Serba serbi Broadcasting Advance Class Batch 4


Ini dia bentuk ‘Pengumuman’ yang bikin gue tertarik buat daftar program Broadcasting Advance Class Batch 4 yang gue dapet dari ID Line Rajanya Event. (Terima kasih Rajanya Event)


Halooo, I’m back! Hahaha. Udah lama banget enggak nulis di blog gue yang kesekian ini hahaha. Di postingan kali ini gue bakal share pengalaman gue mengikuti komunitas yang bernama  Kelas Penyiar Indonesia (KPI). Buat yang belum tahu, KPI adalah sebuah komunitas yang ditujukan bagi orang-orang yang mau belajar atau passionate tentang dunia broadcasting.

Awalnya kenapa sih gue bisa bergabung sama KPI ini ? Well  dikarenakan gue pengin banget jadi jurnalis hahahaha. Untuk menjadi seorang jurnalis itu enggak mudah, di luar sana banyak banget orang yang sama kayak gue yang kepengin juga jadi jurnalis, tapi dengan cara yang berbeda-beda. KPI memang bukan jaminan gue atau semua pesertanya bakal menjadi apa yang kita mau di bidang broadcasting dikemudian hari. Tapi dengan KPI ini bisa menjadi wadah untuk orang yang interest di bidang broadcasting buat nambah ilmu, jaringan dan pengalaman.


Terus gimana caranya gue bisa gabung sama KPI? Itu semua berkat Line hahahah. Lho kok Line? Gue jamin pasti hampir semua orang punya Line. Kebetulan di Line gue ada official Line ‘Rajanya Event’ yang notabene (bahasa gue berat bener hahah) adalah sebuah akun yang selalu meng-share tentang event-event, komunitas atau lowongan-lowongan kerja baik freelance, part time dan lain-lain yang kebetulan banget itulah yang gue butuhkan saat ini (HAHAHAAHHAHA, CURCOL!, TAPI BUKAN BERARTI SAAT INI GUE PENGANGGURAN LHO. GUE KERJA JUGA! J)

Nah Rajanya Event sempet share soal Komunitas KPI ini yang sedang membuka kesempatan buat join di program Broadcasting Advance Class Batch 4. Yes, Batch 4, jadi semacam angkatan. Setiap kelasnya program ini hanya membuka kelas untuk 25 orang aja. Saat baca info itu, ada rasa mau gabung, tapi masih ragu. Karena sebelumnya gue belum pernah ikut komunitas apapun di muka bumi ini hahaha.

Tapi gue mulai berfikir kapan lagi bisa ikut komunitas yang memang fokus mempelajari bidang broadcasting? Dan kebetulan disaat gue mengetahui program Broadcasting Advance Class ini mereka (pihak KPI) sedang membuka harga promo sampai tanggal tertentu yang pastinya pas buat kantong gue (Kalau mau tahu lebih detail, bisa cek twitter atau website KPI ya!)

Sebelum gue memastikan diri gabung di KPI, pastinya gue searching-searching soal KPI itu komunitas semacam apa. (HAHAHAHAHA). Dari hasil riset kecil-kecilan gue, gue mengambil kesimpulan  (kesimpulan? Skripsi kali aaaahhh), kalau KPI adalah komunitas yang sehat, benar adanya dan bukan komunitas yang menipu. Hahahaha.

Di KPI enggak cuma program ini aja, tapi juga ada program Free Broadcasting Class yang kapasitasnya jauh lebih banyak dibanding Broadcasting Advance Class. Apa bedanya Broadcasting Advance Class sama Free Broadcasting Class? Penasaran ya? Cari aja sendiri…. (Hahaha, CANDA! Jangan BAPER!).

Kalau Broadcasting Advance Class, seperti yang sudah gue jelaskan di atas, kapasitasnya hanya 25 orang dan ada biayanya, terus belajarnya juga lebih intens, dapat serifikat dan modul dan ada media visitnya, baik itu ke stasiun tv atau ke stasiun radio. Dan yang membedakan lagi adalah di akhir kelas (pertemuan keempat) ada Final Assesment, semacam tes dan penilaian gitu. Di sesi ini kita diminta untuk mempraktekkan semua materi yang udah kita dapatkan dari pertemuan-pertemuan sebelumnya.  Sedangkan Free Broadcasting Class kapasitasnya lebih dari 25 orang, ada guest mentor class dan tidak dipungut biaya sama sekali. Tapi walaupun gratis enggak semua orang bisa join di program ini. Ada proses seleksi dari form pendaftaran yang ada di situs Kelas Penyiar Indonesia. Sampai gue memposting tulisan ini Alhamdulillah Free Broadcasting Class sudah memasuki Batch 19 (Hahaha). Intinya sih semua program yang ada di KPI pastinya membawa manfaat dan tujuan yang sama yaitu berbagi pengalaman, ilmu dan networking yang  berguna banget buat pesertanya. Jadi kalau ada yang mau gabung ya sesuain aja sama waktu dan budget juga (hahaaha).

