. Seperti artikel Ternyata Pria Bisa Ilfeel Pada Wanita Karena 9 Hal Ini  dan Bagi Cowok, Ini 11 Tipe Cewek yang Berhasil Menarik Perhatiannya di mana kedua artikel tersebut membahas pandangan laki-laki terhadap perempuan. Jadi, saya bisa mengetahui apa saja sih hal-hal yang bisa membuat laki-laki itu ogah mendekati perempuan, dan lain sebagainya.

Situs yang User Friendly dan Responsive
Seperti yang saya jelaskan di atas juga, jika situs Popbela cukup kece dari sisi tampilan sehingga tidak akan membuat pembacanya bosan. Selain itu, tampilannya juga cukup user friendly dan simple, baik diakses melalui smartphone maupun PC. Ketika kamu baru membuka situs Popbela.com, kamu bisa langsung melihat artikel terbaru or fresh news yang baru saja naik. Dibuka melalui device apapun baik smartphone, tablet, laptop, atau komputer  pun tetap mudah digunakan dan teks juga mudah dibaca.

Sering Mengadakan Kompetisi Menulis dan Membuka Lowongan Kontributor
Nah, ini juga bagian yang saya suka dari Popbela. Sudah beberapa kali Popbela mengadakan kompetisi menulis bagi kamu yang ingin tulisannya mejeng di situs Popbela.com dan IDNtimes.com serta mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Bukan hanya itu, situs kece ini juga mengundang kamu yang antusias dengan dunia perempuan bisa juga menjadi kontributor Popbela.com yang nantinya akan diseleksi dan diterbitkan di website Popbela.com untuk dinikmati oleh lebih dari 2 juta pembaca setiap bulannya dan juga akan dimunculkan di halaman Facebook Popbela.com yang sudah mengumpulkan total 50 ribu fans. Bila tertarik, kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke redaksi@popbela.com.

Popbela pun juga aktif di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan juga Twitter. Ada banyak informasi yang bisa kamu peroleh seperti postingan artikel terbaru, Popbela Facts, Popbela News, Popbela Tips, dan lain-lain. 

Instagram, Popbela, Perempuan, Beauty, Fashion, Healthy, Hiburan, IDN Indonesia, Popbela Website, Situs Popbela

Facebook, Popbela, Perempuan, Beauty, Fashion, Healthy, Hiburan, IDN Indonesia, Popbela Website, Situs Popbela

Twitter, Popbela, Perempuan, Beauty, Fashion, Healthy, Hiburan, IDN Indonesia, Popbela Website, Situs Popbela

Supaya kamu nggak ketinggalan informasi lomba atau kegiatan yang diadakan oleh Popbela, update terus informasinya di media sosial Popbela seperti Instagram di @Popbela_com, Twitter di  @Popbela_com, maupun fanpage-nya di https://www.facebook.com/popbelacom/, serta situs resminya.

Bukan hanya aktif di dunia maya, anak perusahaan IDN Indonesia ini juga mengadakan event gathering untuk para pembaca setianya sebagai tanda kecintaan Popbela dengan para pembacanya. Ini merupakan acara perdana bersama para pembaca setia dalam bentuk kegiatan lari bersama sahabat yang bertajuk Run For Your Love pada 22 April 2018 kemarin di Jakarta. Bekerjasama dengan Nike Indonesia, para peserta gathering mendapatkan pengetahuan baru soal lari yang benar dari tim Nike Indonesia. Seru banget, kan? Buat kamu yang nggak mau ketinggalan soal informasi terkini tentang dunia perempuan, kompetisi menulis, dan acara keren dari Popbela, jangan sampai lupa untuk terus update infonya di situs resmi Popbela dan media sosialnya ya!


10 komentar:

  1. Wah, bener banget mbak. IDN kan lebih meluas gitu. Nah, keberadaan Popbela ini membuat kita para perempuan jadi spesial gituu 😊

    Top deh informasinya. Makasih yaa

    BalasHapus
  2. Woow. Baru tahu ada web kayak gini. Entar referensikan ke istri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mas, silakan hehehe. Cukup menghibur dan informatif :)

      Hapus
  3. Barusan meluncur ke popbela. Iya ya menarik artikelnya, sesuai untuk wanita aktif dan kreatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Tuty, bahasannya ringan2 tapi informatif. Baca tulisannya juga enggak capek hehehe

      Hapus
  4. Barusan meluncur ke popbela. Iya ya menarik artikelnya, sesuai untuk wanita aktif dan kreatif

    BalasHapus
  5. Ih baru tau kalo ada kanal quiz-nya, meluncur ah ke popbela.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru Mba, ikut Quiz-nya. Kalau cocok sama kepribadian kita, kayak seneng gitu hehehehe

      Hapus
  6. Request Tasya Kamila karena pintar dan lucu ya hehehe

    BalasHapus