Cara Mengatasi Masalah Rambut Kering dan Bercabang karena Sering Catokan ala Saya


Rambut bagi manusia itu adalah aset berharga terutama untuk wanita. Makanya ada istilah rambut sebagai mahkota bagi wanita. Impian saya sebenarnya, pengin banget punya rambut kayak Kate Middleton atau Meghan Markle, tapi kayaknya enggak mungkin karena buat ngedapetin rambut macam Duchess of Cambridge atau calon istrinya Pangeran Harry itu perlu biaya yang enggak sedikit (ya iyalah mimpinya ketinggian, mau gaya ala-ala mereka hahaha. Mana bisa?).

Kalau dipikir-pikir lagi, bukan cuma biaya aja yang mahal, rambut saya sendiri enggak pernah panjang kayak mereka sejak kecil sampai sekarang. Karena pas masih bocah agak tomboi, terus suka dipotong pendek. Paling pendek se- leher lah (enggak pernah dipotong pendek kayak rambut laki-laki sih) dan kebawa deh sampai sekarang. Seumur hidup, rambut saya paling panjang kayaknya sebahu lebih dikit deh

Selain itu, rambut saya banyak masalahnya dari dulu, jadi agak susah diaturnya. Rambut saya sejak kecil sampai sekarang cenderung kering, agak ikal, warnanya juga agak kecokelatan (ini bukan turunan bule, tapi kayaknya karena pengaruh suka main panas-panasan pas kecil) dan mengembang. 

Belum lagi semenjak kenal sama yang namanya catokan, rambut saya makin parah, kayak bercabang, rontok, dan makin cokelat. Kayaknya kok semua masalah rambut ada di mahkota saya ya? Hahahaah. Makin kesini saya mulai nyari-nyari informasi gimana sih cara ngatasin masalah rambut saya. Awalnya saya mencari informasi lewat Google yang bilang, salah satu cara untuk ngatasin masalah rambut yang saya alami, dengan pakai masker rambut dari bahan-bahan alami kayak alpukat, lemon, pisang, dan lain-lain.

Cuma dasarnya emang males jadinya sekadar nyari aja dan enggak dipraktekkin. Tapi beberapa bulan belakangan ini saya mulai rajin pakai masker alami dari bahan utama buah alpukat. Saya mutusin praktekkin cara ini, gara-gara nonton acara I Look Net TV tiap weekend yang bahas soal fashion dan kecantikan (hahahah, ini tontonan wajib saya kalo weekend). Cewek-cewek suka nonton I Look juga enggak? J

Di salah satu episodenya beberapa bulan lalu, I Look menayangkan beberapa masker alami buat ngatasin masalah rambut kering dan bercabang yang diakibatkan seringnya menggunakan catokan. Saya pikir pas banget buat saya yang hampir tiap hari pakai catokan. Dari beberapa masker yang dikasih tahu I Look, saya pilih masker alpukat yang biasa saya pakai 1 minggu sekali. Cara membuat masker alpukat ini gampang banget. 

Tinggal campurkan ½ atau 1 buah alpukat yang sudah matang (ini tergantung dari pendek panjangnya rambut. Berhubung rambut saya pendek, saya biasanya cuma pakai setengah alpukat) dicampur dengan satu telur (kuningnya juga ikut dicampur ya) dan sedikit air dingin. Tapi ingat, sebelum mencampurkan alpukat dengan telur dan air dingin, alpukat harus benar-benar dihaluskan ya. Jika sudah halus baru deh dicampur.

Setelah masker jadi, saya biasanya enggak langsung mengoleskannya ke rambut saya, tapi saya basahin dulu rambut, kayak macam orang mau keramas aja. Habis itu, baru deh pakai masker alpukat tadi. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Setelah dirasa sudah bersih, saya akan keramas seperti biasa untuk menghilangkan bau amis telurnya.

Yang paling menyebalkan dari masker ini adalah bau amis telurnya. Tapi tenang aja, biasanya dengan keramas bau amisnya bakal hilang kok. Tapi keramasnya jangan asal keramas ya. Saya sendiri kalau habis pakai masker ini keramas dengan menuangkan lebih banyak sampo daripada biasanya. Kemudian dipijit-pijit dan tidak langsung dibilas tapi didiamkan selama 3-5 menitlah, lalu baru dibilas.

