Dapatkan Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari Seperti Meghan Markle

Sumber: https://www.chrichri.dk
Saya akui kalau memang menjadi salah satu penggemar dari Royal Family atau keluarga Kerajaan Inggris. Bukan hanya Kate Middleton yang saya kagumi, tapi juga Istri Pangeran Harry, yakni Meghan Markle.

Jujur saja saya kagum sekali dengan Meghan. Berbeda dengan kakak iparnya yang memang terlahir dari keluarga kalangan atas, Meghan dikenal sebagai sosok pekerja keras dalam mengejar kariernya di Hollywood yang cukup kompetitif.

Tentunya saya sebagai salah satu dari jutaan perempuan di dunia yang suka dengan Meghan, penasaran dengan cara menjaga kebugaran tubuh ala ibu satu anak ini apalagi sebelum dinikahi oleh Pangeran Harry.

Nah, salah satu rahasia Meghan untuk tampil sehat adalah dengan menerapkan kebiasaan mengonsumsi air lemon hangat setiap pagi. Informasi yang saya baca dari Republika.co.id yang dipublish  5 Desember 2018 dituliskan dalam sebuah wawancara dengan Delish, Meghan Markle mengatakan saat bangun pagi hari ia lebih suka minum air lemon hangat daripada kopi. Republika juga menulis jika secangkir air hangat dengan perasan lemon bisa membantu menyehatkan pencernaan. 

Minum air lemon hangat di pagi hari tentu cukup sederhana dan bisa ditiru oleh siapa saja. Tapi sebelum menirunya, yuk cari tahu lebih banyak soal air lemon dulu yang saya peroleh dari berbagai sumber. 

Kandungan Buah Lemon 

Di dalam buah lemon terdapat banyak sekali kandungan vitamin C maupun zat kimia alami, seperti flavonoid, karotenoid, dan polifenol yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Flavonoid mampu membuat asam di perut memecah makanan, sehingga bisa membantu memperbaiki pencernaan. 

Flavonoid pada lemon juga mampu menghasilkan hormon insulin di mana akan menyeimbangkan gula darah, meningkatkan ketahanan tubuh, dan sebagai antialergenik, antikanker, dan antivirus. Karotenoid baik untuk kekebalan tubuh, dan polifenol dalam lemon berkhasiat untuk mengurangi nafsu makan. 

Di dalam juga terdapat kandungan asam sitrat yang fungsinya untuk merangsang produksi enzim hati dan menyerap racun dalam darah yang dibuang lewat urin. Kalium yang merupakan salah satu mineral alami yang memiliki peranan membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, kinerja otak. 

Bukan hanya isinya saja yang memilki khasiat. Manfaat lemon untuk kesehatan juga diperoleh dari kulitnya, karena mengandung kelenjar yang bisa menghasilkan citriaetheroleum (minyak esensial) yang bisa memberi aroma khas citrus. Rasa pada lemon juga berasal dari d-limonen yang menjadi salah satu antioksidan yang bagus untuk tubuh. 

Manfaat Minum Air Lemon Hangat di Pagi Hari 

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang ada pada lemon, apa saja ya manfaatnya jika dicampur dengan air hangat dan dikonsumsi di pagi hari?




Bagus untuk Pencernaan

Disebut-sebut salah satu manfaat minum air lemon hangat bagus untuk pencernaan. Air lemon memudahkan tubuh mencerna makanan dan mencegah penumpukan racun. Air lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah sembelit dan kembung, penyakit dispepsia, cacingan, dan biliousness.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air lemon hangat di pagi hari juga berperan dalam menurunkan berat badan. Air lemon termasuk dalam rendah kalori, membantu meningkatkan metabolisme, dan membantu mengisi perut yang kosong, sehingga saat sarapan tidak makan berlebih. Di dalam lemon juga ada kandungan pektin yang bisa memberi efek kenyang lebih lama karena bisa mengurangi nafsu makan. 

Namun yang perlu ditekankan, manfaat ini hanya terjadi jika kamu mengganti segala minuman manis yang biasanya kamu konsumsi dengan air lemon. Tak hanya itu, perlu juga dibarengi dengan mengonsumsi makanan lainnya yang lebih sehat dan seimbang untuk membantu proses metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Kebugaran Tubuh Terjaga 

Air perasaan lemon dipercaya bisa membantu membuang racun yang ada di tubuh lewat urin . Ini berkat kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi pada lemon. Antioksidan sendiri dikenal baik untuk kekebalan tubuh yang bisa menangkal berbagai virus flu, sariawan, dan infeksi radang tenggorokan. Lemon juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol sehingga meminimalisir terjadinya penyakit diabetes dan jantung. 