Kalau program Broadcasting Advance Class Batch 4, Jadwal  ada empat kali pertemuan setiap hari sabtu (Jadwal ditentukan dari pihak KPI) jam 8.15 sampai jam 12.30 siang di Gedung Setiabudi 2, Jl. HR. Rasuna Said  Kav. 62 Kuningan Jakarta Selatan. Disetiap kelasnya kita bakal belajar berbagai topik soal broadcasting, seperti Public Speaking Ethic, Radio Announcing Skill, TV Presenter & Journalism dan Personal Branding  (setiap sesinya gue bakal share cerita-cerita di blog ini, TENAAAANNNGGG!). Kelas pertama kemarin sabtu

(16/4/2016) dimulai dengan topik Public Speaking Ethic. Mentornya adalah Kak Bintang Cahya sekaligus founder dan Kepala Sekolah KPI.

Bintang Cahya, pernah menjadi announcer di Makobu FM Malang, Global FM Jakarta dan juga VO Talent serta menjadi MC diberbagai event baik lokal maupun internastional. Dari pengalamannya kebayang dong ya, sejago apa doi dibidang siar menyiar di jagat ini (oke agak lebay hahaha).

Di sesi Public Speaking Ethic ini para peserta belajar gimana sih caranya Public Speaking yang baik. Kak Bintang bilang “Tujuan bicara ada tiga jenis, tujuan informatif, tujuan persuasive dan tujuan rekreatif.” Dan menurut Kak Bintang cara agar saat kita berbicara tidak membosankan dengan cara “eye contact, ice breaking (games, humor, cerita dll), ada intonasi dan yang paling penting adalah riset audience di acara tersebut. Enggak cuma teori aja yang diajarin tapi kita juga ada simulasinya niih, dari simulasi yang paling simple, yaitu ngucap kata “Hai!”. terus kita diminta buat ngasih tahu siapa sih idola Broadcaster kita, ceritain hobbi kita masing-masing (ya walaupun enggak semua kebagian sih hahaha). Kak Bintang juga bilang kalau dalam berbicara baik itu hal simple kayak nyapa orang atau sekalipun itu Public Speaking yang penting kita bicara dengan tulus dari dalam hati atau sincere (Setuju sist!)

Enggak afdol rasanya kalau cuma kata-kata doang, nih gue kasih foto-foto bukti kelas pertama  Broadcasting Advance Class Batch 4 KPI, check it out!

Kita lagi belajar ngomong “Hai!” dengan cara yang tulus (Eiiit! Bukan Tulus penyanyi lho!) *Source : Twitter Kelas Penyiar Indonesia (@Kelaspenyiar_id)

Ini dia para peserta Broadcasting Advance Class Batch 4 yang totalnya ada 25 orang enggak lebih enggak kurang ya hahaha. Yang jelas gue enggak bisa sebutin satu-satu nama mereka, karena kepanjangan kalo disebutin. Kita semua berasal dari berbagai latar belakang dan asalmuasal yang beda-beda, ada yang jauh-jauh PP dari Bandung ke Kuningan, bahkan ada yang asalnya dari Flores NTT, namanya Irwan. (Itu tuh yang pake sweater ungu hahaha.) ya walaupun doi kerjanya ngerantau di Jakarta sih hahaha. Kalau dari segi ‘kesibukan’ ada yang blogger dan tukang jalan-jalan (yang jelas bikin envy tiap liat postingannya), ada yang tukang event, tukang nge-MC, ada yang fotographer sama videographer ada yang masih kuliah, ada yang tukang ngetweet, ada yang kerja di majalah film ( dia rajin ngirimin chat soal film-film baru, mayan enggak usah update film di website 21 C******x itu lagi) dan macem-macem latar belakang lainnya yang enggak bisa gue sebutin satu-satu.

Ini salah satu temen gue, namanya Ais yang hobbinya photography sama videography lagi maju ke depan buat ceritain hobbinya dia (seru banget Is kayanya hahahahaha)


Namanya juga anak kekinian, di manapun kapanpun pasti poto poto (Hahahaha)







0 komentar:

Posting Komentar