Nah, abis keramas kayak gini, jangan ditambahin conditioner ya. Karena itu bakal menghilangkan nutrisi dari maskernya. Oh iya, kalau abis keramas rambut kita jangan langsung disisir ya dan biarkan dia kering secara alami (jadi sebisa mungkin hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer).

Terus, kalau rambut sudah setengah kering saya biasanya ngasih vitamin rambut. Saat ini saya lagi pakai vitamin rambut dari The Body Shop yang Grapeseed Glossing Serum 75ml. Pakai produk ini lumayan membantu bikin rambut jadi lembut, halus, dan mudah diatur. Teksturnya cair jadi cepat meresap di rambut dan enggak lengket di tangan. Aromanya juga enak. Kalau urusan harga sih, emang agak mahal, yaitu Rp199.000. Tapi sepadan sih sama kelebihan dari produk ini (ehh maap, tulisan ini bukan bagian dari promosi lho. Ini jujur apa adanya hehe). 

Ini dia produk The Body Shop Grapeseed Glossing Serum yang biasa saya pakai.

Cara pakainya cukup dioleskan aja ke bagian tengah rambut hingga ujung rambut. Jangan sampai kena kulit kepala ya, karena bisa menimbulkan ketombe. Pokoknya setelah saya rutin pakai masker alpukat sama pakai serum rambut, mahkota saya jadi lebih mendinglah daripada sebelumnya. Udah enggak terlalu kering dan bercabangnya juga agak berkurang. Yang masih belum teratasi juga adalah masalah kerontokan dan warna kecokelatan rambut. Kalau masalah rambut kecokelatan itu kayaknya emang harus dicat deh. Cuma saya masih agak ragu mau nge-cat rambut, takut makin nge-rusak rambut saya. Apalagi kalau rambut diwarna itu perawatannya lebih sulit dan lebih mahal lagi.

Itu dia cerita saya soal mengatasi masalah rambut. Kalau kamu gimana? Apa punya masalah yang sama kayak saya? Yuk, sharing juga pengalaman kamu mengatasi masalah mahkotamu di kolom komentar ya J

Komentar

  1. Hi Mbak Eka, noted pisan untuk pengalaman mbak mengatasi masalah rambut.... Boljug di coba jika suatu saat rambut saya mengalami masalah serupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Tuty. Semoga bermanfaat yaa :)

      Hapus
  2. Aku cowo pakenya minyak rambut merek G***Y.

    BalasHapus
  3. Wah, menarik banget mbak Ek! Klo rambut rontok kira-kira apa ya?

    Kunjungi blog saya di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu saya juga belum nemu mas solusinya gimana. Karena cerita yang saya share di atas baru membantu untuk mengatasi masalah rambut bercabang dan kering aja hehhe.

      Hapus
  4. Bermanfaat banget nih infonya. Rambutku juga cenderung kering dan sering rontok.

    BalasHapus
  5. Kirain aku aja yang bermasalah dengan rambut bercabang, bisa dicoba nih tipsnya (kalo enggak males hehe). Thanks infonya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya aku emang males Mba Antin. Cuma aku geregetan sama rambutku sendiri, udah engga karuan rusaknya. Jadi aku harus niatin buat rutin pakai masker alpukat ini. hehehe

      Hapus
  6. Riset membuktikan cowok pasti tertarik sama cewek berambut panjang. Asal ceweknya jangan makhluk astral saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sih rata-rata cowok suka sama cewek berambut panjang. Tapi kalo rambut cewek dibiarkan panjang dan rambutnya makin kelihatan rusak, mending dipotong hehehehe.

      Hapus
  7. Sempet mikir amisnya kalo pake putih telur, tp asal keramasnya bener bau amis pasti ilang yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas kalo keramasnya bener, bau amisnya bakal ilang. Jadi enggak usah khawatir. hahaha.

      Hapus
  8. Boleh juga dicoba nih kalau libur..
    Perawatan dengan bahan alami.
    Terima kasih info nya

    BalasHapus
  9. Nice information, btw buat rambut lepek gimana yaa 😂😂

    BalasHapus
  10. wahh coba aah siapa tau rambutku jadi gak kelihatan (makin halus) eh....

    BalasHapus
  11. Kalau di kampung orang tua saya di Aceh, perawatan rambut pakai minyak kelapa. Diolesin ke rambut tanpa dicuci :)

    BalasHapus
  12. Aku lebih suka minum jus alpukatnya, Kak. Hehehe... Tapi nice info buat pemilik rambut kering nih , Kak.