Baik untuk Kulit

Manfaat minum air lemon hangat di pagi hari juga baik untuk tampilan kulit, seperti melembapkan, mengurangi pori-pori besar, flek hitam,  dan mengurangi kerutan atau keriput. Ini berkat kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah lemon. Manfaat vitamin C untuk kulit sendiri, yakni menghilangkan efek kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Vitamin C juga bagus untuk pembentukan kolagen, yang bisa membantu membentuk jaringan ikat di bawah kulit. 

Saya sendiri sudah mempraktikkan kebiasaan minum air lemon hangat tiap pagi ini sejak satu bulan lalu dan ada manfaat yang saya rasakan di antaranya setiap hari buang air besar. Sebelum mengonsumsi air lemon hangat tiap pagi, jujur saja, saya sering BAB tiap dua hari sekali. Meski baru itu manfaat yang saya rasakan, tapi sepertinya saya akan terus melanjutkan kebiasaan ini. 

Cara Membuat Air Lemon Hangat 

Mana yang lebih baik mengonsumsi air perasan lemon dengan mencampurnya bersama air putih, atau lemon dimasukkan ke dalam air hangat bersama dengan kulitnya layaknya infused water? Dari sumber-sumber yang saya baca, tidak ada yang meng-klaim mana cara yang paling tepat. Namun, saya sendiri lebih suka memeras lemon dibandingkan memasukkan lemon beserta kulitnya untuk dijadikan sebagai infused water.

Cara membuat air lemon hangat cukup dengan memeras setengah buah lemon yang dicampur dengan air hangat. Untuk kamu yang baru pertama kali mencobanya, mungkin merasa tidak kuat dengan rasa asam dan sedikit pahitnya. Bila baru memulai disarankan  mencoba perasan sebanyak  ¼ lemon saja.  Rasa air lemon hangat memang asam, ada sedikit rasa manis dan pahit. Tapi jika sudah terbiasa mengonsumsinya rasa-rasa tersebut tidak akan menjadi masalah.  

Dibalik Manfaat Minum Air Lemon Hangat, Perhatikan Dulu Beberapa Hal Ini

Mengonsumsi air lemon hangat memang baik untuk kesehatan, tapi terdapat juga efek samping yang ditimbulkan dari kandungan di dalamnya. Asam sitrat yang ada pada lemon lama kelamaan bisa menghilangkan enamel gigi sehingga bisa menyebabkan gigi terlihat lebih kuning dan makin sensitif.

Maka dari itu, disarankan untuk minum air lemon hangat jangan dilakukan secara langsung tapi pakailah sedotan dan berkumur dengan air putih setelah mengonsumsinya. Hal ini berguna untuk menghilangkan asam yang terdapat pada permukaan gigi. (sejujurnya saya juga baru tahu ini. Hehehe. Oke, besok-besok pakai sedotan deh kalau mau minum air lemon. Untung saya udah punya straw stainless hehehe). 

Selain itu, setelah mengonsumsi air lemon baiknya jangan langsung menyikat gigi karena bisa makin mengikis enamel gigi. Sikatlah gigi satu jam setelah mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari. Untuk sebagian orang, kandungan asam sitrat di dalam lemon bisa memunculkan nyeri ulu hati  dan gangguan kesehatan lainnya. Jika terdapat reaksi yang tidak mengenakkan di tubuh, baiknya hentikan kebiasaan ini. 


Semoga informasi terkait manfaat air lemon hangat di atas bisa membantu memahami kebiasaan baik ini. Tentunya kebiasaan baik ini bukan semata-mata hanya yntuk mengikuti gaya hidup dari yang Duchess of Sussex, tapi sebagai alternatif untuk hidup lebih sehat. 

Oh iya, buat kamu yang punya tips kesehatan karena terinpirasi baik dari keluarga, teman, pasangan, atau idola bisa juga share di kolom komentar, ya. 







Diolah dari berbagai sumber:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/318662.php
Hindah Muaris. Buku: Khasiat Lemon: untuk Kestabilan Kesehatan. 2013. Gramedia Pustaka Utama


You Might Also Like

24 comments

  1. Ahh, aku langsung terdiam, soalnya cuma niatan aja mo bikin air lemon hangat di rumah, hiks soalnya ga keburu kalo pagi hectic banget dengan ngantar anak sekolah dan langsung cuss kerja. Palingan seringnya beli ato minta dibikinin hahahaa. Banyak banget ya manfaatnya, oiya aku lebih suka yang hangat meski minum pagi, siang ato malam nih.

    ReplyDelete
  2. air lemon itu banyaj manfaatnya ya, aku juga suka lemon pake teh hehe. Tapi emang ga ada sensasi mules atau gimana mbak kalau minumnya pagi-pagi?

