Punya Karya? Mau Eksis di Sosmed? Yuk #DigitalinAja


Holaaaaa, ditulisan ini gue masih membahas tentang keseruan kegiatan yang diadakan sama KPI, yang pastinya di luar dari Broadcasting Advance Class (BAC ) . Lho kenapa? Karena di tulisan gue sebelumnya, (Last Meeting : Final Asessment Yang Bikin Deg- deg Ser Sampai Belajar Personal Branding), gue sempat cerita kalau pertemuan untuk BAC Batch 4 udah selesai. Tapi bukan berarti gue selesai juga buat nulis kegiatan lain yang diadain sama KPI. Hehehe.
Kali ini gue bakal nulis tentang ‘Talkshow Guest Mentor Class #DigitalinAja : Live Your Passion Through Digital Creative’ yang diadain di hari yang sama dengan Final Asessment BAC Batch 4 Sabtu (28/5/2016) 15.30 – 17.00 di Loop Station Mahakam. Acara ini dikhususkan hanya untuk anggota KPI, baik itu dari program BAC maupun Free Broadcasting Class. Oh iya, ditulisan gue tentang final asessment , gue enggak sekalian bahas juga tentang ‘Talkshow Guest Mentor Class’ karena sengaja biar materi tulisan gue banyak (hahahaha). Ya walaupun acaranya udah lama banget ya alias udah lewat dan gue baru sempet share, tapi enggak apa-apalah ya, toh materinya enggak bakal kadarluarsa juga kok. Hehehe.
Oke mulai ya buat share soal materi #DigitalinAja
Enggak afdol rasanya kalau gue belum ngasih tahu siapa yang ngasih materi kali ini. Tuhu Nugraha seorang digital expert, book writer of www hm defining your digital strategy, Adrian Zakhary News Producer Net TV, New Media & Citizen Journalism dan Zivanna Letisha Anchor Net TV dan Author @Kitajuara_ tuh kurang apa lagi coba Guest Mentor Class yang didatengin sama KPI mantepkan!
Di sesi pertama Kak Zivanna atau yang akrab di sapa Zizi bilang kalau kita mau nunjukkin karya di dunia digital kita harus membuat konten yang terspesialisasi.Nah lho, bingung ya? Maksudnya konten yang mau kita bagikan itu harus jelas konsepnya mau ngebahas tentang apa. Misalnya kita suka nonton film, kita suka ngasih review-review film lewat tulisan di blog kita, yaudah di blog kita fokus aja mosting tulisan tentang info film terbaru, jadwal film, review film atau apapun yang berkaitan sama film deh. Biar jelas dan terarah media sosial kita dan target audience yang mau kita sasar.
Di sesi kedua diisi sama Mas Tuhu Nugraha. Mas Tuhu lebih banyak menjelaskan konten media yang akan kita pakai. Kalau kita mau banyak yang lihat dan suka dengan media sosial kita, Mas Tuhu bilang kalau konten yang kita bikin harus unik dari yang lain. Nah gimana caranya biar punya konten yang unik? Kita harus punya konsep yang mateng. Jadi mateng bukan cuma makanan doang ya, tapi konsep dari konten sosial media kita juga harus mateng banget. Gunanya buat apa? Biar kita konsisten dalam membuat konten jadi biar enggak keluar jalur gitu lho.
Bikin konten yang unik juga enggak gampang sob! Unik di sini bukan sekadar unik, tapi harus kreatif! Mas Tuhu ngasih tahu nih sebelum kita meng-upload konten di sosial media kita wajib banget harus nentuin :
1. Harus tahu tujuan kita upload konten itu untuk apa. Misalnya nih kita pengin ngeshare info tentang tempat wisata yang asyik, nah kita fokus deh ngasih tahu info-info penting tentang tempat yang kita rekomendasiiin itu ke audience. Jangan kebanyakan narsis atau nyeritain tentang diri kita yang lagi liburan di tempat itu. Boleh sih ngasih tahu, tapi jangan berlebihan ya!
2. Tentukan audience. Setelah kita menentukan tujuan, kita juga perlu menentukan target audience kita siapa.
3. Kita harus nentuin mau pakai media apa buat nge-share konten. Apa kita mau pakai media blog (Kalau kita lebih suka nulis) atau video bisa kita pakai media Youtube atau Instagram maupun media lainnya bisa Facebook atau Twitter dan lain-lain.
4. Harus punya hashtag, pastinya udah tahu dong ya fungsinya hashtag apa? Yap Hashtag berguna untuk mengkategorisasikan konten kita, biar gampang kalau followersatau viewers kita mau nyari konten yang dia mau lihat atau dengerin.
5. Last but not least is consistent. Poin yang ini sering disampein sama semua orang yang udah sukses di dunia digital, pasti rata-rata mereka kalau ngasih tips ke penanya atau audience kata-kata konsisten enggak pernah ketinggalan.