    BalasHapus
  13. Terimakasih infonya. Next post, cara mempertebal rambut dong.

    BalasHapus
  14. wah makasih tipsnya Kak Eka! boleh dicoba nih karena rambutku pun sering rontok.

    BalasHapus
  15. Semenjak berhijab aku agak cuek sama perawatan rambut, malah jarang keramas hihihii tapi tips Mba Eka patut dicoba. Meski berhijab, rambut harus tetap sehat dan kuat dong yaa

    BalasHapus
  16. Wah, iya nih, rambut saya juga cenderung kering, megar, dan rontok... skrg lagi coba hairspanya jafra. Masalahnya saya tuh gak telaten, hihihi. Baiklah nanti klo produk yang sekarang dah habis ikutan nyoba pakai body shopnya juga ah. Selama ini produk facenya TBS sih cocok banget. Kali yg buat rambut juga cocok.

    BalasHapus
  17. wah saya juga punya masalah rambut kering bercabang dan rontok, bisa pake Grapeseed Glossing Serum juga gak ya buat cowo??

    BalasHapus
  18. Ini salah satu bahasa informal ya? Udah bagaimana sekarang rambutnya, saya mengalami masalah rambut rontok euy. Pengen coba masker alpukat.

    BalasHapus
  19. Aku suka deh tipsnya simpel tapi guna banget. Makasih ya kak :)

    BalasHapus
  20. makasih kak infonya, cowo jg bgtu ada rambut bercabangnya jg walau ga pake catokan

    BalasHapus
  21. Terima kasih tipsnya nih Mbak..

    BalasHapus
  22. Informatif nih, cuma kalo buat cowok kurang praktis :D

    BalasHapus
  23. Kita samaan tau kak. Rambutku juga ga pernah panjang, kasar, bercabang, dan mengembang kasar gitu. Udah sering di smoothing dan catok juga.

    Sebenarnya lebih seneng kalo alpukatnya masuk perut kak wkwkwk. Tapi mau coba deh, siapa tau berhasil bikin rambutku sehat.

    BalasHapus
  24. Wah nonton I Look hahaha. Kalau aku lebih suka nonton Get It Beauty TVN Korea wkwk.

    But anyway kalau ketombe pake masker ini juga cocok ka? *Lha jadi konsultasi hahhaha

    BalasHapus
  25. Aku juga suka nonton I LOOK kak kalo lagi pas di rumah.. haha..
    Duh ini saya mah pemalas banget pake2 masker bahan alami gini.. hahah.. makasih kak sharingnya..
    Kalo aku biasanya pake extraordinari oilnya loreal sebelum pake hair dryer kak.. supaya enggak kering..

    BalasHapus
  26. wah.. karena saya gak pernah catokan.. berarti artikel ini akan saya forward ke anak saya yang mungkin suka catokan...

    https://www.ekasiregar.com

    BalasHapus
  27. Duh sayang bener alpuket ma telornya ga dimakan.

    BalasHapus
  28. Ka eka berarti telaten banget ya, aku pengen coba sih tapi keknya butuh niat banget cz ga telaten banget orangnya. Makasii infonya, ka 😊

    BalasHapus
  29. Aku juga suka nonton I look krn informatif dan bisa dipraktekkin. Nice sharing

    BalasHapus
  30. woww.. aku mau neh rambut keriting bisa di rawat gini

    BalasHapus
  31. Aku jarang catokan, tapi sering pake hair dryer. Jadinya rambut rontok & agak kering juga. Thanks infonya kak! 👌

    BalasHapus
  32. pakai lidah buaya jg bagus....
    kalo alpukat belum pernah sih,ntar dicoba :)
    https://helloinez.com

    BalasHapus
  33. kalo aku yah, butuh tips menebalkan rambut hahaha

    BalasHapus
  34. alhamdulillah rambut aku ga pernah bercabang tapi sering ronrok. suka kesel deh jadinya

    BalasHapus
  35. Aku kalo krimbat di salon juga milihnya alpukat. Ini produknya enak, ya? Nanti nyoba, ah.

    BalasHapus
  36. rambut saya juga kering niih...kriwel kriwel, bisa dicoba kayanyaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Time Go Abroad, First Time Visit Bangkok

Kalau Kamu ke Pacitan, Jangan Lupa Cicip 4 Makanan Khas Ini