    ReplyDelete
  3. Wah lemon ini pembawa keberuntungan bagi kesehatan kita ternyata ya.
    Selama ini beli lemon kalau ada anggota keluarga yang batuk saja, hehehe
    Yuk ah mulai coba minum air hangat campur lemon di pagi hari, biar makin sehat, gitu. Amin...

    ReplyDelete
  4. Kok bagus2 semuaaaaa dampak minum lemon hangat?
    Yuhuuu aku mau coba juga aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Wah, kl nunda nyetag deh minum yg asem2, gak kuat sama rasa asam. Semua jenis buah apa aja yg asam bunda gak kuat makannya. Nyerah dah! Tp ada air lemon yg manis, nah yg sepert ini tentu mau donk.

    ReplyDelete
  6. Aku suka juga bikin air lemon tapi ngga pagi sih mbak diminumnya. Mungkin lebih efektif kalo diminum pagi yak

    ReplyDelete
  7. aku juga asalnya suka minum lemon, tapi jadi males sekarang, aduh..mau nyoba lagi ah

    ReplyDelete
  8. Ini minuman favorit aku pas bangun tidur. Asli enak bangeeet dan terasa efeknyabdi tubuhku

    ReplyDelete
  9. Lemon kalau di sini tuh susah, Mbak. Kalaupun ada mahal harganya. Kalau diga ti jeruk nipis tuh sama nggak sih khasiatnya? Kalau yang punya maag gimana? Apakah bisa minum lemon dengan air hangat di pago jari?

    ReplyDelete
  10. Saya baru tau nih efek yang bisa merusak giginya. Ya udah deh kalau gitu lain kali langsung kumur-kumur dan minumnya pakai sedotan

    ReplyDelete
  11. Wah saya juga baru tahu mbak kalau konsumsi air lemon itu dengan sedotan biar ga tercampur sama keasaman gigi/mulut. Besok saya praktikkan mbak.

    ReplyDelete
  12. Saya sudah beberapa bulan ini praktekkan lemon ini buat suami. sekarang sisanya nambah doa aja biar perutnya kecilan hahaha

    ReplyDelete
  13. Mba, kalau minum air perasan lemon yang sudah diperas gmana ya? Itu aja aku nggak telaten walau udah beli. Hihiii

    ReplyDelete
  14. Wah sdh tau dari lama kalau air lemon hangat tuh bagus buat tubuh..tp prakteknya ga mulai aja..baca ini jd diingetin deh...

    ReplyDelete
  15. Duh, udah lama nih aku gak minum jeniper. Kerasa banget deh dulu waktu rajin minum, badan enak banget. Kudu mulai deh kayaknya.

    ReplyDelete
  16. Oh lebih baik hangat ya ternyata. AKu juga kalau pagi minum air lemon dari infuse water yang dibuat sebelum tidur masukin kulkas, tapi minumnya gak dingin2 banget sih

    ReplyDelete
  17. Aku ketika masih ngantor, masih rajin nih minum air lemon hangat setiap pagi hari huhu, semenjak dirumah aku ngga lagi nih.. mungkin karena ngga ada temannya yak.. kalo di kantor kita termotivasi, karena teman teman kantor suka minum lemon hangat di pagi hari

    ReplyDelete
  18. Minum air lemon hangat di pagi hari sudah kuterapkan, Mbak. Walau gak persis tiap pagi karena kadang lupa dan buru2. Tapi aku dah merasakan manfaatnya. Benar2 terasa enak dan tidak mudah flu

    ReplyDelete
  19. Memang kaya manfaat si air lemon ini terutama untuk meluruhkan lemak hehe. Aku sempat minum beberapa hari tapi selanjutnya ga lagi soale ga sempat huhu.

    ReplyDelete
  20. Udah lama aku gak minum lemon di pagi hari. Makasih ya udah diingetin lagi. Aku mau beli lemon lagi deh.

    ReplyDelete
  21. Kesukaan aku banget minum lemon hangat pagi, biasanya biar ga terlalu asem dicampur madu. Khasiatnya emang bagus banget dan kerasa oke buat metabolisme tubuh.

    ReplyDelete
  22. beberapa waktu lalu sempat rutin minum perasan lemon hangat (dicampur madu) di pagi hari. Badan terasa lebih fit deh :)

    ReplyDelete
  23. 1XBet
    Betting in India. https://jancasino.com/review/merit-casino/ It can jancasino be great to find the most goyangfc.com popular brands, especially ones that offer betting on 1xbet login sports such as football, tennis,  Rating: 1/10 · ‎Review by Riku VihreasaariWhere can I https://sol.edu.kg/ find 1xbet?Where can I find 1xbet betting?

    ReplyDelete