Udah tahu kan sekarang apa aja yang harus ditentuin sebelum kita meng-share konten yang bakal disukai sama audience? Tapi masih bingung gimana cara nentuin konten yang unik, menarik dan kreatif? Tenang Sob, Mas Tuhu ngasih tahu lagi nih rahasianya. “Konten yang menarik itu bisa didapat dari hasil riset yang kita lakukan. Kira-kira konten apa ya yang belum ada? Kalaupun ide atau konsep kita udah banyak dipakai orang, kita bisa gunain teori ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Tapi jangan copy paste ide orang. Bikin ciri khas dari karya kita.” Gitu kata Mas Tuhu. Oke Mas di catet!
Mas Adrian Zakhary yang ngerangkap jadi moderator di acara juga nambahin nih, “Kalau mau karya kita eksis di sosial media dan bisa menghasilkan uang kita harus rajin memperbarui konten, jangan males bikin karya. Jangan cepat puas. Mentang-mentang viewers kita udah banyak di Youtube, udah bisa ngasilin duit kita jadi jarang posting video, posting video kalau lagi mood doang. Kalau kayak gitu sih karya kita bakal cepat dilupain sama audience dan enggak banyak dipakai sama orang yang ngasih kita duit.” Terus kita harus update sama informasi. Apalagi sama hal-hal yang berkaitan sama apa yang menjadi fokus konten kita. Dan jangan monoton. Maksudnya kita harus bikin konten yang enggak itu-itu aja. Kayak misalnya kita suka nulis di blog, yang ada di blog kita jangan cuma tulisan doang, perbanyak visualnya kayak gambar atau foto maupun video, karena rata-rata audience suka konten yang banyak visualnya dari pada teks. (Wah yang ini sih pas banget nih buat gue, yang suka nullis dan ngerasa blog gue gitu-gitu aja. Hahahaha.)
Talkshow Guest Mentor Class #DigitalinAja’ ini keren banget! Gue banyak dapat ilmu baru dari materi yang disampaikan sama Guest Mentor Class . Yang bisa gue ambil dari materi singkat ini jaman sekarang udah serba digital, sangat disayangkan kalau sebagai generasi muda kita enggak memanfaatkan kemajuan digitalisasi ini. Gue yang masih awam banget sama yang namanya dunia digital pastinya harus banyak belajar terutama untuk memperbaiki konten – konten di blog ini yang masih biasa banget. Makasih KPI yang udah ngadain acara Talkshow Guest Mentor Class #DigitalinAja’ . Di tunggu ya acara-acara inspiratif dan kece lainnya!
Formasi lengkap! Tuhu Nugraha (Kanan), Zivanna Letisha (Tengah) dan Adrian Zakhary (Kiri)



Kak Bintang Cahya (Founder KPI) Selaku MC lagi chit chat sama salah satu temen gue, namaya Dinar. Dinar ini rajin bikin video-video lucu di Youtube. Coba search aja Lazuardi Nazar. Pasti nongol video-video dia. Hahaha.


Pasukan KPI BAC Batch 4

Komentar

Postingan populer dari blog ini

First Time Go Abroad, First Time Visit Bangkok

Cara Mengatasi Masalah Rambut Kering dan Bercabang karena Sering Catokan ala Saya

Pertama Kali! Nyobain Coto Makassar Senen Syamsul Daeng Awing